Sunday, September 11, 2011

Bayangan kehidupan ketika menjadi mahasiswa

assalamualaikum wr wb


waktu berjalan dengan cepat, setuju gak dengan pernyataan gw barusan? rasanya kemarin baru kelas 10, baru bagi rapot, rasanya baru selesai mopd, baru masuk sma, baru lulus smp, baru ini baru itu. Flash back ke masa lalu yang sudah lama seakan baru dijalani kemarin. Gw sendiri gak merasa udah kelas 11 SMA padahal rasanya baru kemarin mopd smansa nyanyi lagu mopd dengan nadanya lagu armada. Dan gak lama lagi gw bakal naik ke kelas 12 dan lalu kuliaaaaah

setelah lulus sma ngapain? jadi mahasiswa tentunya(masa langsung kerja apalagi nikah -__-) dan akhir-akhir ini gw sering berkhayal, bagaimana ya kehidupan gw kalau kuliah? by the way gw sendiri belum yakin dengan jurusan yang akan gw pilih tapi gw akan coba ngebayangin satu-satu andaikan gw keterima di jurusan itu

1.Fakultas Teknik Universitas Indonesia
hm bukannya mau sombong atau apa tapi masuk teknik di UI adalah jalan teraman buat gw. Bapak gw adalah dosen di FTUI dan alhamdulillah jabatannya lumayan bagus. Selain itu biaya disini tidak semahal ITB dan ke UI itu gampang banget, kalau ke smansa dari juanda gw belok kiri, kalau ke UI ya belok kanan aja. Selain itu daerah FTUI kan di depok jadi gw udah tau banget daerah sekitar kampus gw itu gimana. Dan yang paling penting gw udah sering main ke FTUI ya karena acara kantor, iseng lewatin dan lainnya. Mungkin kalau kuliah disini suasananya ga jauh beda ketika dengan masa sma. Hidup bersama orang tua dengan nyaman lalu pergi kuliah yang letak kampusnya dekat dengan rumah. 

2.Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Kepikiran juga buat jadi mahasiswa kedokteran UI. Gw sendiri gatau kenapa akhir-akhir ini menaruh perhatian dengan kedokteran apa gara-gara gw lagi suka biologi kelas 11? agak ga ngerti tapi andaikan gw masuk FKUI. Bisa dibayangkan betapa sibuknya masa kuliah dengan yang namanya belajar. selain itu gw akan berteman dengan darah, suntikan dan mayat. Bukan mainan gw banget -__- selain objeknya yang ga cocok ama gw, letaknya menantang karena ada di salemba jadi perginya lebih jauh. Pengen coba kedokteran juga tapi sebaiknya ga usah dulu karena gw lebih cinta mtk fisika kimia daripada biologi.

3.Institut Teknologi Bandung
kemungkinan kalau ITB milih STEI. Kehidupan di Bandung bakal sangat menatang, serunya ngekos dan memiliki teman sekosan, pengalaman hidup mandiri tanpa orang tua, menjelajahi kota bandung(kan gw anak depok) lalu yang terpenting adalah lingkungan yang sangat berbeda dengan masa SMA. Ingin sih coba masuk ITB tapi jauh lebih mahal daripada UI dan gw yakin orang tua gw belum mau melepaskan gw untuk tinggal ngekos di bandung

4.Singapura-NUS dan NTU
masuk universitas di singapura pernah menjadi cita-cita namun semua menjadi hilang begitu gw berpikir kalau sekolah itu ga sekadar belajar akademis. Baca buku after orchard dan lo akan mengerti kenapa keinginan bisa kuliah di singapura menjadi hilang.

5.Eropa
dan ini adalah cita-cita dan harapan terbesar gw di dunia kuliah. Dapat beasiswa S2 dan S3 disalah satu negeri di eropa, terutama jerman dan inggris. Berharap bisa sesukse pa BJ Habibie. lalu kalau S1 lebih baik di Indonesia agar memiliki banyak teman,koneksi, pengalaman dll. 

Semoga di masa mendatang, kehidupan ketika mahasiswa diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah SWT amiiin. Semoga postingan ini bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...