Saturday, January 7, 2017

YSEP Tokyo Institute of Technology - Tour de Kansai - Day 0 : Prologue

Konnichiwa Minna-san

Pada post kali ini gw mau ceritain pengalaman pas winter vacation, jalan-jalan keliling kansai alias tour de kanasi jeng jeng. Tour de Kansai ini menurut gw adalah proyek jalan-jalan tersebesar gw selama YSEP ini karena selain tempatnya jauh dan makan waktu beberapa hari, jalan-jalan ke Kansai juga merupakan jalan-jalan terakhir yang full team :") soalnya andrew, liska dan tiwi udah pulang sebelum spring.

Gak kayak ke kawaguchiko buat liat fuji yang baru direncanain H-beberapa jam, buat jalan-jalan ke Kansai sendiri persiapannya termasuk ribet sampe kita rapat 2 kali di dorm Umegaoka. Intinya kita bagi-bagi tugas buat memudahkan perjalanannya
Rapat Tour de Kansai sekalian ngerayain ultah liska

Day 1 Nagoya : Tiwi
Penginapan Nagoya : Ifa
Day 2 Nara : Andrew
Penginapan Kyoto : Tasya
Day 3 Kyoto : Shabrina
Penginapan Osaka : Liska
Day 4 Osaka : Fariz
Day 5 Universal Studio Japan : Fariz dan Tasya

Nah untuk winter vacation ini ada namanya 18 Kippu, free pass JR untuk seluruh jepang pada waktu-waktu tertentu saja. Buat detailnya bisa baca blog alumni YSEP sebelumnya disini . Dengan adanya 18 Kippu ini biaya transportasi jadi hemat 80% hehe. Buat tau jalurnya 18 Kippu bisa cek di www.hyperdia.com tinggal masukin stasiun asal dan tujuan, lalu routenya checklist local train dan corpnya Japan Railway aja.
18 Kippu

Kita berangkat  hari selasa tanggal 27 desember di malem hari. Niatnya itu kita berangkat malem biar pas tanggal 28 paginya kita udah nyampe di Nagoya. Ceritanya kita udah yakin banget sama itinerarynya dan jam 11an kita udah nyampe Odawara station dan nungguin jam 00.00 buat make 18 kippu untuk naik kereta selanjutnya. Setelah masuk jam 00.00 kita mau ngecap kippunya dan dikasih tau sama petugasnya buat naik kereta yang malem itu harus reserve dulu. Kalau nunggu kereta yang berikutnya, ada lagi jam 5an which means kita harus nunggu dari tengah malem sampe jam 5an. Awalnya kita rada shock, bingung harus nunggu dimana. Pertama-tama kita nyari kehangatan ke konbini terdekat, terus nyari-nyari mcdonald atau apapun yang buka buat ngangetin badan. Tetapi ga ada yang buka malem itu dan akhirnya kita balik ke stasiun buat duduk-duduk atau mungkin tidur. Sekitar jam 1 kurang, petugas stasiun datengin kita kalau kita ga boleh tidur disitu dan nyaranin kita pergi ke internet cafe di seberang.

Kita udah pasrah duluan wkwk agak bete aja ga dapet kereta. Namun semua itu berubah ketika ada mas-mas dateng nawarin buat masuk ke karaoke. Awalnya kita ditawarin 3000 yen perorang gitu buat dari jam 1 sampe jam 5. Menurut gw itu mahal dan harganya udah bisa buat nginep di apato. Terus dia nanya lagi kita minum alkohol atau enggak dan tentunya kita enggak, entah gimana ceritanya yang awalnya 3000 yen akhirnya dikasih 1500 yen per orang. Ternyata 1500 yen itu juga udah termasuk all you can drink di bar karaokenya. Akhirnya fix lah kita karaokean wkwk.

Salah satu whislist gw pas exchange ke Jepang adalah pengen coba karaoekan disana. Sejujurnya gw ga pernah puas pas karaokean di Indonesia gara-gara list lagu yang gw suka selalu ga ada. Ujung-ujungnya pasti nyanyi lagu let it go nya frozen atau pelangi di matamunya jamrud. Padahal genre lagu gw itu lagu-lagu anime dan gw yakin banget di Jepang pasti ada semua wkwk. DAN TERNYATA ADA SEMUA. Semua lagu-lagu anime yang gw cari ada haha. Yang lebih serunya teks karaokenya dalam hiragana, katakana dan kanji. Sekalian menguji kemampuan membaca bahasa Jepang. Disitu muncul gap antara hakase 4 dan hakase 2 (yang kelas jepangnya udah level 4 dan yang masih level 2). Pas yang lain milih lagu barat, semuanya bisa ikut nyanyi. Tapi pas gw milih lagu jepang, cuma shabrina atau andrew yang bisa ngikutin wkwk.
Opening Steins Gate
Selain list lagu animenya lengkap dan full waktunya 4 jam, tempat karaoke ini punya bar dimana kita bisa ambil minuman sepuasnya hehe. Minumannya juga beragam ada coca-cola, fanta berbagai rasa, berbagai jenis kopi dan bahkan ada es krim. Kalau dihitung-hitung, buat minumnya sendiri kalau dihargain udah lebih dari 1000 yen(asumsi sekali minum 150 yen dan es krim 200 yen).
All you can drink bar
Karena keasikan nyanyi, tanpa sadar udah mau jam 5 wkwk padahal list lagu yang ngantri masih banyak. Begitu jam 5 pas, kita keluar dan bayar dikasir perorang 1500 yen. Kalau dirupiahin sih iya mahal 180ribu, tapi untuk ukuran jepang itu udah murah menurut gw. Selanjutnya kita menuju stasiun Odawara buat solat subuh dan melanjutkan perjalanan menuju Nagoya dengan kepala setengah tidur hehe.

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...