Friday, May 20, 2011

referensi novel: Negeri 5 Menara

assalamualaikum wr wb

kali ini gw pengen menceritakan sedikit tentang salah satu novel best seller di Indonesia. Yaitu negeri 5 menara karangan ahmad fuadi, pertama kalinya yang beliin novel ini adalah bapak gw sendiri,kemudian beliau menyuruh gw membacanya karena ceritanya sangat menarik dan memotivasi. Ternyata benar novel ini memiliki makna yang mendalam tentang kehidupan, perjuangan dan kesabaran. Di kelas pun gw sudah mempromosikan novel ini kepada beberapa teman gw dan sudah ada kurang lebih 5 orang yang telah membaca novel ini di kelas dan menjadi lebih termotivasi. 


Novel ini menceritakan tentang seorang anak bernama alif fikri, dia baru saja lulus smp dan ingin melanjutkan ke sma negeri favorit agar bisa meneruskan kuliah ke ITB. Namun ibunya memaksanya masuk sekolah islam atau pesantren. Hingga akhirnya alif masuk pondok pesantren madani(dalam kehidupan aslinya pesantren yang dimaksud adalah pesantren gontor). Berbagai permasalahan dihadapinya dari awal perjalanan ke pesantren sampai akhir kelulusannya di pondok madani. Dia juga mendapatkan teman dari berbagai penjuru indonesia dan membentuk kelompok yang disebut sahibul menara(karena tempat nongkrongnya di dekat menara mesjid). Hal yang menarik adalah kisah seputar pesantren madani, kegiatan islami dan pengalaman pribadi dari tokoh utama. Gaya bahasa yang digunakan santai dan mudah dipahami bagi anak SMA dan umum. Ketika membaca novel ini gw merasa iri dengan kehidupan tokoh utama novel ini. Sungguh perjuangan dengan semangat yang membara ini memotivasi gw untuk menggantungkan impian setinggi mungkin. Mantra yang paling khas dalam novel ini adalah man jadda wajada, kata-kata ini walaupun terdengar sepele namun memiliki makna yang besar bagi tokoh utama novel tersebut. Siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil, gw juga ingin mantra itu bermakna bagi gw. Bila kita sungguh-sungguh mengerjakan sesuatu, insya Allah akan berhasil. Bacalah novel ini dan lo akan termotivasi untuk jadi lebih baik dan berguna dalam hidup di dunia ini :-)

kata tokoh terkenal mengenai novel negeri 5 menara

andy-20noya-small2 Andy F. Noya, host talkshow KickAndy
“Kisah inspiratif dengan selipan humor khas pondok. Jarang ada novel yang bercerita tentang apa yang terjadi di balik sebuah pondok yang penuh teka -teki. Buku ini sarat dengan vitamin bagi jiwa kita.”

habibie-pemiluindonesiacom
BJ Habibie
"Novel yang berkisah tentang generasi muda bangsa ini penuh motivasi, bakat, semangat, dan optimisme untuk maju dan tidak kenal menyerah, merupakan pelajaran yang amat berharga bukan saja sebagai karya seni, tetapi juga tentang proses pendidikan dan pembudayaan untuk terciptanya sumberdaya insani yang handal."






Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...