Sunday, December 23, 2012

UI dan ITB lagi

Assalamualaikum wr wb

lagi liburan nih ceritanya banyak waktu senggang alias waktu bosan. Entah kenapa liburan kali ini agak beda sama liburan sebelumnya, aturan sekarang lagi ribet ngurus tafakur alam*eh. Tapi udah kelas 12 udah tua ikan bobooo, gak deng jadi gara-gara kelas 12 udah bebas tugas dari segala macam ekskul -__- tapi ini yang bikin liburan jadi agak flat atau gimana. Hari-hari dilewati dengan makan cemilan, main, nonton tv, ngenet dan segala kegiatan santai lainnya. Padahal di awal liburan niatnya mau olahraga tiap pagi, belajar materi buat UN wkwk muluk banget tapi susah ya -__- Kalau liburan postingan blog juga jadi banyak, pas gw blog walking, banyak temen-temen yang udah ngepost hehe kan udah ada waktu buat ngepost gitu. Kali ini gw lagi-lagi nulis tentang UI dan ITB lagi. Gapapalah puas-puasin nulis, kan kalau gw udah masuk salah satunya ga mungkin lagi gw banding-bandingin.

Jadi sekarang semester 5 udah berakhir alias dimulainya era baru, era bajak laut*kebanyakan baca one piece* alias era semester 6. Yaaa you don't say sih kalimat utama paragraf ini -__- maksudnya pas semester 5 kemarin itu adalah masa-masa dimana orang(re:anak kelas12) berpikir "gw masuk jurusan apaan ya?". Masa itu pun sudah lewat dan alhamdulillah banget banget gw berhasil mendapat jawabannya, yaitu teknik elektro Universitas Indonesia. Semoga ini pilihan sampai daftar snmptn undangan ga berubah*amiiin* Sedangkan semester 6 ini udah bukan waktunya mikir mau masuk jurusan apa tapi berpikir "bagaimana cara gw masuk jurusan itu?" Jawabannnya ya tinggal belajar* ekspresi orang datar* Ga gitu juga sih tapi ada banyak cara.

Tahun ajaran 2012/2013 snmptn tulis dihapus, eeeeh ga juga deng ganti nama doang jadi sbmptn. Pokoknya jadi setiap ptn ada 2 atau 3 kemungkinan yaitu 
1.Jalur snmptn (pastinya undangan)
2.Jalur sbmptn
3.Jalur mandiri

Nah info selanjutnya bisa cari sendiri di google, namun belum ada keterangan pastinya gimana tentang seleksinya. Pemerintah emang selalu bikin galau, ga jelas sistemnya baru pas akhir-akhir dikasih tau -__-
Kembali ke judulnya UI dan ITB lagi, kenapa bukan UI versus ITB? ya karena emang bukan kompetisi. Mau nulis aja beberapa pendapat gw tentang UI dan ITB.

Sebenernya gw bingung juga, beberapa temen deket gw pada pengen kuliah di ITB. Lalu *maaf aja nih* kadang alesan yang disebutkan kurang logis juga misalnya bosen tinggal di depok. Gw jadi keinget kegalauan terbesar gw pas bulan april tahun 2010 dimana gw harus memilih smansa atau smada. Kala itu gw ngotot ke smada sementara orang tua memaksa untuk ke smansa. Namun alhamdulillah ternyata gw senang bisa jadi bagian dari smansa :) Kali ini orang tua gw bener-bener pengennya gw di UI terutama fakultas teknik. Entah teknik apa tapi asal jangan mesin. Masa dirumah ada dua orang yang belajar di mesin ntar omongannya mesin mulu*jangan sampe*

Tapi sejujurnya gw juga penasaran sama ITB, pas awal-awal temen gw banyak yang pengen ke ITB gw jadi ada rasa mau ke ITB, ya kalau di ITB ngincer STEI dan FTI mungkin*itu dua skornya lebih dari 800* udah gitu banyak anak osn yang masuk situ*contoh ka hendra, ka ismail, ulil, ka sifa*. Kadang gw juga bosen tinggal di depok. Waktu itu gw juga pernah berpikir buat tinggal mandiri, ngekos bareng anak smansa di Bandung. Yang gw pikirin itu anak-anak smansa yang di ITB punya satu rumah bareng banyak kamar terus tinggal disitu sambil kuliah, bebas dari orang tua gitu. Tapi kayaknya itu harapan belaka. Kenyataan dan keinginan bakal jauh berbeda.

Mode realistis on*maaf kalau ada yang tersungging* Dari data yang gw peroleh, smansa pada 3 tahun terakhir ini yang diterima di UI adalah 125-130 orang. Jumlah yang fantastis. Dari 256 orang yang keterima di UI lebih dari setengahnya. Nah untuk ITB adalah 15-20 orang. Jauh lebih sedikit dari UI kan. Apakah mungkin angkatan gw bisa tembus 20 orang ya misalkan dari kelas gw ada beberapa belas dikali 5 kelas berarti sekitar 50an. Hampir 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Mungkin ga sih itu terjadi? mungkin aja tapi itu probabilitasnya sangat sulit, apalagi kalau yang diincer adalah fakultas dengan peminat dan pass grade tinggi seperti stei dan fti. Di angkatan sebelumnya yang keterima fti cuma seorang yaitu mj, michael jackson*jayuz kayak hafid* alias miranda jayatri. Dia sendiri manusia paralel zzz alias orang yang paralelnya ga pernah keluar dari 10 besar. Tahun ini ITB cuma ada snmptn undangan dan sbmptn. Jalur mandiri katanya ga ada. Gw sendiri*maaf lagi* ga begitu yakin smansa bisa nembus 20 orang lebih yang keterima di ITB.

Salah satu yang dinilai dari snmptn(undangan) adalah indeks sekolah dan alumni. Semakin bagus sekolah dan banyak alumni di fakultas atau universitas tersebut maka makin tinggi kemungkinan lo diterima di fakultas dan universitas tersebut. Kalau smansa udah ga perlu disebutin lagi sih, UI udah jadi tempat penampungan transmigrasi anak smansa. Pa wirdhan nyebutnya di notesnya bedol desa smansa ke UI wkwk. Di UI sendiri, indeks prestasinya tertinggi kedua setelah sman 8 jakarta*kata bapake yang dosen di UI* Jadi nilai 80 nya anak smansa depok dengan nilai 90nya anak sma antah berantah ya lebih dihargai nilai anak smansa lah. Itu juga yang bikin potensi diterima undangan di UI lebih dari 50 persen. 

Tapi untuk menulis jurusan dan ptn pas snmptn undangan itu kayak main judi. Asumsikan gw mau masuk STEI ITB sehingga pada pendaftaran undangan di pilihan pertama gw nulis STEI ITB dan yang kedua Teknik Elektro UI*karena pengen jurusan elektronya*. Nah disini ITB dan UI adalah 2 Universitas terbaik di Indonesia sehingga ga ada yang mau nerima buangan. Gw gatau seberapa bagus kah smansa depok di mata ITB. Apakah dianggap unggul atau tidak. Andai lewat undangan ga keterima di STEI ITB otomatis gw akan ke pilihan ke dua yaitu elektro UI. Permasalahannya adalah UI gamau nerima buangan ITB begitu juga sebaliknya. Kalau kayak gitu bisa-bisa ga keterima didua-duanya dan terpaksa ikut jalur tulis. Lagi-lagi bakal jadi taruhan pas sbmptn. Biasanya grafik tingkatnya menurun. Contoh pas undangan milih kedokteran UI, pas sbmptn milih kedokteran unpad, pas mandiri milih kedokteran universitas n. Yang ga boleh adalah lo udah keterima undangan terus lo cabut undangannya. Sebenernya sah-sah aja tapi imbasnya bisa jadi lo atau sekolah lo di cap buruk ama ptn yang bersangkutan. Jadi ga bisa gitu ngisi undangan becanda gitu. Kesimpulannya buat masuk UI itu lebih mudah daripada masuk ITB*terutama bagi anak smansa depok*.

Dari segi kedua, segi teman. Mode realistis off, mode emosional on*abaikan* Kalau lagi ngobrol ama temen-temen sering nyamber ke kehidupan kuliah. Banyak yang bilang kalau kuliah itu bakal individualis, ga peduli temen, kadang berteman juga ada maksud tertentu dan susah dapet temen deket. Apalagi kalau di bandung ntar ngekos tanpa keluarga, satu-satunya yang bisa diajak bersosialisasi adalah teman. Bukan ayah ibu atau adik-adik lagi. Entah gw merasa makin tinggi tingkat pendidikannya makin susah buat punya sahabat baru. Pas sd tinggal main petak umpet, tak jongkok dan sebagainya jadi deh. Pas smp mulai berkelompok. Pas sma udah berkelompok gitu. I can bet sekompak-kompaknya kelas lo tapi lo bakal lebih nyaman kalau punya genk atau kelompok kecil gitu yang jumlahnya 4-8 orang yang bisa berasal dari kelas mana aja tapi emang udah bener-bener deket satu sama  lain. Pas liburan gitu, kalau main bersama kelasnya udah selesai pasti pengen sama kelompok atau genknya. Ngomongin ginian jadi keinget film 5 cm wkwk. Oke yang gw takutin kalau gw masuk ITB adalah gw ga bisa mendapatkan sahabat seperti yang gw miliki sekarang. Buat gw mendingan beberapa sahabat yang bener-bener bisa bikin gw nyaman dibandingkan banyak sekali teman tapi ya cuma "teman kuliah" doang. Ini gara-gara takut pergaulan kuliah zzzz. Kalau di UI kesempatan ketemu sahabat-sahabat dari SMA lebih banyak, itu juga alasan yang bikin gw ga begitu pengen kuliah di ITB. Pas dari sd ke smp kan gw sendirian tapi alhamdulillah bisa beradaptasi tapi kalau dari sma ke kuliah kasusnya bakalan beda. Selain pertemanan, gw juga masih ingin bersama keluarga. Gak mandiri? Manja? salah!!! justru karena gw sayang keluarga, gw diperlukan dalam keluarga makanya gw gamau jauh dari keluarga. Sebagai seorang kakak laki-laki gw masih ada adek-adek gw. Orang tua gw juga butuh gw dan gw juga sangat butuh mereka. Bosen tinggal di depok? enggak kok karena ntar kuliah gw juga bakal menjelajah berbagai tempat*amiiin* Kesimpulannya dari segi sosialisasi, gw juga masih lebih prefer ke UI daripada ITB.

Dan segi terakhir adalah materi atau pelajarannya. Alasan paling mendasar namun kompleks. Sebelumnya karena berbicara materi atau silabus itu terlalu luas, gw persempit bahasannya antara STEI ITB dan Teknik Elektro UI. Dalam memilih jurusan bisa dibilang gw sangat lihai mencari info*ga maksud sombong* Bahkan gw udah hafal silabus teknik elektro ui. Sebenernya ga pernah ada niat ngebandingin, sejak bokap gw bilang kalau silabus di itb itu udah jadul alias ketinggalan jaman. Emang iya apa ketinggalan jaman? bukannya sama aja ya? akhirnya gw lihat dan bandingin. Ternyata emang beda banget. 

Andai gw masuk STEI yang gw ga suka adalah
-semester satu itu bakalan nyampur, belum ada penjurusan tapi semuanya mata kuliah fakultas. Lo ga bisa nyebut diri lo ikut studi informatika, telekomunikasi, sistem informasi atau elektro karena pas semester 1 dan 2 belum masuk penjurusan.
-materi semester 1 dan 2 nya menurut gw mubazir, kenapa mubazir? semester 1 dan 2 belajar kalkulus. Kenapa harus 2 semester gitu, mendingan di semester 2 lebih belajar ke mata kuliah jurusan.
-materi kimia bakalan sangat mubazir. Informatika dan elektronika tapi kok belajar kimia
-materi universitas di pengujung tahun yaitu pancasila dan pendidikan kewarganegaraan. Bayangin ada ginian pas lo nyusun skripsi -___-

Coba bandingin sama di UI,
-semester 1 udah belajar sistem digital dan prakteknya, semester 2 udah belajar dasar teknik elektro(kalau di itb ini baru semester 3 dstrnya)
-materinya ga mubazir, sejujurnya gw suka kimia tapi buat di elektro yang ngebahas rangkaian listrik gelombang dan kawan-kawannya ilmu kimia dipastikan tidak begitu cocok untuk diperdalam
-mata kuliah universitas cuma buat semester awal, jadi ga mungkin ada pkn di akhir semester
-tiap 4 tahun sekali update mengikuti perkembangan zaman, silabusnya ga itu-itu aja kan ada perbaikan dan inovasi
-dan yang pastinya program fast track yang bisa memperbaiki umur gw(?)

dan dari pembahasan diatas, dari segi matkul atau silabus, gw juga lebih prefer ke UI.

Hampir ga ada alesan lagi gw buat ke ITB. Kalau alesannya bosen tinggal di depok atau bosen ama temen-temen yang lama dan pengen cari temen yang baru atau alesan kurang logis dan objektif lainnya gw gatau mau nanggepinnya gimana. Buat gw dari segi seleksi, kehidupan sosial dan kurikulum, UI lebih baik dibanding ITB. 

Yak akhirnya puas juga nulis ginian. Mohon maaf banget ini tulisan ga ada maksud offensenya. Cuma nulis segala-gala yang ada dipikiran gw*ngaruhin temen-temen biar masuk UI* Sejujurnya gw ga pengen pisah sama temen-temen gw yang mau kuliah ke ITB hiks hiks*-___-*

Kurang lebihnya mohon maaf*maaf lagi* Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...