Sunday, October 22, 2017

Seeds for The Future 2017 - Graduation, Hongkong and Good Bye China

Postingan ini ditulis tanggal 22 Oktober 2017, tepat sebulan setelah graduation dari program seeds. Ceritanya gw abis dateng ke Bandung, ada wisuda sahabat gw dan disana gw juga meet up sama hozi sekalian nginep dikosannya. Ketemu ozi jadi bikin keinget lagi masa-masa seru itu dan gw memutuskan untuk lanjutin tulisan yang udah tertunda, munpung perjalanan bandung depok bisa lebih dari 3 jam wkwk.

22 September 2017
Pagi itu gw bangun dengan perasaan antara senang, deg2an, sedih dan galau. Kalau gw jabarin satu2, senang gara2 gw masih di shenzhen ikutin program kece bareng keluarga ceria, deg2an karena siangnya bakal ngasih speech sebagai perwakilan delegasi indonesia sekaligus ayahnya anak2, sedih gara2 hari itu graduation day jadi besoknya dah pulang dan terakhir galau karena gw bingung setelah pulang ke Indonesia, apa yang mau gw lakukan dan mau gw kejar.

Seperti biasa kita sarapan pagi itu di restoran lantai 1, ditemani musik ala restoran sampe kita apal. Setelah makan, jalanlah kita menuju kampus Huawei untuk mengikuti ujian tentang teknologi Huawei dan eNode B. Sejujurnya ujian itu piece of cake, ga kerasa gregetnya karena selain open book, ga ngaruh ke apa2 juga, kita pasti bakal dapet penghargaan. Yang ada di sela2 ujian, kita latihan gerakan tarian, selain itu gw juga latihan speech.

Kalau kata temen-temen gw, gw kalau ngomong datar. Gw ga tau sih datarnya gimana tapi gw latihan terus biar speech gw ga fail2 amat. Selesai ujian open book, kita semua dibawa ke tempat graduation. Sesuai dugaan gw, disana banyak media serta photographer pro dengan kamera segede gaban dan koleksi lensa yang komplit. Kadang gw mikir abis lulus jadi photographer aja kali ya. Hmm lanjut ke graduation ceremony, karena gw ngasih speech, tempat duduk gw dipisahin dari temen2 gw yang lainnya. Walau agak sedih ga bisa ngobrol bareng keluarga cemara, gw akhirnya ada kesempatan buat ngobrol sama teman sesama perwakilan dari Austria, Burkina Faso dan Turki. Selain itu di meja gw ada orang-orang penting seperti VP Huawei, Director utama dari seeds for the future program, bu yunny dan perwakilan media-media Indonesia. Gw memilih ngobrol sama temen dari Turki karena menurut gw dia yang kondisinya paling sama dengan gw yaitu speechnya bakal b aja. Sesuai dugaan wkwk speech dari perwakilan Austria dan Burkina Faso luar biasa panjang dan bagus, gw sempet grogi tapi akhirnya giliran gw dateng juga.
Momen itu adalah pertama kalinya gw ngasih speech di depan orang-orang hebat dan juga pake bahasa Inggris. Di satu sisi gw merasa terbebani tapi disisi lain gw juga merasa tertantang dan akhirnya gw menyelesaikan speech gw :)

Selesai speech, rasa deg2an gw berkurang 70 persen. 30 persennya lagi adalah di penampilan tari dinding badinding yang udah kita latih bareng-bareng sejak di Shenzhen. Kalau boleh sombong dan karena ini blog gw jadi boleh sombong, penampilan dari Indonesia adalah yang paling niat dibandingkan negara lain. Austria dan Turki memberikan persembahan berupa lagu tapi beberapa orang bahkan ga hapal teks lagunya dan baru menentukan H-1 malem, sedangkan Brukina Faso memberikan persembahan berupa nyanyi dan joged. Lumayan seru tapi gerakannya b aja. Sedangkan untuk persembahan dari keluarga cemara, kita sudah diskusiin di grup sebelum kita ketemu, udah nentuin jenis tarian dan siapin properti buat tari. Tentu hal ini ga lepas dari bu yunny yang manas2in kita dengan penampilan taun sebelum2nya, di momen lain yona juga manas2in gw dengan penampilan timnya. Taun lalu itu nampilin video, trus ada tarian juga tapi gerakannya bikin sendiri dan nyanyi lagu indonesia pusaka. Taun ini dikasih tau kalau maksimal 1 negara cuma dikasih waktu 5 menit, jadinya kita memutuskan buat 1 menit video dan 4 menit tarian.

Di malem-malem sebelumnya gw dah bagi keluarga cemara untuk beberapa tugas, tim tarian yaitu danur, gemi, ozi dan shab. Mereka bertugas menentukan  dan mengajari gerakan tari dinding badinding lalu sisanya jadi tim bikin video, arina aini sarah dan dwipe bertugas ngumpulin bahan-bahan video lalu gw dan usman yang ngedit video tersebut sampe jam 2 pagi. Entah kenapa walau cape dan kurang tidur, gw sangat menikmati momen2 malem itu.

Akhirnya tibalah tim Indonesia untuk tampil, berikut ini adalah video yang kita tunjukkan saat itu.

Hingga post ini ditulis, belum ada postingan video tentang penampilan lengkap kita. Semoga taun depan video itu sudah diposting pihak Huawei bersamaan  dengan dipublishnya postingan ini.

Selesai sudah tarian kita, rasanya lega, senang dan puas dengan apa yang sudah kita lakukan beberapa hari ini. Pujian pun muncul dari teman2 negara lain, katanya tim Indonesia paling niat dan kompak. Thanks berat buat temen2 semua yang udah bikin gw bahagia dan bangga dengan semua ini. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian sertifikat dan foto bersama.

Setelah acara selesai kita semua dikembalikan ke hotel dan beberapa saat kemudian, kita pergi buat makan malem. Kocaknya makan malennya masakan china lagi wkwk sampai napsu makan kita udah ga kuat. Makan malem ini juga jadi farewell buat temen2 dari negara karena besoknya udah ga bareng lagi. Frankly farewell ini berasa b aja dibanding farewell gw sama temen2 negara lain pas gw ikut program exchange di Jepang. Mungkin gara2 gw ga sering interaksi sama temen2 negara lain.

Malem itu udah ga ada beban lagi alias ga perlu belajar atau latihan apa2. Jadinya malem itu rapih2in koper dan acara bebas, akhirnya temen2 kumpul  basecamp buat main bareng. Ujung2nya kita dugem ala2 dengan mematikan lampu kamar, mainin senter dan nyetel musik keras2 wkwk :") momen memalukan adalah saat tetangga warga Austria masuk ke kamar kita buat ngecek apa yang terjadi, kita semua tercyduk gila. Malem itu juga gw lepas banget wkwk miss that moment banget deh.
Pas malemnya latihan nari, difotoin ama bu yunny dan dibikin kayak gini wkwk mantep emang

nahan pipis

Jamuan makan siang pas graduation, tempat duduk gw dipisah jadinya harus berdiri

Pasca penampilan tari dinding badinding, antara seneng bahagia dan sedih karena semuanya sudah berakhir :")

23 September 2017
Hari terakhir di Shenzhen dan juga kita pergi ke Hongkong. Pesawat kita yaitu garuda Indonesia, penerbangannya akan berangkat jam 5 sore sehingga kita semua punya waktu buat explore hongkong.

Tour guide hari itu adalah nancy lagi, doi bilang kalau ditanya jangan bilang kalau nancy adalah tour guide karena ilegal hukumnya orang cina jadi tour guide di hongkong.

Itinerary hari itu adalah Victoria Peak, makan  siang dan bandara Hongkong.
Victoria peak adalah tempat terbaik di Hongkong untuk menikmati pemandangan pelabuhan, gedung  pencakar langit dan juga keseluruhan area hongkong. Nancy ngasih pilihan kita mau wisata belanja atau mau muterin jalur jogging. Of course kita udah cukup banget dengan wisata belanja dan akhirnya kita muterin jalur jogging sambil foto2 dan menikmati pemandangan. Selesai dari Victoria park, kita menuju daerah bawah buat makan siang. Akhirnya untuk pertama kalinya kita disuruh milih makanan dari menu dan dikasih budget 80 HKD perorang. Makan siang yang porsinya terbatas berasa sangat enak dibandingkan yang seabrek abrek.

Setelah  itu kita menuju bandara international hongkong. Di dalem mini bus gw ngobrol  sama bunda tentang hidup di Kyoto dan akhirnya pun tertidur hingga tiba di bandara. Dibandingkan  bandara sebelunnya, bandara ini luar biasa!!! Setelah  gw cek ternyata ini bandara terbaek  kelima di dunia. Sambil nunggu boarding time, kita solat dulu sambil menjelajah area sekitar bandara.

Akhirnya tibalah boarding time, gw mulai galau dan sedih, finally time to go home. Good bye china, hongkong, terima kasih atas pelajaran dan pengalaman selama disini

nemu air terjun mini

jalan-jalan di rute larinya victoria peak

pemandangan dari sini

efek kamera jadi terlalu byutipul

menemukan tempat bermain bocah di bandara international hongkong

efek beautification yang abnormal

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...