Wednesday, September 21, 2016

YSEP Tokyo Institute of Technology - Preparation for Exchange

Since I'm not very good in English writing skill, I will use Bahasa Indonesia for this post.It makes me think twice, lol. So hope someday I can write my experience freely in English.

Sebelum cerita tentang minggu pertama YSEP di Jepang, ada beberapa hal penting yang harus diurus untuk keberangkatan seperti dokumen(paspor, visa, surat2, dll), tiket pesawat, barang bawaan dan yang terpenting uang. Gw bakal cerita secara singkat tentang hal itu tersebut.

1. Dokumen-dokumen
Begitu lo lolos dan diterima oleh tokodai, maka hal paling penting yang adalah segera membuat paspor. Buat cara bikin paspor ga bakal gw jelasin panjang lebar, tinggal googling aja sendiri. Biasanya 3 hari. Sedangkan untuk Visa, kita harus nunggu dulu "Certificate of Eligibility", nanti sertifikat itu bakal dikirim ke international office home university(kalau di gw IO UI), nanti baru deh ke kedubes jepang, bawa passpor, Certificate of Eligibility dan fotokopiannya, foto 4,5cm x 4,5 cm latar belakang putih(1 aja cukup) dan formulir aplikasi visa(bisa di download atau bisa diisi di kedubes). Sama buat yang dari daerah tertentu(temen gw waktu itu dari medan), harus bawa dokumen tambahan yaitu surat keterangan mahasiswa(jadi jaga2 aja dibawa), denger-denger kalau bawa surat keterangan pelajar, biaya pembuatan visanya gratis(tapi gatau bener apa kagak belum gw coba). Biasanya 4 hari juga udah jadi dan biayanya 330ribu, harus cash yak,(somehow temen gw waktu itu cuma bawa 60 ribu wkwk)

Buat detailnya silahkan liat di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_4.html

Tips:
- Buat mahasiswa UI, ke kedubes Jepang gampang banget. Naik kereta dari stasiun UI/Pocin yang ke arah tanah abang/duri. Terus nanti turun di sudirman. Dari situ jalan kaki sekitar 1 km atau naik gojek/grab(saran gw jalan aja hehe hitung-hitung pemanasan sebelum di jepang jalan mulu)

2. Tiket Pesawat
Ini juga ga kalah penting, begitu dapat informasi tentang tanggal berapa harus berangkat, lo harus segera nyari tiket pesawat. Biasanya yang ideal itu 3-4 bulan sebelum berangkat, harganya masih murah. Kalau mau nyari penerbangan murah, biasanya airasia bisa sekitar 1.8 juta tapi transitnya lumayan lama. Gw kemaren sama temen-temen UI, milih garuda indonesia biar langsung nyampe hehe, dapet 4.2 juta sih. Kalau hoki bisa dapet 3.5juta-an garudanya.

3. Barang Bawaan
Gw kemaren pake garuda dapet bagasi 30 Kg. Kalau lebih-lebih dikit misalnya 31an kg, masih boleh lewat hehe(tergantung kebaikan hati mba-mba yang jaga check in juga sih).

Tips:
- Jangan bawa seisi lemari, bawa secukupnya aja hehe ada mesin cuci kok jadi gampang tinggal cuci
- Untuk baju musim dingin, nanti bisa minjem punya senior ysep sebelumnya. Biasanya nanti dititipin ke orang Indonesia yang lagi S2 atau S3. Jadi sebenernya ga usah bawa juga gapa-pa
-Alat-alat masak juga ga perlu bawa lagi hehe, pas hari kedua, gw ketemu ama senior yang lagi master tahun ke 2. Doi dititipin barang-barang warisan YSEP sebelumnya. Ada banyak banget kayak panci, rice cooker, spatula, setrikaan, gantungan baju, piring, mangkok, gelas, sendok, garpu, karpet, dan ada juga kecap, sambal bajak(kayaknya keburu beli tapi belum sempet diabisin). So in conclusion, begitu lo dapet YSEP, lo harus segera cari kontak YSEP sebelumnya dan tanyain barang--barang warisan apa aja yang masih ada. Jadinya lo ga perlu ribet bawa banyak barang bawaan. Kalau ada yang mau kontak gw, bisa line ke gw : farizazhar
- yang perlu banget dibawa apalagi bulan pertama ini kayak indomie, bumbu nasi goreng indofood, nuget-nugetan, sosis2an dan segala makanan siap masak. Soalnya sekali makan di luar kisarannya bisa sampe 700-1000 yen.

4. Uang
yak yang terakhir adalah uang. Fyi, beasiswa Jasso baru bakal turun 1 bulan setelah lo nyampe di Jepang. Jadi pas 1 bulan pertama, lo harus pake duit lo dulu. Nah duit yang udah gw keluarin sampe minggu pertama di titech udah sekitar 40ribu yen :( padahal baru 7 hari. Jadi begini rinciannya

- Ketika baru pertama kali nyampe haneda, lo bakal butuh biaya tranport ke dorm. Itu bisa sekitar 1000-1200 yen(tergantung jalan yang lo pilih). Kalau ribet bawa koper, bisa lewat pengiriman bandara ke dorm, biayanya perkoper sekitar 1500 yen. Kalau gw kemaren janjian ama tutor gw di stasiun tama plaza, jadi dari haneda naik bis ke tama plaza 1130 yen, trus dari tama plaza baru ke stasiun aobadai(160 yen). Alhamdulillah tutor gw orang indonesia dan dia baik banget mau bantuin bawa koper dari stasiun aobadai sampe dorm.

- SIM Card dan Internet. Yap pas lo nyampe dorm, lo bakal merasa kayak anak hilang karena hari itu belum dapet internet. Tips: Cari Sevel buat wifi gratis. Baru di esok hari ada orang dari operator yang nawarin sim dan router. Buat sim card jepang dengan akses 3 GB per bulan dan internet dalam dorm+routernya itu abis sekitar 14ribu yen(untuk 3 bulan yak minimal bayarnya, kalau perbulannya sekitar 3ribu yen-an).

- Commuter Pass. Ini kartu yang paling istimewa. Biaya perjalanan dari aobadai station ke tokodai itu 250 yen, kalau bolak-balik jadi 500 yen. Asumsikan setiap weekdays ke kampus berarti 500yen x 5 jadi 2500 yen. Sebulan 4 minggu jadi total 10ribu yen. Dengan commuter pass/tekikeng biaya 10 ribu yen perbulan bisa turun jadi 3ribuan yen perbulan. Ada pilihan buat langganan 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan. Gw milih yang 6bulan (lebih murah 300ribu rupiah dibandingkan yang 1 bulan dibayar 6 kali) dan itu keluar uang 21400 yen.

Kalau gw sendiri bawa 100ribu yen, karena emang masih awal-awal jadinya buat jaga-jaga juga.




Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...