Sunday, July 15, 2012

Tafakur Alam Gravity

assalamualaikum wr wb

alhamdulillahirobbilalaamin tanggal 9-11 baru saja melaksanakan tafakur alam gravity yang tempatnya kali ini lebih jauh dari ta sebelumnya yaitu di cianjur. Ta kali ini dipimpin oleh fadil kusuma, dan pada ta kali ini gw menjadi seksi phd yang bertugas dalam pendaftaran, humas, publikasi dan dokumentasi, yaa kalau gw sendiri paling banyak di dokumentasi. Langsung ke hari H
tafakur alam gravity 1433 H

Hari pertama tanggal 9 Juli 2012

kalau menurut jarkoman ya jam 6 udah disuruh kumpul di sekolah tetapi buat gw jam 6 itu baru berangkat, dari rumah berangkat dianter bapake dan di smansa sudah cukup ramai sama tas-tas dan beberapa tronton berjejer di luar, gw masuk dan mulai ribet dengan pendaftaran ulang dan bagiin baju, untung ucup dateng pagi itu. Sambil beribet pembukaan sudah dimulai, namun pa ahmadi dan bu masidah ga bisa hadir*yes!!! jadi setelah pembukaan yang di mc in oleh ancha dan bocin, kita langsung ke arah tronton beres-beres barang yang dimasukin dan akhirnya berangkat sekitar jam 8an.
Pembukaan TA gravity
MC TA paling tidak berwibawa sepanjang sejarah -__-
sambutan fadil, ketua TA Gravity yang murah senyum

di depan tronton barang-barang, tangan bawang sialan -___-

sarfan, bantal hidup pertama

mota, bantal hidup kedua

mesranya hafid dan wildan

Kali ini gw mendapat tronton yang lumayan nyaman, kenapa nyaman? karena di tronton ini gw memiliki 2 bantal yaitu mota dan sharfan, selain itu tronton yang gw naiki adalah tronton barang-barang jadi kita bisa lesehan, akhirnya gw bisa memakai sarfan maupun mota sebagai bantal jika gw merasa ngantuk, pas pergi ini juga setronton sama bocin, hafied, wildan dan hilman. kalau alumninya ada bang azum bang eka dan bang ......(lupa gw)Tronton yang gw naikin ini gila, selain gas CO yang hampir membunuh kita-kita, tronton gw juga menabrak spion bis sampai pecah -__- entah tronton ini berdosa sama seluruh kendaraan di puncak apa enggak tapi kalau gw lihat sih ini tronton serem banget dibawanya zzzz.
kalih dan bawang di tronton belakang

bantal sejati emang dah

nyampe sekitar jam 12 kurang, perjalanan yang melelahkaaaan. Turun-turunin barang bawaan sampai villa itu cape banget karena dari tempat tronton ke villanya itu cukup jauh kira-kira dari smansa sampe lampu merah lah udah gitu jalannya bebatuan. Nyampe depan villa dan ternyata villanya jauh lebih kecil daripada tahun lalu -__- buat ikhwan 1 villa ada 4 kamar dan itu semua ikhwan disitu coba wkwk sempit-sempitan okelah. Setelah cukup bernafas, kami ke masjid yang letaknya dekat tempat parkir tronton, yap jauh juga loh. Solat zuhur jamak asar kemudian pengumuman kabilah,kabilah itu kayak grup kita selama ta, teman sekamar, teman sepermakanan, temen sepergamesan. Gw sendiri masuk kabilah 3 bersama sarfan, bagas, hafid, taqi, aziz dan ghani. Kegiatan hari pertama adalah materi, mentoring dan olahraga sore. Ketika materi gw sering mengantuk dan tidur-tiduran di sarfan tapi pas materi pertama alhamdulillah ustadnya lucu terutama pas cerita tentang sinetron islami, jadi kalau bulan ramadhan itu sinetron2 pada pakai baju koko, jilbab, terus pacarannya di mesjid dan sebagainya. 
suasana ketika baru nyampe

ini villa ikhwan

berjalan menuju villa yang jaraknya cukup jauh dari depan

ada mainan kayak ginian juga loh wkwk

dalam villanya kayak gini, agak sempit sih

ustad yang mengisi materi pertama

ampun bagindaaaa

gw dan bagas versus rendra

pemberian sertifikat oleh fadil

Kemudian sorenya mentroing sama kabilah 3, mentoringnya diisi oleh kak eka. Mentoring kali itu bertemakan globalisasi, ditambah ka eka adalah mahasiswa sosiologi UI sehingga materinya terasa berat dan seakan-akan kuliah tentang masyarakat.
mentoring kabilah 4 dan 6 dengan bang azum
mentoring kabilah 3 dan 5 dengan bang eka
mentoring kabilah 1 dan 2 dengan bang hanif

Kemudian kita berolahraga sampai magrib, ada 2 bola waktu itu, bola sepak dan rugby. Ikhwan-ikhwan terbagi 2 ada yang bermain sepak bola dan rugby, gw lebih pengen rugby karena kalau sepak bola kan udah biasa di sekolah, rugby kapan lagi coba hehe. Setim sama reyhan yang kelihatan bocah tapi cerdas alias licik, dengan metode running bola ga mungkin di intercept sehingga asal bisa dilakukan berkali-kali kita bisa mencapai daerah lawan, skor pun imbang 6-6. Kemudian mandi, solat magrib isya dan makan malam bersama kabilah. Yap seperti tahun lalu makan malam ditaruh di nampan buat bertujuh, udah gak kaget sih tahun lalu juga kayak gitu hehe. Setelah itu nonton film city of amber tapi cuma dikit doang zzz lalu gw pun udah sangat mengantuk dan masih ada materi lagi jadi 99% jiwa gw di alam tidur ketika sedang materi, ketika materi selesai jiwa gw kembali ke tubuh dan jiwa gw menggerakkan jasad gw ke villa untuk tidur*pemakaian kata yang bodoh. 
main bola
main rugby

makan bersama kabilah 3

yang ini orangnya dikit amat

Sekamar bertujuh, impossible dan akhirnya tidurpun sangat sangat seru. Pertama masuk kamar kabilah 3 tapi kasur penuh, sekalinya dapet tetep aja sempit, kemudian gw lihat kamar lain dan ternyata kamar 4 cuma ada ahmad faris jadi gw tiduran deh disana, ga lama kemudian ahmad faris keluar lalu sarfan masuk, disusul danny dan rendra, kasur yang jatahnya buat berdua diisi kita berempat, gw sempet ketiduran beberapa menit tapi begitu bawang masuk kamar dan dia berisik ngambil makanan, gw kebangun dan ga bisa tidur lagi karena suara ngoroknya sarfan -__- gw pindah ke kamar kabilah 3 dan ternyata udah ga begitu sempit seperti sebelumnya dan melanjutkan tidur

Hari kedua, 10 Juli 2012

Paginya dibangunin jam setengah 4, setelah mengumpulkan nyawa pergi ke mesjid solat tahajud dan solat subuh, tidur-tiduran dikit lalu jajan-jajan di warung yang super enak, ada gorengan dan makanan kecilnya, ada juga bakso di depannya, harganya juga murah hehe. Kemudian makan pagi bersama teman-teman sekabilah dan dimulalah riyadoh alias olahraga
pemanasan olahraga

push up bersama
Sebelum olahraga dimulai, dilakukan pemanasan yaitu mencoba trakking ke curug cilember tapi cuma sepertiga jalan doang, jalanannya sumpah bebatuan banget ga enak takut kepleset, serasa pijat refleksi pula. Cuma sepertiga jalan lalu balik lagi ke villa lewat jalan tembus walau sempet nyasar-nyasar dulu, kemudian barulah games dimulai. Games pertama dari yang tarik-tarikan, pengangan tangan terus diulur jatuh apa enggak, lalu bermain juga dengan koran diinjek membentuk segilima dan ini dimenangkan anak kelas 10. Main juga baris berbaris, misalnya disuruh baris dari yang paling muda ke paling tua(ini mutlak gw dibelakang) dan kabilah kita pun kena satu coretan karena salah ketika disuruh berbaris mengenai tinggi badan. Permainan berikutnya gw menangin hehe yaitu permainan angka, misalnya setiap kelipatan 3 bilang allahuakbar gitu, satu dua allahuakbar empat lima allahuakbar dan seterusnya. cuma inget sisa 4 orang terakhir yaitu bawang wimba irham, terus bawang gugur lalu wimba gugur dan terakhir irham gugur hehe. Dan yang terakhir adalah permainan yang paling seru karena pake fisik juga pikiran yaitu benteng versi tafakur alam, dibagi menjadi 2 tim yaitu tim 1 kabilah 1-3(gw masuk tim ini bersama anak2 angkatan 35) dan tim 2 kabilah 4-6. Ini serasa ngelawan teman-teman 34 dan ngebantu angkatan 35 wkwk. Awalnya lempar-lemparan balon air ga jelas gitu padahal mau basah pun ga kenapa-kenapa. rebut-rebutan tali yang disangkutin di belakang celana pun dimulai, tim 1 mulai berguguran, alhamdulillah gw melakukan perlawanan yang ga sia-sia, gw berhasil ngambil talinya wildan tapi pas ngambil talinya bawang, tali gw ikut keambil dan gw mati. Gw kira tim 1 kalah karena kalah jumlah, lalu jabbar tiba-tiba berlari ke arah slayer tim 2 yang disangkutin di tiang bendera, anak-anak pada mengabaikan dan meremehkan jabbar karena buat ngambil itu susah banget sampe harus gendong-gendongan, tetapi terjadi hal diluar dugaan, ternyata jabbar adalah anak rimba, dengan mudahnya dia ambil slayer yang terikat tinggi di tiang bendera. Tim 1 pun menang, allahuakbar!!!
tarik-tarikan tangan
merapaaaat eaaaaa

mencoba jatuh tanpa terjatuh

yang kalah dikasih make up

kabilah 1-3 versus kabilah 4-6

olahraga selesai dan berikutnya mandi lalu materi, lagi-lagi di materi gw ngantuk berat zzz jadi ga begitu menyimak apa yang disampaikan. Lalu acara berikutnya adalah bakti sosial, banyak sekali bocah-bocah yang diajak bermain, awalnya gw dan yang lainnya main rugby lempar-lemparan gitu terus bocah-bocah pada ngelihatin dan akhirnya ikutan hehe, kemudian sama adhita master of bocah ngendaliin*eh ngajak bocah-bocah buat main kereta-keretaan sampai tempat yang ditentukan
adhita sang penakluk bocah-bocah
kayak kereta banyak banget bocahnya

main games bersama kakak-kakak

Lalu gw sebagai phd yang baik ikut-ikutan foto-fotoin bocah-bocah yang lagi bermain bersama beberapa teman gw, sore hari yang menyenangkan bermain bersama bocah-bocah, mentoring bersama bang indi, bermain bola dan rugby :-)
mentoring bersama bang indi
Setelah asik ama bocah gw nongkrong di warung*kayak anak warung. Beli roti dan jajan coklat gope alias coklat cap ayam jantan dan makan bakso juga wkwk rakus banget. Balik ke villa mandi dulu lalu berikutnya makan malam, tapi gw masih kenyang akhirnya gw suruh kabilah gw makan duluan, lalu bawang bocin umar kan belum makan juga, maunya minta sisa ke akhwat. akhirnya kita dapet sisa tapi banyak gitu hehe dan enak karena ga rebutan bertujuh. Lalu baru deh ikut motivation training dan gw bersyukur banget ikut motivation training kali ini yaitu tentang bersyukur dan betapa kecilnya diri kita dihadapan maha kuasa, dua hal yang gw simpulin orang-orang yang bersyukur akan ditambah nikmatnya oleh Allah SWT begitu pula sebaliknya dan orang-orang yang beruntung adalah orang-orang yang selalu mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepadanya, bukan orang-orang yang mencari-cari apa yang tidak dimilikinya.
motivation training 
Setelah motivation training barulah kembali ke villa dan kembali tidur dikamar bernomor 3

Hari terakhir, 11 Juli 2012

bangun alias dibangunin jam 2 buat qiyamulail, tapi ngumpulin nyawanya kelamaan baru qiyamulail jam 3 -__- lalu baru deh wisata alam kubur, tahun ini wisata alam kuburnya bukan wisata alam kubur karena emang bukan dikuburan*eh. Intinya tahun ini lebih manusiawi deh, kalau tahun lalu sadis, udah ga ditanyain ada yang sakit apa enggak dan ga dikasih waktu buat ambil jaket lagi zzz. Setelah wisata alam kubur lalu solat subuh dan tiduran di sarfan sampai jam 6, kemudian balik ke villa, makan dan siap-siap trakking, yaaap trakking, acara favorit di tafakur alam gravity.
pas naik ke atas
Kali ini trakkingnya lumayan jauh, pas pergi bersama bocin aziz bagas ojan ancha pebry, yaa medannya sh ga sesulit dulu tapi capeknya tetap luar biasa, setelah berjuang kurang lebih 1 setengah jam sampai jua di curug cilmber :D Diperjalanan pulang bareng bawang bocin bagas ojan kalih ancha umar pebry aziz dan hilman kita malah bernarsis ria, setiap tempat yang indah dipakai buat foto wkwkwk
pas turun ke bawah
ikhwan-ikhwan tangguh

bersama angkatan 34*seadanya

spaceboys, membentuk kata X I A 2

twinnieboys, berpikir

socialboys, teroris
formasi berdua-dua wkwk
INC, botak botak gw bocin bawang. Kurang sampah dan mager
Selama di perjalanan pulang kita juga bikin video dimana kalih jadi bocah petualang, umar jadi peminta minumann, pebry sebagai teroris, bagas sebagai bocah yang dibully, gw bawang wildan bocin aziz hilman sebagai bocah-bocah yang tawuran

Nyampe villa mandi bebenah dan kumpul di masjid makan siang dulu, lalu penutupan dan pemberian awards, selamat buat bocin yang terbeser(emang kalau diajak ke wc selalu mau) bagas yang teringkih(sebenernya udah mutlak ga perlu dibuat awardnya lagi) dan taqi yang termager(ga usah ditanya lagi ini mah)


Selesai itu nonton film rohis yang ada bagian "kalih kalih kalih" wkwk kocak tapi maknanya bagus hehe dan baru deh penutupan dan doa :")

Pulaaang dan naik tronton yang sama, tapi kali ini lebih rame, ada bawang ancha pebry kalih bagas juga. Perjalanan pulang ini agak gila, selain terhambat karena arus one way, tronton pun mogok gara-gara solarnya kesumbat, lalu ditambah hujan dan supirnya melakukan kesalahan bodoh dengan lewat jalan cibubur bukannya langsung ke arah juanda. Tetapi dibalik itu ada keseruan tersendiri di tronton hehe, hasilnya kita baru tiba di depok jam 9, bantu beres-beres barang nurunin gitu lalu solat di mesjid almu dan pulang naik angkot sama bocin bawang dan aziz, baru tahu hal gila kalau angkotnya ga nyampe terminal alias depan stasiun, dari depan stasiun bawa koper berat sampai terminal rasanya ituuuu sesuatu -___- yap seperti backpacker deh. Lalu berpisah dengan aziz dan bawang, gw naik d02 sama bocin, kemudian baru nyampe rumah jam 10 malam. Disambut dengan hangat oleh keluarga, ceritain ngapain aja dan ngasih tau kabar rumah, lalu setelah makan barulah tidur.

Alhamdulillah TA gravity ini sungguh luar biasa, terima kasih teman-teman erwandi, peserta, kakak alumni, guru-guru yang berpartisipasi, keluarga dan Allah swt telah memberi kesempatan untuk menikmati tafakur alam kali ini :")

Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...