Wednesday, May 16, 2012

Memilih bimbel bagai sebuah taruhan

assalamaualaikum wr wb

udah lama ga ngepost blog*muna banget* maksud gw udah lama gw ga buat postingan agrumentatif wkwk kemarin itu selalu naratif yang bersumber dari pengalaman gw jalan-jalan entah ke negara mana*eya mulai tijel* 

jadi lihat judulnya aja udah tau kan apa yang pengen gw bahas di postingan kali ini? ya kali ini gw pengen ngomongin tentang bimbel. Menurut Munandar(1999) bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bimbingan dari pembimbing kepada siswa dengan cara mengembangkan suasana belajar yang kondusif dan mengembangkan keterampilan serta kebiasaan belajar agar mencapai hasil yang optimal sesuai bakat dan kemampuannya*gaya bahasa buku kewarganegaraan*

langsung aja ke permasalahannya ga penting pengertiaannya apa dan menurut siapa, sebentar lagi kelas 3 dan pasti bakal banyak yang ikut bimbel. Sekarang aja udah banyak, bayangin dari 12 orang anak cowo space two yang kece-kece cuma 2 orang yang ga ikut bimbel dan salah satunya gw, entah gw jadi minder tapi bodo amat deh kan masih ada juga yang ga bimbel. Sekarang mau ceritain pengalaman gw pas bimbel pertama kalinya ketika masa smp

Jujur aja pas smp gw memilih bimbel yang salah, pertama gw terlalu terburu-buru memilih, kedua persaingan, ketiga proses dan yang terakhir hasilnya.

Dulu gw bimbel di primagama depok 2 timur di deket tugu ibu, kesalahan pertama adalah terburu-buru memilih, Jadi tanpa membanding-bandingkan dengan bimbel lain, tanpa nanya-nanya temen atau tanpa mencari tahu data valid mengenai prigama, gw langsung daftar primagama. Waktu itu ada diskon bayar cepet dan rengking jadi nyokab gw daftar deh disitu. Oke itu salah banget, bisa dibilang kalau pas smp masih bisa ditolelir tapi untuk sma ga boleh lagi

Kedua adalah persaingan, maaf bukan mau sombong gitu tapi pas gw belajar di primagama itu persaingannya sangat kurang, jadi anak bentonya dulu ada gw uday naomi dan kresna, kalau try out itu alhamdulillah gw selalu juara 1, juara 2 dan 3nya kalau ga uday ya kresna dan itu-itu mulu. Kurang kuat persaingannya jadi ga kerasa manfaatnya. Menurut gw kalau bimbel paling bagus kalau bersaing sama yang kemampuannya minimal sama atau diatas kita. Teringat pas pelatihan sama anak smansa bogor, misalkan si A udah bisa ini dan gw belum bisa, itu menjadi motivasi buat gw mengejar si A. Sedangkan dulu gw sering berpikir, gw udah ngerti soal X dan temen-temen gw yang lainnya belum ngerti soal X, mendingan gw cabut aja daripada ntar di kelas gurunya cuma nerangin soal X doang. Jujur aja itu adalah mind-set gw pas bimbel di smp.

Ketiga adalah prosesnya, entah gw pas di primagama lupa esensi dari bimbel, tujuan kita bimbel itu apa? ya biar kita paham apa yang belum kita ngerti, lebih mengerti apa yang udah kita ngerti dan sebagainya. Namun entah apa yang gw lakukan dulu, dimulai dari pengen berolahraga sehingga gw bawa sepeda ke primagama, niatnya bukan pengen belajar tapi pengen olahraga supaya sehat, kemudian pas pelajaran mtk itu niatnya salah juga, bukannya memperhatikan guru yang nerangin mtk tapi gw malah mainan hape karena bosen, kemudian pas gw tau kalau besok adalah pelajaran bahasa inggris pasti gw cabut, waktu itu gw sombong banget dan meremehkan gitu karena guru primagama ngajar bahasa inggris pake bahasa indonesia, sementara gw udah terbiasa di lia hampir full pake bahasa inggris, kebodohan lagi adalah ke bimbel pengen main kartu yugi, temen-temen gw di bimbel pada bawa kartu yugi dan emang kita main yugi sampe-sampe kakaknya masuk tapi kita masih main yugi wkwk, bahkan ada temen gw yang lupa bawa buku bimbelnya tapi bawa yugi inget. Nah ini adalah proses yang gagal dan berdampak pada hasil yang gagal. Banyak temen bimbel gw terutama yang non bento itu masuk sma swasta biasa, ada yang triple tugib, sd tugib, smp tugib, sma pengennya ke negeri tapi takdir tetap di tugib. 

Pertimbangan diatas yang buat gw bingung, kelas 3 ikut bimbel gak ya? tapi gw bukan tipe orang yang mau ngelawan arus, yakali temen gw semua bimbel gw kagak sendiri -__- nah masalah gw ikut bimbel apa gak nanti adalah kehendak tuhan yang maha esa dan orang tua gw karena mereka yang ngebiayain
Sekarang untuk kasus sma kelas 2 deh. Kan gw udah bilang yang cowo di kelas gw pada ikut bimbel kan, namun gw merasa itu seperti bagai menegakkan benang basah, maaf bukan bermaksud menyindir tapi gw merasa begitu, kita tahu sendiri smansa itu kayak gimana, kebanyakan anak smansa itu sibuk-sibuk dan sibuk, ya minimal denger bel pulang sekolah itu ga langsung balik lah. Saking sibuknya juga kadang sampai malem, nah di tengah kesibukan kelas 11 ini apakah efektif ikut bimbel? temen gw ada yang sampai cabut bimbel berkali-kali sampe-sampe orang tuanya di telpon, etdah gw gamau banget sampe-sampe orang tua gw ditelpon ketahuan kalau gw cabut -__- menurut gw bimbel paling efektif adalah kelas 3 dan untuk kelas 2 itu sebaiknya ga usah karena kasihan ama orang tua deh, mereka udah bayar mahal tapi kalau kitanya sering cabut itu sesuatu banget *yang kesindir silahkan tepuk tangan buat diri sendiri*#abaikan. Bukannya sengaja cabut bimbel tapi lebih sering terpaksa cabut bimbel, misalnya aja ada liga smansa itu sore hari lo bakal ilang, atau kerja kelompok dan tugas-tugas yang menumpuk, membuat kita terpaksa dateng telat kan. Maaf juga nih dari cowo-cowo kelas gw yang ikut bimbel gw melihat ga ada perubahan, malah ada sahabat gw yang ikut bimbel dan nilainya malah menurun*menurut gw. Jadi semua itu tergantung pada pribadi masing-masing, asal niat pasti bisa dan bimbel itu salah satu medianya.

Nah di kelas 3 nanti gw harus bertaruh, mau masuk bimbel apa. Gak kayak pas smp gw bego banget milihnya. Kali ini gw udah kumpulin data-data*cie mata-mata*bacot lo riz#abaikan. Berdasarkan mulut ke mulut ada 2 bimbel yang paling ngetop di kalangan anak depok, yaitu nf dan mp. Ya semua bimbel itu pasti bilangnya gini "kelas kondusif, maksimal 15-20orang, try out, guru berkompten dan sebagainya" hal itu kan bikin bingung nih mana  yang enak tapi data yang paling valid adalah mulut ke mulut, mayoritas di kelas gw kalau ga bimbel di nf ya di mp.

Mp singkatan dari mitra pelajar, kelebihannya yang gw tau dari temen-temen gw adalah bisa konsultasi kapan aja dimana aja siapa aja mengapa aja bagaimana aja oke ini bukan 5W 1H. Jadi temen gw yang les di mitra itu mau dateng kapan aja bisa konsultasi, enak dong kapan aja pas lagi dibutuhin, makanya banyak yang milih bimbel disini. Namun menurut gw juga ada kelemahannya loh, karena bisa dateng seenak jidad temen-temen gw malah pilih diskusi doang dan mengabaikan pertemuan di kelas, lalu gw takut juga kalau di mp esensinya bukannya belajar tapi malah main karena banyak temen deket gw di mp,menurut gw udah cukup mainnya di sekolah di bimbel mah harus fokus belajar wkwk sesuai kata seorang guru di smansa, di sekolah itu sebenernya kita gak cari ilmu tapi cari pengalaman dan teman, nyari ilmunya mah sendiri di rumah atau gak di tempat bimbel. Emang sih gw udah jarang banget dengerin guru ngomong dan lebih suka belajar sendiri dirumah baca buku. Oh iya diskusi juga ada kelemahannya, karena kalau kebanyakan dikusi kita jadi kurang greget buat jawab soal, misalnya aja gw dapet soal mtk yang susaaah, lama gw ngerjainnya hingga akhirnya bisa, setelah itu kalau dapet soal yang mirip gw bisa ngerjainnya cepet. Nah kasus temen gw, dia bilang pas diskusi ngerti tapi pas ulangan lupa semua, bagus sih bisa diskusi tapi bukan berarti cuma nanya jawaban dan cara tapi harus pula mengerti dasar-dasarnya juga jadi habis diskusi ga langsung hilang aja pikirannya. 

Nf singkatan dari nurul fikir, ini bimbel kayaknya berbasis islam gitu, nah kelebihan di nf adalah soalnya amit-amit susah deh, Tapi jangan lihat susahnya dulu, emang loh kita yang butuh soal susah buat snmptn tertulis. Selain itu try out nf skalanya jauh lebih besar, yang kerennya kalau try out nf itu yang peringkatnya tinggi itu kebanyakan anak-anak penggila mtk seperti adhika. Gw jadi kepengen di nf tapi sayangnya di nf ga bisa diskusi sebebas di mitra*o ouw* dan di nf pula seminggu pertemuan cuma 2 kali tapi 3 jam*astagfirullah 1 setengah jam aja pantat gatel. Nah itu ga enaknya juga ada sekarang gw galau antara 3 pilihan, bimbel di nf, bimbel di mp atau ga usah aja sekalian?

yap sekian posting singkat gw kali ini, mohon maaf banget banyak yang sombong plus nyolot dan ada nyindir beberapa temen*ga sebut merk kok* hehe

wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...