Sunday, August 14, 2016

YSEP Tokyo Institute of Technology - Apply on TiTech Website

"tolong online hari ini ya, deadline online applicationnya hari ini" , ini paniknya. Deadline ngisi form aplikasi online di web titech itu tanggal 29 Februari 23.59. Sedangkan baru tau keterima itu baru siangnya wkwk. Kita bertiga langsung minta tolong mba meita buat minta pihak titechnya extend. Akhirnya deadlinenya diundur jadi tanggal 3 Maret. Tetep aja cepet banget mengingat form yang diisi lumayan ribet. Berikut ini website buat applynya
Nantinya pihak home university bakal kirim data diri kita ke titech, lalu kita bakal dapet email yang isinya username ama password. Nah baru bisa diisi deh dan yang diisi itu banyak banget. Nanti setelah isi online bakal dapet bentuk wordnya sebagai berikut




gambar diatas adalah bagian "termudah" dari form..... jadi bagian tersulitnya adalah "State your first choice for academic advisor at Tokyo Tech and describe your proposed research plan for when you join the laboratory (be as specific as possible). Please provide a detailed description of your research plan. This is necessary to determine if your research will be feasible or not."

Yaa intinya kita harus nentuin siapa pembimbing kita dan lab apa yang mau kita tuju. Ibarat nyari topik skripsi lah mau tentang apaan. Untungnya dapet kesempatan buat diskusi dulu sama dosen di departemen. Pembimbing akademik gw, Pa Abdul Halim kebetulan alumni titech, setelah berdiskusi dengan beliau, gw ketemu juga sama Pa Surya, dosen telekomunikasi yang alumni titech. Kebetulan pas gw mau ketemu pa surya, ada Ahmad Salam Elektro 2012 yang lagi konsultasi buat S2 ke Titech juga, KEBETULAN BANGET YA. Katanya Salam mau apply ke lab Takada, itulah pertama kali gw denger nama lab Takada. Setelah itu pun gw langsung ngesearch lab-lab yang ada di titech. Luar biasa banyak banget. Setiap profesor punya lab, jadi nama labnya itu dari nama profesornya. Berikut research plan yang gw buat






Gw memilih lab takada karena bidang yang dipelajarinya sesuai dengan bidang gw di elektro UI. 
By the way selain pembimbing dan research, ada banyak juga file yang harus diupload yaitu


Tanggal 3 siang gw selesai mengisi dan mengirim semua form. Setelah itu kembali menunggu kabar lagi sembari berkuliah ria :)

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...