Saturday, November 12, 2011

Pesta Sains IPB

assalamualaikum wr wb

kali ini gw mau ceritain pengalaman lomba gw yang ke sekian kali dan selalu gw kalahin, yaitu pesta sains ipb, kalau dihitung ini udah yang ke 5 kali gw sia-siain duit sekolah, mengecewakan guru, orang tua gw dan diri gw sendiri -__- oke pesimisnya cukup sampe situ dulu ntar jatuhnya malah sedih sendiri.

awalnya gw masa bodo amat dengan pesta sains, ga pengen ikutan, males daftarnya, males ngurusnya, cape ikutnya. ga pengen ikutan karena sebelumnya udah ada lomba yang gw sia-siain, males daftarnya karena publikasinya yang buruk, ngurusinnya juga males karena ga dapat surat undangan, dan cape ikutnya gara-gara hari libur gw kepake buat lomba mulu. Oke berhenti ngeluhnya dulu, pertengahan oktober ketua SC Smansa yang heboh dan aneh tiba-tiba nelpon gw dengan suara yang menyedihkan, dia bilang pendaftaran pesta sains mau ditutup malem itu, gw dengernya kaget kok baru denger lombanya tiba-tiba malem itu juga batas pendaftaran, terus gw buka internet, facebook, twitter, google dan segala macem buat nyari informasi tentang pesta sains ipb yang publikasinya kuraaang banget. Alhamdulillah twitternya ada, gw mention aja dan akhirnya dibales kalau pendaftarannya diperpanjang. Nah masalah belum kelar sampai disitu.

setelah masalah cara mendaftar selesai adalah masalah siapa aja yang ikut, ini ribet banget mikirnya. Matematika mau ngajak adhika tapi pas ditanya bisa ikut apa enggak dianya belum bisa pastiin, akhirnya atas saran bu rini dipilihlah ahmad faris -___- kemudian fisika diwakili reyhan bang ishaq dan kania, biologi diwakili ucup izmi rara, ka cenna keke kirud(biologi maruk 2 tim). Ribetnya pada kimia dan komputer, kalau kimia fauzan ribet nentuin mau ngajak fadil atau stevanny, akhirnya setelah berdiskusi dengan bang dio, ucup dan gw dipilihlah fadil. Terus tinggal komputer, soko ga bisa ikut karena sedang pelatnas, akhirnya dia harus milih 2 orang buat diikutin tapi lama banget mikirnya.  Akhirnya setelah disuruh cepat memutuskan dia milih farras dan salsa, yang hebatnya keduanya ini masih kelas 10 dan salsa itu sebenernya anak SC kimia tapi karena kemampuan komputernya melebihi teman-temannya sama soko direkrut. Tahun ini SC memang lebih fleksibel, gw jadi pengen ngerekrut anak kelas 10 di luar SC juga deh. Masalah berikutnya adalah mengirim uang transfer yang jumlahnya ga sedikit, 150.000/ orang dikali 16 orang. Rp2,4 juta mengalir dengan mudahnya dari bu Rusika ke tangan Ucup. Di kepala gw udah muncul berbagai macam pikiran pesimis. Akhirnya uang itu kami transfer ke bank dan berharap uang yang ditransfer itu tidak sia-sia dan bisa memberi manfaat buat kami.

Karena sibuk dengan sekolah, ulangan, pr dan lainnya, gw sama sekali ga mikirin pesta sains ipb sampe H-1 lomba. Gw tenang-tenang aja tanpa persiapan karena emang ga begitu niat lomba, padahal dulu lomba itu sesuatu yang spesial sampe2 gw pernah ga masuk sekolah stay di rumah belajar karena hari esoknya akan lomba. Tapi pesta sains gw ga merasa feel lombanya, bosen rasanya lomba dan kalah mulu sehingga niat untuk pesta sains jadi ga begitu besar. Niat dan keinginan menang baru muncul pas ucup ngajak gw ke IPB buat daftar ulang, itu ribet juga males ke IPBnya tapi ya mau gamau harus ikut kasihan kalau ucup berdua doang sama rara. Hari kamis, H-1 lomba gw habis ulangan fisika yang menjengkelkan itu, pergi ke ipb bersama rara dan ucup naik kereta. Jalannya jauh juga naik angkot 2 kali -__- nyampe disana sepiiii banget. Yaiyalah sepi di websitenya publikasi untuk daftar ulang sangat kurang. Nyampe sana kerjaan gw pertama kali bukan daftar tapi lihat nama peserta dan gw lansung ngedown. Ngelihat smak1 yang ikutan 4 orang dan semuanya dewa, lihat mht yang ikut serombongan, gs yang juga ngirim banyak, sman 8 jg ikutan dan gw sebelum tanding udah yakin ini mah ga bakal bisa semifinal :'( gw jadi males dan sampe nanya ke ucup "sabtu renang aja yok"(karena semifinalnya sabtu) Tapi ucup tetap optimis dan tetap menyemangati gw. Alhamdulillah dia sangat bersemangat :). Selesai daftar yang kira-kira cuma 10 menit, gw ucup dan rara makan bakso dulu di dekat kampus ipb, kira-kira satu jam di sana karena pas selesai makan ada ritual anak-anak sc biologi dan gw ikutan dalam ritual tersebut. Baru setelah ritual bodoh itu kami pulang dengan kereta ke sekolah kami tercinta. Gw balik ke sekolah pengen mendukung teman-teman space two yang akan bertanding dengan centrino dan alhamdulillah kelas gw menang :) itu bikin mood kelas makin bagus dan kompak, secara ga langsung mood gw dan rasa percaya diri gw naik juga.

Hari pertama lomba, disuruh kumpul jam 6 di stasiun. Biasanya kalau kumpul jam 6 ntar pada dateng jam setengah 7 dan biasanya ucup dateng paling telat. Dengan asumsi seperti itu, gw sengaja dateng telat. Gw bangun jam setengah 5 terus tidur-tiduran dulu sampe jam 5. Gw juga berangkat naik angkot, biasanya kan naik ojek biar cepet tapi gapa2lah naik angkot kan biasanya ucup yang datengnya telat. Tapi dugaan gw salah, ternyata gw yang dateng paling ngaret -__- begitu nyampe di stasiun yang lain udah pada nungguin. Akhirnya gw mecahin rekornya ucup, tapi enak juga ngaret, ga perlu nungguin yang lain tinggal berangkat aja. Lalu kami pergi ke bogor naik kereta ekonomi. Tantangan terberat kali ini adalah ahmad faris ikut dan gw disuruh jagain, duh males banget mendingan jagain adek gw lebih nurut deh. Dari di kereta yang maunya deket pintu keluar, terus ngeluarin kepala ke luar dan hal-hal lain yang membuat kami khawatir. Untungnya setelah dia duduk jadi gak ribetin lagi. Setelah sampai di stasiun bogor kami naik angkot sampai ipb dan ternyata pembukaannya sudah mulai. Tapi lombanya mulainya jam setengah 2. Paginya itu registrasi, seminar, dan techmeet. Yang bikin capenya adalah pas mau solat jumat harus nyari faris dulu kesana kemari, aduh gw kecolongan si faris jalan-jalan entah kemana. Akhirnya ucup dan ojan membantu gw mencari faris, dia ketemu lagi di stand statistik. Ga mau ngebayang lagi kalau ikut lomba jadi ga tenang karena harus ngejagain seseorang -__- setelah solat jumat dan jajan akhirnya kita kembali ke auditorium untuk mengikuti lomba sesuai bidang masing-masing.

Untuk kompetisi matematika ria, duduknya dibawah disamping kompetisi fisika dan komputer. Matematika sendiri diikuti kurang lebih 190 orang. Tepat jam 13.30 lomba dimulai, begitu lihat soalnya langsung gw terapin strategi gw, geometri belakangan. Gw selalu ngerjain teori bilangan dan aljabar dulu baru geometri. Soal ini terdiri dari 15 soal dimana terdapat 12 isian dan 3 essay. Lucunya dari 3 soal essay, soal essay nomer 1 terdapat kesalahan di soalnya -__- bagusnya soal essay nomer 2 adalah teori bilangan tentang modullo dan nomer 3 tentang logika. Gak kerasa 2 jam selesai ngerjain soal. Tapi ga puas karena soalnya dikumpulkan jadi ga bisa dinikmati di rumah. Yang anehnya soalnya kebayang-bayang dalam pikiran gw, karena gw inget ada soal yang mungkin bisa gw jawab tapi ga gw jawab. Bodohnya pas lagi solat asar gw malah mikirin soal yang barusan gw kerjain dan akhirnya ketemu jawabannya. Nyesel juga kenapa ga mikir kayak gitu daritadi baru pas solat kepikiran, selain itu gw juga nyadar kalau ada soal yang gampang tapi gw salah karena lupa ngebagi 3 dulu baru diakarin -__- udah gw nyerah kicep aja diem aja pas pulang capeeee dan males buat besoknya ke ipb karena yakin ga bakal lolos ke semifinal.Sebelum pulang ke rumah karena hujan kita berteduh dulu di KFC sekalian makan, hehe enaknya jadi anak SC adalah segalanya dibayarin mulai dari transport dikasih duit, lomba dibayarin sekolah dan kadang makan dibayarin juga. Baru deh jam 6an naik kereta api dan tiba di depok jam 7an. Nyampe di stasiun depok baru misah sama rombongan yang ke arah sawangan. Pas mau nyebrang dari depan ITC, kirud ngajarin hal ga bener buat nyebrang yaitu lewat bawah pager, padahal rara udah ngajak lewat jembatan tapi kita semua yang sangaaat rajin dan menaati peraturan akhirnya ngerangkak lewatin bawah pagar -__- serem juga karena kalau pas keluar pagernya ada mobil lewat bisa-bisa kena. Gw yang naik 02 pulang sendiri dan sampe ke rumah dengan tenaga tinggal sedikit. Cape rasanya, males banget besok ke ipb soalnya gw merasa yakin ga lolos. Tiba-tiba gw dapet jarkoman dari ervaldy kalau hari sabtu kir mau bersih-bersih lio, gw jadi pengeen banget ikutan mana selama gw ikut kir kerjaannya di kelas mulu sekali-kali pengen gerakin badang, lalu setelah kir mau ngambil nilai renang. Tapi semuanya ga bisa karena kudu mesti wajib harus dateng lagi besok ke ipb. Gw curhat ama valdy kalau males dia malah tambah ngejatuhin gw kalau kemungkinan lolosnya dikit(dan gw setuju ama dia) dia nyaranin ikut KIR aja tapi yasudahlah mau gamau besok harus ke IPB kalau enggak kan ga enak sama yang lain, yang lain pada semangat masa gw enggak.Buat jaga-jaga kalau teman2 gw lolos dan gw ga lolos gw bawa BT biar bisa ngerjain pas nungguin yang lain semifinal.

Hari sabtunya, gw bangun jam setengah 5 lagi dan kali ini gw sigap tanpa ngulur-ngulur waktu. padahal gw sendiri udah ga semangat tapi karena gw gamau dibilang ngaret lagi gw cepet-cepet. Ternyata di smansa baru ada kania izmi dan kak cenna -__- giliran gw tepat waktu yang lain ngaret ckckck. Gak lama kemudian farras ojan keke fadil dateng dan kita berangkat duluan naik mobilnya kirud. Di mobil gw berusaha untuk tidur karena gw memang kurang istirahat. Nyampe jam 7 lewatan dan nungguin pengumuman. Ini saat-saat yang mendebarkan juga buat gw, walaupun gw udah yakin ga masuk semifinal(karena selama lomba yang gw ikuti belum pernah masuk 20 besar) tapi gw masih pengeeeen banget bisa masuk semifinal. Dimulai dari kimia, gw nebak pasti yang pertama smak 1 dan smakbo juga masuk, ternyata bener dugaan gw. Begitu slide kimia berakhir ternyata smansa ga disebut :( lalu meteorologi, lagi-lagi ada smak 1 -__- tapi smansa ga ikutan juga sih. Kemudian statistika(ga begitu perhatiin) lalu biologi, tebakan gw juga pertama kemungkinan smak 1 dan ternyata tebakan gw masih bener, diganti slide berikutnya tapi smansa belum muncul dan ternyata ga muncul :( sedih duh gimana nih masa iya kita datang terus langsung pulang semua -__- nah berikutnya matematika, gw juga udah pasrah dan prediksiin kalau yang pertama pasti stefanus dari smak 1 dan kedua bivan dari labschool(mereka berdua juara kemarin di lomba matic binus) dan ternyata bener mereka urutan 1 dan 2. Lalu pas di ganti ke slide berikutnya ternyata nama gw ada, alhamdulillah ternyata peringkat ke 14 :-) alhamdulillah gw masuk semifinal, ternyata rasa pesimis gw salah. kemudian yang lolos ke semifinal ikut ke luar bersama LO dan gw juga masih penasaran dengan fisika dan komputer. Karena masih menunggu akhirnya gw izin ke toilet(alias ke dalam lagi lihat pengumuman) dan ketemu pa iwan, katanya yang lain ga lolos, yah sedih :( terus kalau udah selesai disuruh menghubungi dia. Lalu gw pergi naik bis kecil pergi ke ruang lomba semifinal.

Soal semifinal terdiri dari 7 soal uraian aka buktikan dan tentukan -__- ga pengalaman banget sama soal kayak gini. Waktu perlombaan dua jam dan begitu lomba dimulai fokus gw ke soal teori bilangan dan aljabar, Soal geometri waduh ga dapet alias ngasal bin ngaco. Udah lewat aja lombanya selama 2 jam dan cuma yakin 3 nomer dan udah yakin mutlak ga lolos ke final karena diambil cuma 5 orang doang. Kemudian kami diajak ke lab komputer untuk mencoba software mathematica dan solat lalu makan siang. Sesuai dugaan gw, ternyata gw emang pasti ga lolos dan yang lolos jelas si itu dan itu. Akhirnya gw balik deh ke auditorium ketemu pa iwan dan ngajak dia pulang. Mau minta sertifikat tapi baru bisa dibagiin jam 4 jadi sertifikat ga diambil daripada nunggu berjam-jam. Pas pulang ternyata pa iwan juga gatau jalan pulang, nahlo untungnya gw udah 2 kali ke ipb jadi agak tau dikit jalan pulang dan alhamdulillah ga nyasar sampai stasiuin bogor. Dari stasiun bogor ke stasiun depok baru lalu naik 02 dan sampailah kerumah dengan selamat.

Yang awalnya gw masa bodo amat dengan pesta sains ternyata akhirnya menjadi suatu pengalaman dan kenangan unik, yang awalnya ga pengen ikutan tapi alhamdulillah bisa ikut sampai semifinal, yang awalnya males daftarnya ternyata ikut juga, walaupun males ngurusnya itu adalah tanggung jawab dan yang terakhir walau cape ikutnya lomba kali ini yang terbaik diantara sebelum-sebelumnya, selain itu gw jadi tau jalan menuju ipb hehe. Semoga di lomba-lomba berikutnya SC bisa memberikan yang terbaik, amiiin. Tetap semangat!!! Must Get Golds!!!!

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...