Saturday, September 24, 2016

YSEP Tokyo Institute of Technology - New College Life


Assalamualaikum wr wb

Pada postingan kali ini gw mau menceritakan tentang kampus baru gw, Tokyo Institute of Technology. Beberapa hal menarik tentang tokodai yaitu

Ranking
Berdasarkan QS World Rank, Tokodai menempati peringkat 19 untuk teknik elektro. Luar biasa emang wkwk. Fyi, gedung departemen teknik elektronya di sini ada di South Building 3. Merupakan gedung tertinggi di kampus ookayama dengan 10 lantainya. Selain itu di lantai 10.5, ada musola kecil buat orang-orang solat dan kongkow-kongkow.
Main Building at Ookayama
 
Mushola di lantai 10 South Building 3

Sel Surya

Pemandangan dari tempat tertinggi di Ookayama



Lokasi
Ada 3 area utama untuk kampus ini yaitu Ookayama, Suzukakedai dan Tamachi. Yang paling gede itu Ookayama. Ookayama sendiri dibagi menjadi Ookayama South, North, West, East, Ishikawadai dan Midorigaoka Area. Kalau gw lab nya di Ookayama South Building 6
Tokyo Tech Ookyama Campus Map
Pemandangan dari depan perpustakaan
Fasilitas
Nah ini yang paling luar biasa. Pas awal masuk gerbang utama, ada gedung Centennial Hall yang fungsinya sebagai "museum" dari karya alumni/profesor tokodai seperti penemuan-penemuan penting. Lalu ada perpustakaan yang dengan bentuk bangunan yang unik dan letak buku-buku koleksinya ada di lantai basement. Ada juga 70th auditorium buat penampilan atau acara-acara penting lainnya(mirip balairungnya UI). Disini juga ada sport center yang isinya gym, weight training gym dan indoor pool.

Opening TICA di 70th Hall


Gedung South 3 dengan 10 Lantainya
Centennial Hall

Full of Photovoltaic




Teknologi

Semua serba teknologi, lampu yang menyala otomatis ketika ada orang lewat, toilet dengan sensor, pintu otomatis, IC card yang digunakan buat pembayaran, masuk perpus, pake komputer. Kecepatan internet yang parah dan juga ruang kelasnya selain full teknologi juga ergonomis.
Kartu Mahasiswa untuk Berbagai Keperluan

Laboratorium
Ga perlu diragukan lagi, lab disini bagus banget. Selain peralatan yang canggih-canggih, orang-orang yang lagi riset di lab juga canggih-canggih. Mereka ga cuma B4(bachelor tingkat 4), malah kebanyakan mahasiswa Doctoral. Dosennya juga disini baik parah, mereka nyamperin mahasiswanya yang lagi ngerjain risetnya depan komputer dan mengajak diskusi bareng. Kadang juga dibawain oleh-oleh makanan.

Range VNA nya dari 10MHz ampe 40GHz

Generally the research about Radio Wave Propagation

Dapur Kecil di Lab

Mircrowave buat ngangetin bekal dan peralatan keamanan

Perpustakaan Kecil, isinya buku macem tektel, antena dan wireless

Ruang Anggota Lab

PPI
Alias Persatuan Pelajar Indonesia, disini Indonesia banyak banget hehe. Pas gw liat grup linenya, ada sekitar 180 orang. Ga mungkin ke kampus tapi ga ngeliat orang Indonesia. Selain itu PPI Tokodai juga sangat aktif. Waktu itu gw ikut main angklung dalam acara TICA dan juga bikin stand jualan martabak pas Tokyo Tech Festival.

Latihan Angklung

Hari H TICA




Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...