Monday, October 23, 2017

Seeds for the Future 2017 - Final Chapter

Ga bosen-bosen gw nulis postingan tentang seeds wkwk. Melanjutkan cerita sebelumnya, gw masuk pesawat dan gw merasa itu udah di Indonesia. Tentunya garuda Indonesia udah Indonesia banget nuansanya. Kali itu gw duduk samping usman dan bu yunny. Kita ngobrol sesaat dan akhirnya gw tertidur karena lelah.

Sekitar jam 10 sampailah kita di Bandara Soetta. Pertama kalinya juga gw turun di terminal 3, rasanya beda banget dari struktur maupun desainnya. Sebenernya bisa aja malem itu gw pulang naik bis, tapi gw masih pengen ngerasain semalem lagi sama keluarga cemara ini. Akhirnya kita pun nginep di hotel dekat bandara buat makan malem, istirahat dan nunggu keberangkatan temen2 seeds.

Malem itu gw bareng dwipe lagi, gw mindahin file di kamera ke laptop buat dipindahin ke harddisk usman. Usman dan umi sarah hari itu juga wisuda, jadi mereka bakal naik pesawat yg jam 3. Gw akhirnya ikut nungguin di kamar usman sampai akhirnya kita2 yang masih bangun, say goodbye ke usman dan sarah. Setelah itu gw ga kuat dan akhirnya tidur. Kebangun lagi jam 6 dan ngecek line, ozi sepatunya masih di gw dan akhirnya Igw kasih deh. Udah kebangun trus susah tidur akhirnya  nemenin ozi ampe doi naik shuttle bus. Terus pas naik keatas bunda sab, ternyata danur udah jalan jam 4 pagi wkwk ga sempet say goodbye. Berikutnya bunda sab yang pulang karena sudah di jemput keluarga. Tinggal gw dwipe gemi arina dan aini beserta adiknya. Jam 10.15, giliran dwipe dan gemi yang pamit mau jalan duluan. Lucunya pas mau naek shuttle bus, dwipe kehilangan barang dan menyebabkan dia kembali ke kamar trus harus naik gojek ke bandara. Di bandara gw berpisah sama gemi yang mau langsung terbang ke jogja. Gak lama kemudian dwipe pun muncul dan kita menemukan bus yang menuju depok. Akhirnya selesailah perjalanan ini hingga sampai rumah. Sebelum menutup cerita ini, gw mau cerita sedikit lagi tentang orang-orang terpilih yang ikut program ini wkwk ceritanya ngikutin blog yona juga. Demi menjaga privasi masing-masing orang, gw sengaja gak tulis nama lengkapnya wkwk dan juga mohon maaf kalau ceritanya ada yang kependekan dan kepanjangan dan juga maaf kalau ada kesalahan  kata dari ayah hehe.

1. Arina
Gw biasa panggilnya mbak atau mbak arina walaupun umurnya 3 taun dibawah  gw karena masih angkatan 2015 di UGM. Sedangkan mbak arina manggil  gw ayah. Mbak arina ini cukup pendiem tapi sangat bisa diandalkan, dibalik barang bawaannya yang paling gede dan banyak, mbak arina  adalah orang luar biasa yang menyediakan kain untuk keperluan tari tradidisional pas penampilan kita semua. Mbak arina juga kalau ngomong lumayan kentel medok tegalnya, kalau belanja juga termasuk yang paling semangat dan banyak.






2. Sabrina
Wanita asal Telkom University ini biasa gw panggil bunda, sedangkan doi manggil gw dengan sebutan papah. Bunda ini paling sering banget jalan dan ngobrol sama danur wkwkwk. Bunda juga cerita kalau dulunya mau masuk kedokteran tapi ternyata takdir menutunnya ke engineering. Katanya keluarga bunda kalau ga teknik ya masuk hukum. Kalau kata temen2 kuliah gw di UI, wajah bunda mirip  bu yuli dosen antena gw. Gw kalau sama bunda paling seru ngobrolin tentang jepang, soalnya ibunya sab juga suka nyampurin jepang2an ke bahasa sehari2, selain itu sab juga pengen bulan madu  kyoto, salah satu tempat teromantis di Jepang. Salah satu ciri khas Bunda ketika difoto adalah Jongkok, gw baru menyadari ini setelah mengedit dan mengupload ratusan foto ke facebook wkwk. Momen paling lucu pas sama bunda adalah ketika doi nyemplung ke kolam renang dan langsung diusir sama penjaganya wkwk. Saat itu bunda bener-bener melas banget, antara gw pengen ngetawain ngakak tapi juga kasihan karena itu bener-bener kebodohan hakiki wkwk.

3. Aini
Wanita asal unpad dengan followers instagram lebih dari 1000 ini berasal dari unpad. Kocaknya  gw manggil dia mamah, dan dia manggil  gw ayah. Pada awalnya gw mengira mamah adalah wanita anggun, ternyata mamah bisa diajak gila2an. Pose gilanya adalah saat menghempaskan rambutnya bareng sarah. Salah satu foto favorit gw adalah pas mamah dan umi sarah bareng-bareng gila-gilaan dengan rambutnya. Mamah punya pacar yang sangat setia dan terlihat seperti adiknya. Pas awal-awal bahkan gw nanya langsung dia itu adeknya apa bukan. Tapi kalau adeknya tumbuh kumis dan jambang, baru keliatan kayak pacarnya. Mamah ini kalau setiap malem pake masker dan ga jarang kalau kumpul malem lagi pake masker, jadi lumayan banyak foto mamah yang masih pake masker. Selain itu, mamah Aini adalah model yang paling mendominasi di kamera gw selain ozi dan dwipe wkwk. Selain emang mamah itu badainya seeds 2017, mamah juga sering minta difotoin. Cuma pas awalnya ekspresi mamah selalu datar dan agak tegang, kadang merem juga hingga akhirnya jadi tantangan tersendiri buat foto mamah pas lagi senyum. Mamah punya hobi memberi nama barang2nya, contohnya laptopnya dikasih nama alphonse. Akhirnya gw juga ngasih  nama panda gw alphonse  dan edward. Dosa besar mamah adalah pikirannya udah terkontaminasi cowo-cowo  wkwk. Terbukti pas liat instastory gw yang ada 2 panda gw dengan posisi kawin, dia langsung mengerti dan ketawa ngakak. Selain itu di splendid folk village, mamah juga foto dengan patung dan menunjuk ke arah itunya haha.


4. Sarah
Pas awal2 gw kira wanita asal its ini yang paling serius diantara semua orang tapi ternyata sarah adalah orang paling lucu yang bikin ngakak di keluarga ini. Kalau kata bu Yunny, gw disuruh bawa pulang doi gara-gara dia paling lucu wkwk. Gw biasanya manggil  dia umi, kadang panggil masha juga sesuai nama panggilan cinanya. Sedangkan gw dipanggil dengan sebutan "ayah" oleh umi. Umi ini adalah orang yang paling jadi korban selama belajar bahasa cina di Beijing. Udah sama-sama ga jago kayak gw, tapi namanya paling sering dipanggil ama Laoshi nya. Mungkin gara-gara namanya gampang disebut kali ya.  Kalau ngobrol  sama umi, dari yang kocak2 sampai yang serius banget juga bisa. Di pesawat kita ngobrolin dan curhat soal masa lalu masa kini dan masa depan, ngobrolin tentang temennya yang luar biasa baik banget sama umi, ngomongin kenapa umi angkatan 2013 tapi bisa lahir tahun 1993 dan kenapa juga gw angkatan 2013 lulusnya telat :") selain itu skripsi umi nyambung banget sama gw karena temanya  sama2 propagasi dan akhirnya kita malah ngobrolin propagasi dan takada sensei(prof bidang propagasi) sepanjang di bis, ngobrolin juga kalau papernya Umi keterima dan butuh revisi wkwk padahal Umi mau fokus nyari kerja atau S2. Umi juga paling bisa menempatkan posisinya dengan baik, pas lagi serius jadi bener dan pas lagi becanda jadi gila wkwk. Pas malem-malem seeds ada masalah antara danur dan bundah, umi bisa memposisikan diri sebagai ibu yang menjaga anak-anaknya. Pas kamera gw jatuh juga, umi layaknya seorang ibu yang berusaha menghibur gw biar ga sedih wkwk. Sering juga gila2an ama mamah aini buat ngibasin rambutnya. Lucunya kalau di instastoyin, umi luar biasa ekpresif, bisa ngomong apa aja dengan sangat ceria tapi pas di depan kamera apalagi pas interview  berubah jadi tegang dan takut-takut salah.


5. Gemilang
Memiliki nama depan yang sama dengan dwipe yaitu Kadek tapi kita semua memanggilnya Gemi atau Milang, karena Gemilang terlalu panjang wkwk. Pria asal  bali ini masih angkatan 2015 di UGM memanggil gw dengan nama asli gw yaitu fariz. Kalau ditanya siapa yang paling bahagia dan tak  ada beban selama program ini, dialah orangnya. Dari pertama kali ketemu dia pas interview di kantor Huawei, gw langsung tau kalau dia sangat polos dan luar biasa semangat. Diantara anak-anak seeds lainnya, Gemi juga paling deket sama bule2 lainnya. Dia bisa masuk dan asik2an sama bule mana aja termasuk juga sama nancy, tour guide kita di Shenzhen. Gemi pada awalnya rajin selfie, bikin video dan ngepost di instagram. Tapi begitu ngelihat likenya  aini sekali post bisa sampe 200an, dia jadi lesu wkwk. 2 hal lain tentang gemi yaitu suka menjelajah dan sering ilang wkwk tapi sering ngabsenin  kita2  udah lengkap apa belun. Kebodohan hakiki gemi adalah masukin  celana dalem ke dalam tabung buat spanduk trus diperiksa petugas bandara.



6. Danur
Sama kayak milang, pemuda yang jago nyanyi asal undip ini manggil gw dengan  nama asli gw. Suaranya danur pas nyanyi itu bener2  luar biasa hingga mengantarkan  ke kompetisi di eropa. Selain jago nanyi, danur juga suka moto2, dia doang yang bawa kamera selain gw dan dia doang yang motoin  gw tanpa harus gw minta terlebih dahulu. Somehow dia juga sering motoin  gw pas ketiduran di kelas wkwkwk dan gw suka hasil fotonya. Danur juga jadi orang yang paling fast response kalau ditanya apa2 di grup, saking fast responsesnya sempet dikira ketua delegasi indonesia sama orang Huawei. Pas belajar eNodeB, danur jadi orang yang paling bisa diandalkan di kelompok gw. Saking bisa diandalkannya gw jadi tertidur wkwk. Demi ngikutin program ini, dia ngorbanin  acara di kampusnya padahal  dia yg jadi ketua acara itu :" tapi di satu sisi, danur sangat beruntung  karena selama program ini ulang  taunnya dirayain ampe 3 kali. Pertama pas pake kue ala2, lalu pake kue yang lebih wah dan terakhir pas party di malam sebelum closing ceremony. 




7. Usman
Biasa dipanggil asmen, cara baca "us" dalam bahasa inggris. Lucunya kalau di real life asmen manggil  "riz" tapi kalau di medsos atau grup manggilnya "ayah". Pemuda asal its ini luar biasa banget karena menamatkan S1 padahal kelahiran 1997 yang pada umumnya  masih taun ketiga kuliah. Skripsinya sangat familiar dengan gw yaitu tentang rancang  bangun antena. Asmen juga jadi anak paling baek baek di keluarga cemara. Orangnya selalu oke dengan segala hal, ga aneh2, ga iseng, ga banyak maunya, ga ngeselin dan pokoknya baik deh. Kalau diminta tolong misalnya bawain tripod atau apa gitu pasti mau. Kalau kita jalan dalem rombongan, pasti asmen bakal ada di paling belakang, entah gara2 menikmati pemandangan atau moto2in. Sama kayak gw, dalem hal tarian kita sama2  ga jago wkwk hingga akhirnya kita lebih fokus ke pembuatan video. Asmen ini jago banget editing videonya, pas malem sebelum graduation kita berdua bikin video seeds for the Future, gw lebih ke idenya dan asmen ke editingnya. Pas disini gw ngidein lagu ano hana buat cover video dan ternyata asmen tau lagu itu juga. Gw jadi tau juga kalau asmen suka anime seperti gw wkwk. Dalam pembuatan video ini gw jadi tau kalau asmen luar biasa perfeksionis soalnya dia mau lagu-lagunya bener-bener sinkron sama foto-fotonya. Setelah kelar bikin video, gw jadi minta koleksi animenya asmen wkwk. Setelah pulang ke Indonesia, asmen bikin video episode 2 yang lebih panjang durasinya, disini asmen memilih lagu dari anime kimi no nawa buat covernya dan videonya luar biasaaa. Nice work men!!!



8. Dwipe
Bocah asal Bali ini dah gw kenal sejak taun kedua di Elektro UI. Dia juga aslab telkom juga sih jadi gw pernah ngewawancarain dia pas open rectruitment. Di keluarga cemara, kadang dwipe dipanggil dengan nama cinanya yaitu Diwei. Pas awal2 gw suruh dia jangan manggil gw cukong biar temen-temen seeds yang lain ga ikutan manggil gw cukong, tapi akhirnya tetap dipanggil cukong wkwk. Kalau kata orang2 bocah ini ambis banget, iya sih emang ambis wkwk tapi ambis gapa2 asal bisa asek2an. Selama di cina gw baru tau kalau dwipe yang IPKnya 3.8 ternyata dalem kehidupan sehari2 banyak banget begonya haha. Entah dari yang ngilangin kacamata, jaket, dan apapun itulah. Kadang suka kepo tapi ya kepo doang ga ada usaha buat mencari tau. Selama program ini, kamar dwipe selalu dijadiin basecamp buat kita ngumpul2  tiap malem, imbasnya pas di shenzhen kamar gw juga jadi basecamp. Dwipe juga target empuk banget buat diisengin. Entah gimana diwei punya aura unik sehingga membuat mamah aini dan cucu ozi ingin menyentuh dirinya. Padahal pas awal, gw kira awalnya nih bocah termasuk yang cool2 aja taunya genit dan banci kamera wkwk. Luar biasa sadar kamera, baru gw keluarin dan mau membidik, dia udah pasang gaya, tapi kalau disuruh bawa tripod gamau wkwk. Pose foto dwipe kebanyakan self potrait dengan seluruh badan ngadep depan, mirip sama pose khas gw. Kalau buat dapetin foto candid yang natural susah banget gara-gara dwipe selalu sadar kamera dan hasilnya jadi ga natural deh. Momen kocak adalah ketika dwipe berusaha ngusir danur dari frame ketika  mau difoto, mukanya luar biasa melas. Selama di shenzhen, gw sekamar  sama doi dan hampir tiap malem telponan  ama cewenya, terkadang juga doi kepikiran skripsinya tentang comprehensive sensing. Hampir tiap malem, gw selalu instastoryin dwipe sama dua boneka panda gw yang bernama alphonse dan edward dengan posisi yang eksotis. Diwei mengalami penurunan berat badan selama di cina karena ga sesuai selera makannya. Pernah gw lagi mandi, terus dwipe keluar duluan mau sarapan, pas gw masih mandi, dwipe dah balik duluan. Gw bingung aja kok cepet banget sarapannya wkwk ternyata dia ga selera jadi dikit doang makannya.




9. Ozi
Temen terdeket gw selama program ini sekaligus roommate selama di Beijing. Mukanya paling bocah dan katanya mirip campuran yona ama syahrul, dapet julukan "cucu" karena kayak bocah, sedangkan dia panggil gw "abang", bukan ayah maupun kakek. Bocah paling hitam ini setelah gw cari tau, ternyata ketua himpunannya telkom itb. Walaupun ketua himpunan umumnya jaga wibawa, bocah ini beda banget karena bisa diajak asik-asikan dan rada gila  karena nyoba headstand di tembok cina  dan berbagai tempat lainnya dan pada akhirnya gw jadi tertarik belajar headstand. Dengan wajah dan kelakuan yang kayak bocah ini kadang gw ga percaya kalau dia kahim wkwk. Seperti gambaran anak itb pada umumnya, doi rajin belajar dan luar biasa wawasan telkomnya. Kalau udah ngomongin mata kuliah, pelajaran dan skripsi jadi semangat 45 banget. Gak cuma ngomongin dunia telekomunikasi aja sih, kadang kita ngobrolin organisasi, politik, filsafat, Jepang, sosiologi, biologi dan entah topik apapun itu wkwk wawasannya luas jadi asek kalau ngobrol sering tek-tok. Kalau ngejokes biasanya tingkat berat, kadang ada rumusnya dan harus mikir dulu baru ngerti dimana lucunya. Tapi kalau obrolin personal life, ozi suka ngeselin karena hobi banget bikin gw kepo. Pada akhirnya ada beberapa hal yang gw cari tau sendiri dan pada akhirnya gw malah menyesal mengetahuinya. Sama kayak aini dan dwipe, ozi sering minta fotoin tapi bedanya doi jago nemuin spot bagus dan mau bantuin bawa tripod, tapi kalau motoin gw hasilnya ga bagus :( lagi-lagi sama kayak aini dan dwipe, setelah ngefotoin, ngedit dan ngeupload ratusan foto, gw menemukan pose andalan ozi pas foto yaitu menutupi bibir dengan 2 jari yang membentuk V. Kalau aini merem dan susah ketawa pas foto, dwipe susah candid yang natural, maka setiap fotoin ozi tantangannya adalah gimana caranya biar si ozi ga terlalu keliatan item dibandingkan backgroundnya wkwkwk. Pas mau pulang ke Indo, ozi batuk2 parah banget sampe suaranya berubah kayak doraemon dan pas wisuda itb, gw meet up ama dia dan nginep di kosannya di deket ITB. Kocaknya tetep aja doi masih batuk2 wkwk pasti kurang istirahat. Dosa terberat ozi adalah saat bu yunny jatuh, dia malah ketawa terbahak2 dengan sangat lepasnya. Ozi sering banget ngomong "maaf","mau pulang" dan hobi banget tidur entah di bis, kelas ataupun di kamar hotel.



10. Fariz
Diri gw sendiri, orang beruntung yang bisa mengikuti program ini dan menjadi ayah di keluarga cemara ini. Hobi fotografi dan masih single. Sekian



So finally the last paragraph, gw bersyukur banget bisa ikut program ini, sejujurnya walau bahasa cina gw ga nempel2 amat, kaligrafi gw jelek, pas belajar di Huawei ketiduran mulu tapi gw merasa bertemu kalian-kalian semua ini adalah hal yang paling berharga yang gw dapetin selama ikut program ini. Terima kasih Huawei yang udah ngasih kesempatan besar ini dan terima kasih teman2 yang udah membuat 2 minggu ini jadi masa2 paling membahagiakan dalem hidup gw.


The end

Sunday, October 22, 2017

Seeds for The Future 2017 - Graduation, Hongkong and Good Bye China

Postingan ini ditulis tanggal 22 Oktober 2017, tepat sebulan setelah graduation dari program seeds. Ceritanya gw abis dateng ke Bandung, ada wisuda sahabat gw dan disana gw juga meet up sama hozi sekalian nginep dikosannya. Ketemu ozi jadi bikin keinget lagi masa-masa seru itu dan gw memutuskan untuk lanjutin tulisan yang udah tertunda, munpung perjalanan bandung depok bisa lebih dari 3 jam wkwk.

22 September 2017
Pagi itu gw bangun dengan perasaan antara senang, deg2an, sedih dan galau. Kalau gw jabarin satu2, senang gara2 gw masih di shenzhen ikutin program kece bareng keluarga ceria, deg2an karena siangnya bakal ngasih speech sebagai perwakilan delegasi indonesia sekaligus ayahnya anak2, sedih gara2 hari itu graduation day jadi besoknya dah pulang dan terakhir galau karena gw bingung setelah pulang ke Indonesia, apa yang mau gw lakukan dan mau gw kejar.

Seperti biasa kita sarapan pagi itu di restoran lantai 1, ditemani musik ala restoran sampe kita apal. Setelah makan, jalanlah kita menuju kampus Huawei untuk mengikuti ujian tentang teknologi Huawei dan eNode B. Sejujurnya ujian itu piece of cake, ga kerasa gregetnya karena selain open book, ga ngaruh ke apa2 juga, kita pasti bakal dapet penghargaan. Yang ada di sela2 ujian, kita latihan gerakan tarian, selain itu gw juga latihan speech.

Kalau kata temen-temen gw, gw kalau ngomong datar. Gw ga tau sih datarnya gimana tapi gw latihan terus biar speech gw ga fail2 amat. Selesai ujian open book, kita semua dibawa ke tempat graduation. Sesuai dugaan gw, disana banyak media serta photographer pro dengan kamera segede gaban dan koleksi lensa yang komplit. Kadang gw mikir abis lulus jadi photographer aja kali ya. Hmm lanjut ke graduation ceremony, karena gw ngasih speech, tempat duduk gw dipisahin dari temen2 gw yang lainnya. Walau agak sedih ga bisa ngobrol bareng keluarga cemara, gw akhirnya ada kesempatan buat ngobrol sama teman sesama perwakilan dari Austria, Burkina Faso dan Turki. Selain itu di meja gw ada orang-orang penting seperti VP Huawei, Director utama dari seeds for the future program, bu yunny dan perwakilan media-media Indonesia. Gw memilih ngobrol sama temen dari Turki karena menurut gw dia yang kondisinya paling sama dengan gw yaitu speechnya bakal b aja. Sesuai dugaan wkwk speech dari perwakilan Austria dan Burkina Faso luar biasa panjang dan bagus, gw sempet grogi tapi akhirnya giliran gw dateng juga.
Momen itu adalah pertama kalinya gw ngasih speech di depan orang-orang hebat dan juga pake bahasa Inggris. Di satu sisi gw merasa terbebani tapi disisi lain gw juga merasa tertantang dan akhirnya gw menyelesaikan speech gw :)

Selesai speech, rasa deg2an gw berkurang 70 persen. 30 persennya lagi adalah di penampilan tari dinding badinding yang udah kita latih bareng-bareng sejak di Shenzhen. Kalau boleh sombong dan karena ini blog gw jadi boleh sombong, penampilan dari Indonesia adalah yang paling niat dibandingkan negara lain. Austria dan Turki memberikan persembahan berupa lagu tapi beberapa orang bahkan ga hapal teks lagunya dan baru menentukan H-1 malem, sedangkan Brukina Faso memberikan persembahan berupa nyanyi dan joged. Lumayan seru tapi gerakannya b aja. Sedangkan untuk persembahan dari keluarga cemara, kita sudah diskusiin di grup sebelum kita ketemu, udah nentuin jenis tarian dan siapin properti buat tari. Tentu hal ini ga lepas dari bu yunny yang manas2in kita dengan penampilan taun sebelum2nya, di momen lain yona juga manas2in gw dengan penampilan timnya. Taun lalu itu nampilin video, trus ada tarian juga tapi gerakannya bikin sendiri dan nyanyi lagu indonesia pusaka. Taun ini dikasih tau kalau maksimal 1 negara cuma dikasih waktu 5 menit, jadinya kita memutuskan buat 1 menit video dan 4 menit tarian.

Di malem-malem sebelumnya gw dah bagi keluarga cemara untuk beberapa tugas, tim tarian yaitu danur, gemi, ozi dan shab. Mereka bertugas menentukan  dan mengajari gerakan tari dinding badinding lalu sisanya jadi tim bikin video, arina aini sarah dan dwipe bertugas ngumpulin bahan-bahan video lalu gw dan usman yang ngedit video tersebut sampe jam 2 pagi. Entah kenapa walau cape dan kurang tidur, gw sangat menikmati momen2 malem itu.

Akhirnya tibalah tim Indonesia untuk tampil, berikut ini adalah video yang kita tunjukkan saat itu.


Hingga post ini ditulis, belum ada postingan video tentang penampilan lengkap kita. Semoga taun depan video itu sudah diposting pihak Huawei bersamaan  dengan dipublishnya postingan ini.

Selesai sudah tarian kita, rasanya lega, senang dan puas dengan apa yang sudah kita lakukan beberapa hari ini. Pujian pun muncul dari teman2 negara lain, katanya tim Indonesia paling niat dan kompak. Thanks berat buat temen2 semua yang udah bikin gw bahagia dan bangga dengan semua ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan foto bersama.

Setelah acara selesai kita semua dikembalikan ke hotel dan beberapa saat kemudian, kita pergi buat makan malem. Kocaknya makan malennya masakan china lagi wkwk sampai napsu makan kita udah ga kuat. Makan malem ini juga jadi farewell buat temen2 dari negara karena besoknya udah ga bareng lagi. Frankly farewell ini berasa b aja dibanding farewell gw sama temen2 negara lain pas gw ikut program exchange di Jepang. Mungkin gara2 gw ga sering interaksi sama temen2 negara lain.

Malem itu udah ga ada beban lagi alias ga perlu belajar atau latihan apa2. Jadinya malem itu rapih2in koper dan acara bebas, akhirnya temen2 kumpul  basecamp buat main bareng. Ujung2nya kita dugem ala2 dengan mematikan lampu kamar, mainin senter dan nyetel musik keras2 wkwk :") momen memalukan adalah saat tetangga warga Austria masuk ke kamar kita buat ngecek apa yang terjadi, kita semua tercyduk gila. Malem itu juga gw lepas banget wkwk miss that moment banget deh.
Pas malemnya latihan nari, difotoin ama bu yunny dan dibikin kayak gini wkwk mantep emang

nahan pipis

Jamuan makan siang pas graduation, tempat duduk gw dipisah jadinya harus berdiri

Pasca penampilan tari dinding badinding, antara seneng bahagia dan sedih karena semuanya sudah berakhir :")


23 September 2017
Hari terakhir di Shenzhen dan juga kita pergi ke Hongkong. Pesawat kita yaitu garuda Indonesia, penerbangannya akan berangkat jam 5 sore sehingga kita semua punya waktu buat explore hongkong.

Tour guide hari itu adalah nancy lagi, doi bilang kalau ditanya jangan bilang kalau nancy adalah tour guide karena ilegal hukumnya orang cina jadi tour guide di hongkong.

Itinerary hari itu adalah Victoria Peak, makan  siang dan bandara Hongkong.
Victoria peak adalah tempat terbaik di Hongkong untuk menikmati pemandangan pelabuhan, gedung  pencakar langit dan juga keseluruhan area hongkong. Nancy ngasih pilihan kita mau wisata belanja atau mau muterin jalur jogging. Of course kita udah cukup banget dengan wisata belanja dan akhirnya kita muterin jalur jogging sambil foto2 dan menikmati pemandangan. Selesai dari Victoria park, kita menuju daerah bawah buat makan siang. Akhirnya untuk pertama kalinya kita disuruh milih makanan dari menu dan dikasih budget 80 HKD perorang. Makan siang yang porsinya terbatas berasa sangat enak dibandingkan yang seabrek abrek.

Setelah  itu kita menuju bandara international hongkong. Di dalem mini bus gw ngobrol  sama bunda tentang hidup di Kyoto dan akhirnya pun tertidur hingga tiba di bandara. Dibandingkan  bandara sebelunnya, bandara ini luar biasa!!! Setelah  gw cek ternyata ini bandara terbaek  kelima di dunia. Sambil nunggu boarding time, kita solat dulu sambil menjelajah area sekitar bandara.

Akhirnya tibalah boarding time, gw mulai galau dan sedih, finally time to go home. Good bye china, hongkong, terima kasih atas pelajaran dan pengalaman selama disini


nemu air terjun mini


jalan-jalan di rute larinya victoria peak

pemandangan dari sini

efek kamera jadi terlalu byutipul


menemukan tempat bermain bocah di bandara international hongkong

efek beautification yang abnormal



Wednesday, October 18, 2017

Seeds for the Future 2017 - Kuliah di Kampus Huawei

Memanfaatkan waktu istirahat untuk berfoto bersama

18 September 2017-19 September 2017

Kuliah, Makan, Foto dan Tidur
Hari pertama perkuliahan di Kampus Huawei!!! Pas hari pertama iya masih semangat wkwkwk tapi ternyata semangat gw ga bertahan lama dan akhirnya pun tertidur di kelas.... Sebenernya ga banyak yang bisa diceritain sih dari perkuliahan ini. Intinya hari pertama dan kedua kita itu belajar teori di kelas, hari ketiga dan keempat praktikum dengan alat dan hari kelima adalah ujian plus closing ceremony. 

Di hari pertama ini, kita belajar tentang perkembangan dunia telekomunikasi dari 1G hingga 4G, teknologi multiplexing, serat optik, arsitektur jaringan dan bla bla bla.... gw ga inget semuanya seketika gw udah tidur aja gara-gara kurang tidur. Jadi kuliahnya mulai jam 9 dan kelar jam 4. Setiap 1 jam itu ada istirahat sekitar 5 menit. Lucunya pas kuliah malah ketiduran, pas istirahat 5 menit jadi seger dan ngobrol-ngobrol lucu.....(jangan dicontoh ya). Berikut ini foto-foto pas perkuliahan di hari pertama dan hari kedua,  

Ilustrasi yang cukup enak untuk membedakan multiple access

momen ketika semua orang sudah lelah dan laoshi nya ngajak main game


Tidurnya sampai wajahnya ga keliatan

Bocah ITB yang selalu belajar tiap saat

Berbeda dengan anak UI yang kerjanya bermalas-malasan
Momen paling seru ketika kuliah di kampus Huawei adalah momen istirahat wkwk karena kita bebas ngelihat-lihat sekitaran kampus dan momen ini gw pake buat hunting foto lagi.


Diwei mau foto sendiri terus ngusir danur biar ga masuk ke dalem frame wkwkwk

Kapan nih mau ke KUA

Foto rame-rame, mirip pamflet world class university, ada yang eropa, asia, afrika, pake hijab

Danur yang sedang berulang tahun dengan gaya coolnya

Gatau kenapa lihat foto ini kocak aja wkwk kayak ada 2 setan yang ikutan foto di belakang

Komposisi favorit saya bersama bunda, mamah, umi dan mbak

Foto ini backgroundnya bagus ya

Sedangkan di foto ini modelnya dahsyat ya

Di lorong kampus, berasa kayak mal

asmen dengan gayanya yang selalu senyum dengan penuh kebaikan

Nyuruh diwei dulu turun 1 lantai buat nyobain foto dari lantai atas, belum dapet hasil foto yang memuaskan sih

ketika fokus kamera ada pada orang yang berbaju warna merah di belakang, sedangkan yang rame-rame agak ngeblur

Selesai istirahat makan siang, solat dan foto-foto, kita kembali ke kelas dan beberapa orang mulai tertidur.... entah gara-gara laoshi nya ngomongnya kecepetan, materinya kesusahan atau emang kitanya lagi kelelahan....

Bocah ITB akhirnya tercyduk tertidur

Ayo jangan sampai tertidur anak UI.... mukanya nahan ngantuk banget

Ulang Tahun Danur Episode 2
Setelah pulang dari kampus Huawei seperti biasa agenda kita adalah makan malem dan kumpul di basecamp. Malem itu rencana awalnya kumpul buat latihan nari tapi ternyata mau surprisin danur lagi dengan kue yang beneran. Sebelum ngasih kue ke kamar danur, terjadi drama yang ga bisa gw ceritain disini wkwkwk(silahkan tanya bunda sab untuk detailnya). Sama seperti malem sebelumnya, gw langsung siapin kamera lengkap sama tripod biar gw juga bisa ikutan masuk dalem frame. Di episode 2 kali ini lebih cerdas karena milang belum tidur jadinya ga perlu nelpon-nelpon dari depan pintu. 

mamah aini selalu pake masker tiap malem

danur kesenengan dapet kue lagi dan ukurannya lebih besar

Happy birthday danur, dibalik kue ini banyak drama dan pertumpahan darah yang terjadi
20 September 2017-21 September 2017

Fase kedua dari pelatihan di Kampus Huawei, di 2 hari ini kita masuk ke laboratorium wirelessnya Huawei dimana kita bisa ketemu dan berinteraksi langsung sama peralatan-peralatan yang dipake buat jaringan 4G. Ga jauh beda juga sih sama 2 hari sebelumnya, pas lagi dijelasin gw kebanyakan tidur gara-gara kecapean, pas istirahat dipake buat foto-foto....

Huawei RnD staff
Belajar langsung dengan teknologi terbaru di Labnya Huawei


kelompok umi, diwei, mamah aini dan cucu ozi 

andai lab telkom UI punya benda ini.....

Belajar udah berdua, jadi kapan ke KUA? -Mamah Aini

Bule main gitar, mukanya tua amat btw

Efek kebanyakan belajar, kurang tidur dan kebanyakan makan Beijing Kouya
Pulang dari kampus Huawei, kita latihan tarian dinding badinding di basecamp sama di gym. Sayang sekali karena fokus latihan jadinya kita ga dokumentasiin :( tapi seinget gw direkam sama bu Yunny wkwk. Sampai saat ini masih penasaran gimana penampilan kita pas closing ceremony, kompak, rapih, apa ngaco, berantakan ya...

Berlanjut ke part terakhir yaitu closing ceremony, Hongkong dan kepulangan ke Indonesia :")


Seeds for the Future 2017 - Final Chapter

Ga bosen-bosen gw nulis postingan tentang seeds wkwk. Melanjutkan cerita sebelumnya, gw masuk pesawat dan gw merasa itu udah di Indonesia. ...