Thursday, August 11, 2011

jambore Iptek di Serpong

assalamualaikum wr wb

udah cukup lama gw gak ngeupdate blog gw yang hampir memfosil karena akhir-akhir ini ga ada hal seru atau sedih yang pengen ditulis. Tapi alhamdulillah 2 hari kemarin menjadi salah satu hal yang menyenangkan di bulan Ramadhan ini. 2 hari kemarin gw mengikuti kegiatan jambore iptek di kawasan puspitek serpong. Mumpung kejadiannya baru kemarin gw tulis aja keburu lupa oleh waktu

jadi pas hari kamis minggu lalu pas lagi pelajaran deden yang membosankan, tiba2 ada interkom yang memanggil nama-nama beberapa orang. Bocin sih bilangnya itu tentang jambore gitu. lalu disebutin nama2 anak2 OSP kayak bang dio, deliana, ulil, hafid, dll. Trus rada kaget pas nama gw disebutin padahal gw kan ga lolos, eh ternyata endi bawang juga disebutin. Lalu dikumpulin ke alwusto, entah kenapa cewek2 seneng banget main ke alwusto sampe foto2. then bu rusika dan bu rini dateng ngejelasin teknisnya gimana. Ternyata yang ikut memang dicampur, bukan cuma anak2 SC doang tapi ada anak KIR dan Focus. 

Pas hari Hnya, habis sahur dan solat subuh gw ga tidur dan beberes buat berangkat. Lalu nyampe sekolah jam 6 lewat 5 menit(ngaret 5 menit dari jam seharusnya) sialnya bawang udah dateng lebih duluan sehingga dia ngecengin gw ngaret, lambat dll -___- ternyata ngaret 5 menit gw ini ga sebanding sama ngaretnya temen-temen yang lain. Bahkan (bang)ulil yang BOSnya SC pun ngaret sampe kurang lebih setengah jam. yang paling ngaret itu ka riri jam 7 kurang baru dateng, tau gini mendingan berangkat seperti biasa seperti mau ke sekolah. Berkat kejadian kayak gini dapet 2 hikmah, pertama kalau ngaret jangan 5 menit, sejam aja sekalian toh juga ditungguin dan kedua, ketua-ketua itu sering ngaret kalau mau ada perjalanan bareng, udah terbukti dari 3 kegiatan yang gw ikutin(Jfest UI, TA dan kegiatan ini). Bisnya ya ukuran sedeng gitu, pas berangkat gw duduk dibelakang disamping reyhan bang dio. Kocaknya selama perjalanan disetel lagu-lagu galau yang bikin suasana pagi yang harusnya semangat jadi menggalau, terutama lagu JODI yang maksudnya jomblo ditinggal mati -__- ga ada gitu lagu yang semangat bertema persahabatan atau semacamnya. Itu malah lagu dengan tema jomblo, kesetiaan, selingkuh dll. Karena gatau lagunya banyak yang ga nyanyi deh sementara gw diam menahan SS.

Sekitar jam 8an lewat baru nyampe dan tempat yang paling gw cari tentu saja toilet haha. Berikutnya pendaftaran ulang peserta dan sedihnya nama sekolah gw bukan SMAN 1 Depok tapi ditulis SMKN 1 Depok -___- dan MCnya sepertinya menjelek2kan kata depok sendiri.Awalnya duduk bareng anak2 smansa tapi akhirnya kami disebar menjadi beberapa grup. Kebetula grupnya diberi nama rasi bintang seperti nama-nama kelas MOPD.Gw mendapatkan grup Centaurus yang mentornya adalah ka Andika. Lalu kenalan dengan anak2 dari berbagai SMA seperti sma 28, 81, 2 bekasi, 2 tangsel, SMAKBO. Lalu ada juga anak Swiss (sma 4 depok) yang namanya Disa, kasihannya dia jenis kelaminnya ditulis P padahal dia laki wkwkwk. Ternyata dia juga kenal dengan rega dan jendral yang teman kelas 9 gw. Ternyata dunia ini sempit.

Kegiatan pertama kami adalah membuat roket air, buatnya sih gampang asalkan alat-alatnya udah tersedia seperti kemarin tinggal dirakit doang. Membuatnya pakai 2 botol pepsi dan beberapa peralatan lainnya(silahkan cari sendiri di google). Tapi pas mau bikin ada temen baru gw, Alfar botol pepsinya belum dikosongin -___- akhirnya pepsinya dibuang entah kemana tapi sayang banget dibuang. Membuat roket air ga sampe 15 menit udah jadi. Tapi sayang punya gw ga diluncurin karena hanya 7 buah yang diluncurin untuk pembukaan. Kebanyakan roket air bergerak seperti parabola(keinget fisika dan bu tanny) dan ada juga yang gerakannya kebelakang jatuh ngesot trus terbang lagi.

Setelah itu dilanjutkan dengan seminar mengenai SNI atau standar nasional indonesia. Rada2 aneh juga ada seminar SNI di kemah iptek ini tetapi berkat pembawa materinya yang lucu jadi tertarik untuk melihat presentasinya. Pas pemberian pertanyaan udah beberapa kali ngangkat tangan tapi ga ditunjuk T_T ucup aja maju ke depan buat jawab pertanyaan dan dapat kaos SNI. Rada iri tapi yaudah bukan rezekinya. Pas selesai presentasi, ketemu dengan ucup dan gw bilang "ciee dapet kaos SNI" terus ucup malah menawarkan kaosnya buat gw, tanpa malu-malu langsung gw ambil deh hahaha alhamdulillah dapet kaos gratis(lagi) katanya ucup sih dia gamau kaosnya gara2 takut ngeberatin barang bawaannya. Alasan yang cukup logis mengingat tas gw jadi semakin penuh dengan kaos

Bersama 10 orang cowo yang lain, (bang) ulil, (bang) dio gendut, (bang) dionya febi, bang rizkirud, bawang, reyhan, hafid, ucup, audy dan endi pergi ke mesjid yang jaraknya cukup jauh buat solat zuhur. Di jalan bawang yang selalu tijel seperti biasa ngedorong-dorong gw. Ada saat pas gw hafid dan reyhan pada satu garis yang lurus sehingga pas bawang dorong gw, gw ngedorong hafid dan hafid ngedorong reyhan sampe hampir jatuh-___- sampe diketawain anak-anak sma lain. Bawang emang bikin sial mulu yaa wkwk. Nyampe di mesjid yang cukup besar dan nyaman langsung ada pikiran "mendingan tidur dimasjid daripada di tenda yang panas" emang nyaman sih setelah solat juga tidur2an di mesjid dulu sebelum kembali ke tempat pertemuan. Andaikan alwusto juga sebesar itu, pasti nice banget dah.

Acara berikutnya seminar mengenai nanotech. Ini acara bagus karena infonya mengenai sains bidang nano, teknologi dan rekayasa mengenai bedan dengan ukuran 1-100 nanometer, sebesar rantai dna. TAPI SANGAT DISAYANGKAN, acara selanjutnya adalah PENYAMBUTAN PRESIDEN YANG GAK BERGUNA. gara2 menyambut presiden, acara nanotech terpaksa dihentikan padahal masih banyak yang ingin disampaikan pemberi materi. Kita anak2 dari berbagai sma diperlakukan seperti boneka yang di istana boneka yang senyum melambai2kan bendera. Kurang lebih menghabiskan 1 setengah jam untuk menyambut presiden yang lewat di depan kami tak sampai 15 detik. Pengen deh rasanya waktu itu ngelempar batu -___-

menurut acara, dari jam 4-5 itu istirahat terutama mandi  dan solat dan 5-5.45 itu ada tausiyah. Tapi acaranya malah kacau, baru balik dari tempat nyambut presiden jam setengah 5an dan mandinya ngatrinya lama karena kamar mandinya di masjid cuma ada 5 untuk cowonya. Akhirnya baru balik mandi sekitar setengah 6 dan tausiyahnya juga 3 menit sebelum azan magrib. Pas magrib kan biasanya doa buka puasa langsung glek makan, tapi pas kemarin itu nguji kesabaran juga. Udah azan magrib terus doa dulu dipimpin ustad dan doanya cukup lama sehingga buka puasanya telat 5menitan setelah azan -__- lalu setelah berbuka pergi ke mesjid buat magrib. Habis solat karena masih males buat balik ke aula, tidur2an dulu di paha endi. entah kenapa tidur di badan endi yang enggak empuk jadi inget tidur di badan sarfan, bantal hidup ternyaman gw di smansa. Keasikan ngobrol sama Endi akhirnya sampe azan isya dan akhirnya solat isya dan tarawihnya di mesjid, harusnya di aula sama peserta jambore yang lainnya. 

Acara selanjutnya stargazingg atau lebih tepatnya ngelihat bulan yang kadang2 ketutupan awan. Ngelihat sekali lewat teleskop dan bulannya jadi kelihatan gedeee ^^(pertama kali pake teleskop agak nora gitu) lalu ditambah penjelasan astronomi yang berasa fisikanya banget. Pasti hafid ulil salma dengerin penjelasan ini seneng sedangkan gw bingung. Lalu dilanjutkan dengan membuat pesawat dari plastik dan sedotan. ga nyangka dari sedotan bisa bikin rangka pesawat yang terbangnya cukup lama. tapi sayangnya pas diterbangin plastiknya copot jadi rusak. Setelah itu acarannya selesai dan disuruh tidur di camp masing2. Tapi ga mungkin anak2 pada langsung tidur. Anak2 smansa pada duduk di rumput duduk ngelingker sambil bagi2 makanan dan mainan. Tapi ga nyampe setengah jam kakak mentornya dateng nyuruh tidur. Iya sih ga kerasa udah mau jam 12 malem waktu itu. Kembali ke tenda pun ga bisa langsung tidur gara2 ulil, dio dan bang kirud berisik ngelihatin hape(gw gatau mereka lihatin apaan) dan ucup dari tenda sebelah berisik banget. Buka twitter bentar dan ngelihat audy ngetweet kalau endi kentut juga bikin ngakak. Pas baru mau tidur, gw juga baru sadar temen2 secamp gw minimal anak OSP dan gw satu2nya yg ga lolos OSK T_T.Daripada kecapean besoknya akhirnya maksain tidur, baru mau pindah ke alam bawah sadar sama reyhan ditendang2in -___- trus kebangun lagi dan mencoba tidur lagi.

Hari Kamisnya, bangun jam 3 lalu makan sahur di aula dan pergi lagi ke mesjid untuk tidur2an sampai azan subuh. Solat subuh lalu tidur sebentar lagi sampai jam 7an. balik ke camp ternyata anak2 lagi pada senam. Lalu dilanjutkan dengan acara yang seru yaitu outbond dengan grup centaurus. Awalnya main dengan spider net. Harus pindah ke sisi sebelah jaring tanpa nyentuh talinya. Ada rasa takut gitu pas diangkat sama temen2 ngelewatin jaring, ya takut tiba2 lepas trus jatuh kepala duluan. lalu ngelanjutin dengan lempar bola air ke sasaran. Pas ngelempar bolanya, malah ga masuk dan pecah. Tenyata airnya berwarna sehingga bisa mengotori baju, gw curiga kalau jangan2 itu air dari pepsi yang kemarin dibuang. Lalu yang terakhir itu memindahkan air ke dalam paralon atau lebih enak disebut perang air. kakak2 mentornya malah ngelemparin bola air ke badang. Bajunya audy sampai berubah warna gara2 kena timpuk bola air.

Selesai outbond, mandi dan beres2 tas kita berangkat menuju BATAN(badan tenaga nuklir nasional). Sebelum kunjungan ke dalam ada presentasi mengenai radiasi dulu, walau belum mempelajari reaksi fisi tapi jadi ngerti duluan mengenai reaksi tersebut setelah dijelaskan oleh pemateri. Ketika sesi tanya jawab terlihat 2 perbedaan besar antara jenis pertanyaan anak smansa dan smakbo. Ucup betanya tentang pengaruh radiasi terhadap biji dalam mangga, endi bertanya seberapa pentingnya indonesia mengembangkan PLTN sedangkan 2 anak smakbo bertanyanya mengenai proses penyinaran sinar alpha betta ganma, lama penyinaran dan proses penyinaran. Extrem banget pertanyaannya entah sudah sejauh mana pelajaran kimia yang mereka pelajari di SMAKBO

lalu kami masuk ke dalam gedung reaktor serbaguna, disana kami hanya pergi ke ruang kendali padahal gw  pengen bgt megang reaktornya. Pas disana gw juga merasa bego sendiri, endi antusias nanya, reyhan juga bisa jawab pertanyaan tentang konduktivitas, bahkan dio EC aja yang anak IPS nanya2 juga. Nah gw malah bengong di ruang kendali ngelihat sana-sini. Kesimpulannya gw cocok di teknik nuklir. Setelah itu pindah ke tempat berikutnya yaitu pameran sains dan iptek, ini jauh lebih seru daripada berada di BATAN. banyak sekali benda-benda menarik seperti harpa tanpa dawai, angklung yang bisa dimainkan dengan tombol, percobaan dengan nitrogen cair, jam air dan jam matahari. Lalu yang paling keren adalah mobil listrik yang seperti mobil balap. Sayang ga dapet fotonya karena hape udah lobet. untung hape bawang masih ada sisa dikit jadi bisa minta fotoin deh. 

Habis dari sana kembali ke aula dengan tenaga yang udah tinggal dikit. Di aula masih ada aja presentasi tentang batik. Karena banyak yang ga tertarik akhirnya kita malah ngomongin calon ketua SC dan berbagai hal yang ga jelas.trus dikasih juga angket kepuasan, dipertanyaan nomer 4 disuruh nulis saran untuk acara ini, dan gw nulis "tolong dihapus acara penyambutan presidennya karena itu membuang banyak waktu" kata temen2 gw tulisan gw frontal banget, temen2 yang lain juga gak suka dengan penyambutan itu tapi menulisnya dengan bahasa yang lebih halus. biarlah frontal sekaligus menguapkan kekesalan. udah gitu menurut jadwal harusnya jam 3 selesai, tapi selesainya baru jam 4. Cukup bikin kesel karena gw pengen ke LIA buat pt, tapi rasa kesal itu terbayar oleh selembar amplop berisi kertas bewarna merah dengan 6 buah digit angka. Akhirnya jam 4 lewat kembali ke bis dan pulang menuju depok. Acara ini memang sangat melelahkan apalagi karena sedang berpuasa namun ini pengalamannya sangat berharga hehe sekalian juga bisa cabut 3 hari tak ketemu pa deden dan pa aryo. Semoga aja taun depan bisa ikut acara beginian lagi amiin

wassalamualaikum wr wb



Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...