Tuesday, October 18, 2016

YSEP Tokyo Institute of Technology - Hippo Family Group Home Stay Program

Homestay Program

Assalamualaikum wr wb

Menjadi mahasiswa asing di negara Jepang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah dapat mengikuti program home stay. Program home stay secara singkat yaitu menginap di rumah keluarga orang Jepang. Program ini sudah di email ke anak-anak YSEP ketika masih ada di negara asalnya dan jumlah yang bisa mendaftar itu terbatas, hanya setengah dari total anak YSEP. So pelajaran pertama, kalau dapet email cepet bales dan jangan kelamaan mikir. Okey lanjut ceritanya, homestay program kali ini diadakan oleh Hippo Family Group. Secara gampangnya, Hippo Family Group itu terdiri dari orang-orang yang menyukai budaya-budaya negara lain dan sering berkumpul untuk belajar dan berbagi bersama. Mereka sangat senang saat bertemu orang asing dan bahkan mereka bisa mengucapkan beberapa kalimat dasar dalam bahasa Indonesia hehe.

Orientasi 

Hari Selasa tanggal 27 September, jadi sebelum kita nginep. Kita kenalan dulu sama Hippo Family Group. Pas gw dateng ke ruangan, 15 menit lebih cepat, gw langsung duduk ke dalam grup kecil. Disitu gw kenalan sama member family grup dan kita saling menceritakan tentang diri kita masing-masing. Gw seneng pas tau mereka bisa ngenalin diri pake bahasa Indonesia hehe. Lalu tepat pukul 10, mulai sesi perkenalan. Perkenalannya menggunakan berbagai macam bahasa, ada Indonesia, Cina, Thailand, Perancis, German, Turki, Taiwan, dll. Kagum aja wkwk mengingat orang Jepang ngomong bahasa Inggris aja biasanya udah gemetaran duluan. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari kita. Selanjutnya, hari itu diisi dengan games-games menarik dengan lagu yang dibawakan dari berbagai negara. Salah satunya adalah lagu "rasa sayange". Lalu ada juga penampilan-penampilan kocak lainnya, dan gw berkesempatan menyanyikan lagu doraemon pake bahasa Indonesia, yang bikin senengnya adalah mereka semua menikmatinya dan sangat mengapresiasi nyanyian gw :") 


Sesi Orientasi
Hari Pertama Home Stay - Welcome Party

Sebelum kita pergi ke rumah homestay masing-masing, kita dikumpulin dulu di Ookayama Kampus tepatnya di West 1 Building, Disana kita kenalan sama keluarga homestay masing-masing, sebelumnya kita udah dikasih kertas informasi mengenai calon keluarga home stay kita, jadi kita bisa email-emailan terlebih dahulu hehe. 

Keluarga home stay gw bernama Kawamura. Terdiri dari 6 orang yaitu kakek, nenek, ayah, ibu dan 2 orang anak, 1 laki dan 1 cewe. Pertama kali kenalan sama sang ibu, tomoko-san yang sangat ramah dan semangat belajar bahasa indonesia. Yang unik dari keluarga ini adalah sang bapak tidak asli jepang, melainkan orang korea hehe bernama byunghoon-san. Doi dulunya kuliah di Universitas Tokyo, pinter banget berarti wkwk. Anak-anaknya masih kecil, yang laki namanya yujon berumur 7 tahun sedangkan yang cewe, yuri baru berumur 5 tahun. Waktu pertemuan di West Building, mereka membuat tulisan "Selamat Datang Fariz Azhar Abdillah" dengan gambar-gambar lucu disekitarnya. Senang wkwk disambut begitu hangat. Salah satu hal kocak yang terjadi adalah tulisan di baju gw. Gw memakai baju yang ada tulisan Indonesia nya dalam katakana, lumayan susah buat nyari baju kayak gini di Indonesia dan gw emang sengaja nyari baju macem ini buat dibawa ke Jepang. Namun gw baru sadar kalau tulisannya bukan In do ne si a tapi I so do ne si a wkwkwk. Buat orang awam, katakana -n dan so terlihat sama, tapi pas dilihat ama orang jepang, mereka langsung ketawa-tawa wkwk. Berkat baju ini pula, banyak orang Jepang yang ngajak foto bareng. Jadi pelajaran kedua, beli lah baju yang ada tulisan katakananya, dijamin orang jepang bakal gembira parah.


Kawamura no Kazoku

Jadi kakak yang baik, nemenin main Lego
Setelah foto bersama seluruh anak YSEP dan Hippo Family Grup, kita memulai perjalanan ke rumah keluarga masing-masing. Awalnya gw kira bakal naik kereta, soalnya temen-temen gw menuju stasiun, ternyata keluarga gw ini tajir wkwk (tajir ga bisa di google translete). Kita ke rumahnya naik mobil, iyap mobil pribadi wkwk. For your information, di Jepang kriteria orang tajir adalah punya rumah sendiri(bukan tinggal di apartemen) dan punya mobil(disini pajak mobil mahal bener). Padahal di Indonesia punya rumah sendiri dan mobil sendiri sudah tergolong umum. Sebelum sampai di rumah, kita berbelanja dulu. Katanya jam 5 bakal ada pesta gitu dan bakal ada member hippo family group lain yang bakal dateng. Sampai dirumah, gw kenalan sama kakek, Koji-san dan nenek, Susu-san. Susu-san lagi masak saat itu dan masakannya banyak banget hehe. Kemudian gw bermain sama Yujon dan Yuri-can. Awalnya mereka malu-malu tapi lama-lama makin brutal ke gw wkwk. Awalnya kami main UNO tapi karena Yuri-can ga bisa mainnya alias semua kartu diambil, akhirnya kita main Lego di lantai 3(rumahnya sampe lantai 3 loh).
Bermain UNO
Terus tanpa sadar udah jam 5 sore, kita pun turun dari lantai 3 dan gw pun kaget.

Gimana gak kaget ngeliat meja makan sudah penuh dengan berbagai jenis makanan wkwkwk. Selama tinggal di Jepang sebulan itu belum pernah disambut dan disediain makanan seenak itu :) Lalu berturut-turut sampai jam 6 jumlah tamunya nambah dan total ada 17 orang termasuk gw hehe rame parah. Setelah puas makan, gw diajak main origami sama yujon dan yuri, disitu gw ngajarin mereka cara membuat balon. Abis itu gw dikasih tau sama tomoko-san kalau besok mau ke kamakura wkwk. Ga nyangka diajak jalan kesana soalnya agak jauh buat jalan kesana. Lalu kita berdiskusi tentang jadwal, sambil gw mengajari bahasa Indonesia dan tomoka-san dan susu-san mengajari gw bahasa Jepang. Menurut gw, itu adalah cara paling efektif dalam belajar bahasa jepang, dalam kelompok kecil 2-4 orang dengan native dan langsung tanya jawab. Soalnya kalau dalam kelas kadang dosennya kecepatan hingga akhirnya kesulitan sendiri. Berikutnya gw dipersilahkan buat "ofuro" di kamar mandinya. Ada kali setengah jam gw berendam wkwk. Setelah itu baru tidur 

Kamar Mandi Orang Jepang dengan Smart Heater System
Hari Kedua Home Stay - Trip to Kamakura


Hari kedua homestay, rencana buat hari ini adalah pergi ke Kamakura. Letaknya cukup jauh dari Tokyo. Jadi dari Tokyo terus ke arah bawah lewatin Yokohama terus kebawah lagi. Disini terkenal sama Patung Budha Raksasanya. Perjalanan dibagi menjadi 2 rombongan, Byunghoon-san, Tomoko-san, Yujon dan Yuri-can berangkat naik mobil. Sedangkan gw dan susu-san naik kereta. Mobilnya gak muat berenam wkwk. Kalau di Indonesia mobil buat berenam bisa dipaksain buat ber10 kali (pas dulu jalan ke dufan ama winner contohnya). 

Sampai di Kamakura, gw bertemu lagi dengan member Hippo grup lainnya yang juga teman dari susu-san. Kemudian kita bertemu kembali dengan Byunghoon-san dan keluarga. Pertama kami jalan menuju kuil, sepanjang jalan kesana banyak sekali tempat makanan tradisional. Gw pun dibeliin osenbe khas daerah situ. Kemudian kita pun masuk ke area kuil, disana banyak anak-anak yang memakai kimono, baju khas jepang gitu. Katanya perayaan anak yang berumur 3,5 dan 7 tahun. Gw pun sempet foto bareng sama anak perempuan berbaju kimono disana. Lalu sampai di Puncak Sumu-san beribadah dan gw melanjutkan berfoto-foto ria. Setelah itu kami makan siang di restoran italia, pas lihat harganya shock aja, spageti biasa aja 1080 yen. Selama ini makan sushi sampe 8 piring aja ga nyampe 1000 yen wkwk. Untungnya ditraktir :") makanan termahal yang gw makan disana tuh. Oiya sebelum makan, gw solat dulu di rooftop bangunan itu. Untungnya orang jepang itu baik, mereka toleransi sama gw yang mau beribadah hehe.
On the way








Setelah makan siang, kita pun berpisah dengan susu-san dan teman-temannya. Gw bersama Byunghoon-san, Tomoko-san, Yujon dan Yuri pergi menuju patung budha raksasa dengan mobil. Tempatnya rame banget terutama banyak turis asing. Karena tempat ini memang terkenal hehe.




Niatnya pengen update foto ini di instagram, cuma sejak negara api menyerang, gw jadi perfeksionis sebelum memilih foto dan melakukan filter. Dan akhirnya malah gajadi wkwk. Oke skip. Setelah puas berfoto ria, kita pun makan es krim bareng(lagi-lagi ditraktir). Ga cuma itu, gw juga dibeliin oleh-oleh biskuit dari toko yang terkenal di Kamakura. Parah baik banget wkwk. Terlebih lagi, setelah lelah seharian pergi, gw dianterin naik mobil sampe ke depan dorm gw :") Belum pernah menerima perlakuan sebaik itu selama di Jepang selain di program home stay ini.

Terima kasih banyak buat Hippo Family Group dan juga buat keluarga Kawamura-san. Terima kasih atas pengalaman tak terlupakan ini. Semoga kita bisa sering berkumpul dan berjalan-jalan bersama lagi hehe



Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...