Friday, June 29, 2012

Menentukan jurusan kuliah

assalamualaikum wr wb

yap alhamdulillah gw naik kelas 3 dan tentunya teman-teman seangkatan naik ke kelas 3. Tentunya kelas 3 ini sangat berbeda dengan kelas 1 dan 2 karena kita akan dihadapkan dengan berbagai macam ujian dan try out untuk menentukan masa depan kami yaitu masa kuliah.

Kebanyakan sekarang banyak yang galau akan 3 hal, 
yang pertama kelas 12 sekelas ama siapa. Oke ini sebenernya ga perlu digalauin, kalau kita adalah orang yang terbuka dan ga memilih-milih teman, mau di kelas manapun kita akan nyaman, lagian kelas 3 udah ga ada ekskul lagi jadi setiap anak kondisinya sama, yaitu fokus ke ujian. Intinya santai aja untuk masalah teman di kelas 3

yang kedua masalah bimbel, bimbel dimana dan bagaimana. Kalau menurut gw ikut bimbel itu harus sesuai dengan esensinya yaitu untuk mencari ilmu. Kadang gw sendiri salah mengartikan bimbel karena gw berniat ikut bimbel buat ngisi waktu luang karena sudah ga berekskul lagi. Nah itu hal yang ga boleh dilakukan karena niatnya aja udah salah -__- selain itu pilih bimbel yang pas dengan kita, misalnya pengen ngerjain soal-soal yang susah bisa milih NF, pengen bisa konsultasi sebebas-bebasnya ya MP dan lainnya. Lalu saran gw kalau bimbel di satu tempat aja, jangan sampe 2 bimbel karena menurut gw itu bakal ga efektif, misalkan gw bimbel di NF selasa kamis terus di mp senin rabu jumat, kapan gw punya waktu untuk diri sendiri? pulang sekolah terus ke bimbel terus nyampe rumah tepar, apakah masih ada tenaga untuk mengerjakan tugas atau belajar lagi? pasti udah lelah, jadi menurut gw memilih bimbel harus sesuai kebutuhan dan bijaksana agar ga menyesal nantinya

yang ketiga adalah masalah yang paling penting, yaitu jurusan kuliah, akhir2 ini orang tua dan teman sering bertanya, "kamu ntar kuliah mau masuk mana" alhamdulillah sementara ini gw udah memiliki jawaban yaitu "Teknik Elektro UI" yap walau masih galau apakah itu pilihan paling tepat atau bukan, pengen juga rasanya kuliah di STEI ITB tapi gak yakin bakal diizinin ama orang tua, secara orang tua gw adalah alumni UI dan pasti ga mau gw ga di UI. Oh iya postingan kali ini mau ngasih tips buat temen-temen yang masih galau buat penjurusan hehe walau pun gw juga masih galau -__-

1.Cari Minat
Minat adalah yaaaang paling penting dalam pemilihan jurusan karena itu akan menentukan bagaimana kondisi kuliah nantinya, langsung ke cerita aja yak, misalnya si X sangat menyukai otomotif, paling seneng lihat pameran mobil, kalau ke bengkel ga bisa diem, kira-kira si X minatnya ke mana? jelas ke otomotif dan menurut gw akan sangat bagus kalau si X masuk teknik mesin dimana dia akan mempelajari tentang otomotif lebih mendalam. Kalau gw sendiri suka pas pergi ke elektronik solution, elektronik city, kagum gitu lihat berbagai macam barang elektronik. Pengen aja suatu hari nanti bisa membuat barang elektronik hehe yak lihat iron man suatu saat nanti mungkin aja gw yang bikin*eh.

2.Tingkatkan Kemampuan
pengen tapi ga ada usaha ya sama aja boong, pengen bisa main bola tapi gamau latihan ya mati aja sana. Sama aja kayak kalau pengen masuk kedokteran tapi pas diambil darah ga berani lihat jarum suntiknya*gw banget. Atau pengen masuk teknik sipil pengen bangun infrastruktur tapi ga mau belajar kalkulus. Wajar kalau awalnya ga bisa tapi bukan berarti selamanya ga bisa, setelah menemukan minat cobalah cari tahu hal apa saja yang dibutuhkan untuk memenuhi minat itu. Contohnya kayak gini(maaf ga bahas semua --v)

Kedokteran dan kedokteran gigi, ga boleh jijian, kuat menghapal, modal dari sma itu ga boleh benci biologi

Teknik, wajib bisa kalkulus karena semester 1nya pasti ada mata kuliah kalkulus, coba apakah dirimu cukup memahami konsep limit, difrensial dan integral? jika sudah siap insya Allah gak kesulitan di teknik, selain kalkulus untuk teknik harus menguasai logika, fisika dan kimia, proporsinya tergantung jurusan apa yang dipilih.

MIPA, yaa tergantung jurusan apa yang dipilih, kalau jurusan matematika ya harus suka matematika. Yakali ada yang benci matematika terus milih jurusan matematika, sesuatu banget yah -__-

gw sendiri memilih teknik, gw ga mungkin di kedokteran yang ada DO di semester 1 dah, insya Allah matematika dan fisika gw cukup buat bertahan hidup di teknik. Tapi entah dengan kimia -__-

3.Cari Info Kampus
zaman sekarang mah cari info gampang, tinggal buka om google juga jadi. Cari tau ada fasilitas apa aja di kampus tersebut, lihat biaya pendidikan, mata kuliah dan segalaaaa info. Misalnya kalau gw pengen jadi anak elektro UI, gw harus tau kalau gw masuk elektro itu gw belajarnya apaan aja, ya misalnya rangkaian elektronika, matematika diskrit, aljabar liner. Dulu pernah mikir teknik kimia sih tapi karena ada mata kuliah kimia organik dan gw males hapalin jadi ogah. Lalu cari juga tuh gedung elektro ui kayak gimana, labnya lengkap apa enggak, kantinnya enak apa enggak. Selama ini baru pernah ke UI dan UGM, kalau dari lokasi dan kondisi sih enak UI karena luas dan nyatu antar fakultas, tapi gw belum bandingin sama ITB. Iya jangan lupa untuk membanding-bandingkan dahulu dengan kampus lain agar tau apa kekurangan dan kelebihan PTN yang kita inginkan. 

4.Kunjungi Langsung
udah tau minat, udah tau kemampuan, udah punya info sekarang harus survey alias kunjungin kampusnya, kita harus tau gimana kondisi bangunan dan ruang kuliah kita nanti, dapetin dan rasain feelnya kalau kuliah gimana ntar, kunjungi langsung bisa melalui bedah kampus gitu atau gak iseng-iseng main hehe yang penting udah tau kondisi kampusnya gimana

5.Belajar dan Berdoa
yang terakhir adalah belajar dan berdoa agar kita bisa diterima di ptn dan jurusan yang kita minati. Paling susah sih bagian belajarnya, berdoa tapi males belajar ya wassalam zzz.

Ya ini aja sedikit tips dari gw yang belum berpengalaman wkwkwk moga temen-temen ga galau lagi milih jurusan hehe oh ya ikut BKUI 13 juga ya gw juga ikut soalnya :D

wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...