Thursday, January 22, 2015

Semester 4.....

Assalamualaikum wr wb

Malem ini adalah H-1 Siak war untuk semester genap tahun ajaran 2014/2015. Entah kenapa gw lagi ga mood ngapa-ngapain, emang siak bawaanya bikin bete. Dari jaman nungguin nilai muncul sampe jaman ngisi IRS. Sebenernya agak gak nyangka aja udah semester 4, perasaan belum lama masuk UI, belum lama kenal temen-temen elektro, ternyata udah di pertengahan masa-masa kuliah dan gw belum ngasilin apa-apa....

Bahkan blog ini jadi sekarat saking gw males ngurusnya... Mumpung masih keinget di kepala gw, gw mau share aja pengalaman-pengalaman kemaren. Semester 2 kehidupan kuliah mulai kerasa berat, rumah gw lagi direnov, kuliah dari senin sampe jumat, apalagi rabunya 4 matkul non stop (alin, probstok, mpkt a dan mpk o) yang bikin tenaga sangat terkuras. Semester 2 juga gw ikut trui dan pendidikan ime. Gw jadi lebih sering pulang malem, tapi seru hehe jadi banyak teman baru dan pengalaman yang gw peroleh. Waktu itu gw pengen TRUI karena ngeliat TRUI sebagai wadah buat anak-anak elektro untuk berprestasi, awalnya di trui ikut seleksi-seleksi yang lumayan ribet dan akhirnya diterima hehe. Terus buat tim Mfrost namanya dicutegipang, singkatan dari rudi, cukong, teguh, ipang dan gilang. Selama mfrost jadi akrab sama anak-anak trui yang lain hehe dan gw jadi bisa make altium(sekarang udah agak lupa), tau cara buat pcb dan hal-hal teknis lainnya yang ga bisa didapetin di kelas. Satu lagi, gw juga gabung di Pendidikan IME 2014, waktu itu gw bingung mau ngambil bidang apa, sama poci tito diajakin ke kominfo, tapi gw sadar kalau gw yang rada kalem dan ga kreatif mana bisa di kominfo. Terus setelah mikir-mikir gw punya ketertarikan sama dunia akademis, kepo nama dosen, kepo matkul, kepo IP, kepo peminatan dan kepo ama yang bau-bau akademis gitu. Akhirnya gw milih bidang pendidikan dan kabidnya adalah angga, dia adalah kakak asuh gw pas mabim. Pendidikan pas awal-awal sibuk sharing ini sharing itu, terus tengah-tengah lumayan kosong, walaupun ga ada hal mendesak tiap minggu ada rabid dan diajarin sulap sama angga hehe. Dalam ngejalanin proker pendidikan juga dibantu senior 2010 yaitu adit ketangnya 2010. Banyak banget bantuannya sampe bingung mau ngebales terima kasihnya gimana. Alhamdulillah TRUI dan IME ga bikin nilai akademis gw turun hehe, dosennya lagi hoki kali ya. Di semester 2 ini gw juga punya kelompok teman nanmanya winner, awalnya cuma dikit terus nambah-nambah terus sampe akhirnya ada 17 orang. Terakhir nambahin anggota tuh fahmi dan mucid pas liburan antara semester 2 dan 3. 

Lalu semester 3 pun dimulai, seperti biasa gw kalau milih kuliah suka yang aneh-aneh. Saat itu gw cuma 18 sks setelah nyodok, akhirnya gw nyobain matkul eksternal bahasa jerman, sekalian gw juga les bahasa jerman di FIB hehe. Tujuannya karena gw pengen bisa kuliah di jerman *amiin. Semester 3 mulai agak sibuk sejak setelah uts, mulai ada praktikum RL dan akhirnya jadi jarang nonton dan makan-makan ama yang lain. Udah gitu yang mulai susah saat di IME dikader buat jadi BPH dan di TRUI bakal jadi tim inti. Tambah lagi kemaren gw daftar asdos kalkulus dan alhamdulillah keterima hehe tapi sibuknya ya lumayanlah, buat meriksa tugasnya ada waktu 1-1,5 jam. Apalagi kalau nilai kuis, kadang bingung mau objektif banget atau pake perasaan. Tapi karena isi kelas kalkulusnya anak elektro semua ya jadinya nilainya banyak yang gw katrol, misalnya aja kalau dateng asistensi kuisnya gw tambah 10 wkwk. Selain itu gw juga milih mata kuliah yang cenderung aman, matek gw ga milih yang kelas satunya lagi karena terkenal dengan soal uts uasnya yang susah, tapi ilmunya dapet. Akhirnya gw ikutin kelas matek itu tapi gw milihnya kelas matek yang lainnya. Jadi pas kamis sore gw dateng kelas mateknya buat nyari ilmu, besok jumat paginya ikut kelas matek yang ada di jadwal siak gw walaupun ilmunya kurang. Dihitung-hitung 21 sks ditambah 3 sks matek kelas lain ditambah 4 sks LBI(kalau bahasa jerman LBI di sks kan) dan tugas asdos dianggap 2 sks total 30 sks seminggu. Sebelum uts gw selalu ikut 2 kelas matek dalam seminggu, tapi setelah uts praktikum RL mulai dan RL belajarnya juga udah serius sehingga ga ada tenaga lagi buat matek sorenya. RL baru kelar jam 12.30 kadang 12.45 terus jermannya jam 13.00 sungguh capek wkwk. Pas sebelum UTS, RL jam 11 udah selesai.Untungnya dengan kuliah yang padat ini lagi-lagi masih diberikan keberuntungan :") IP memang turun tapi masih nyampe target hehe.

Nah di akhir semester 3 ada kejadian yang ga pernah gw lupakan, tas gw hilang di loby k pas solat jumat. Di dalemnya ada laptop, buku jerman LBI, jaket IME, kunci motor dan STNK.... anjir pas nulis hal ini jadi sedih lagi..... dan itu hilangnya sebelum uas komnum. Padahal uas komnum itu perlu laptop buat segala macem perhitungan. Oke jam 1 lewat 5 dan gw belum masuk kelas, akhirnya gw pinjem laptop nandi, jam 1 lewat 10 baru masuk kelas cuma bawa sebuah laptop dan temen-temen gw nanya kenapa gw ga bawa apa-apa. Gw cuma bilang tas gw hilang, ga lama kemudian pa daus masuk dan ujian dimulai. Gw ngerjain ujian sambil mikirin tas gw yang hilang, mencoba fokus tapi susah :"( yasudahlah seadanya saja yang penting ngerjain.Terus abis uas gw pulang bokap gw dan pulang kerumah ngambil kunci cadangan, rasanya itu semua kayak mimpi tapi beneran terjadi. Hal yang paling gw sedihin lagi adalah gw gajadi jalan-jalan sama winner ke bandung, oke laptop hilang ntar kalau gw udah gede bisa beli, jaket ime juga bisa beli, buku bisa beli, stnk bisa bikin lagi tapi jalan-jalan ke bandung ama mereka ga bisa terulang lagi. Seharian gw di samsat ngurus stnk, pas ngeliat foto-foto temen gw lagi di bandung bikin gw tertawa lagi hehe. Alhamdulillah walau gw kehilangan barang-barang gw tapi gw ga kehilangan temen-temen deket gw kayak dulu. 

Setelah itu di awal semester 4, gw dan yona akhirnya jadi BPH pendidikan IME 2015. taun ini peminat pendidikan ada 12 wkwk jumlah yang banyak, padahal taun lalu cuma 4 orang. Seneng sih  tapi lagi agak sedih aja yona masih di wonosobo, kalau rapat bph atau ngumpul-ngumpul bph satu teknik gw merasa ga ada temen ngobrol yang pas buat ngomongin pendidikan elektro. Kadang liat om ama fahmi ngomongin masalah piptek, santi poci mikirin psb, yudha gilang sibuk mikirin litbang jadi bikin gw ngiri.... Single fighter yeah, tapi ipang juga single fighter wkwk. Tetapi walau yona ga ada di depok, dia sangat bisa diandalkan hehe. Gw dah kenal yona dari semester 1, kerjanya bagus dan cepat walau masih jayuz seperti dulu wkwk. Sekarang tinggal sabar-sabar aja sampe yona balik. 

Nah sekarang udah mau semester 4..... gw jujur bingung peminatan apa, pengen telkom tapi ga punya alasan kenapa gw harus telkom, elmag aja belum ngerasain. Pengen kendali juga belum begitu tau kuliahnya belajar apa, elektronika ama tenaga listrik sudah cukuplah. Semoga di tengah semester 4 gw udah bisa nentuin peminatan apa yang gw mau ambil, jujur milih peminatan bakal lebih susah daripada milih jurusan. 

Sekian postingan singkatnya moga blog ini tetap hidup ampe gw lulus nanti 

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...