Friday, September 16, 2011

referensi novel : A Thousand Splendid Suns



Assalamualaikum Wr wb

Kali ini mau mereferensikan atau menceritakan tentang novel karya khaled hosseini yang merupakan pengarang dari novel best seller kite runner. Novel ini ngambil latar ga jauh dari kite runner yaitu masih di afganistan. Bertemakan tentang perjuangan 2 orang wanita yang teraniaya novel ini membuat pembacanya merasakan pahitnya kekejaman taliban. Novel ini bisa dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan tokoh yang ada setiap bagiannya. Bagian satu fokus pada karakter bernama Mariam, bagian ke dua fokus kepada laila dan bagian ketiga bergantian antara mariam dan laila. Oke gw akan mengutip sedikit tentang novel ini.

Bermula ketika mariam, seorang anak "haram" yang berusaha mencari ayahnya. Ketika itu dia meninggalkan ibunya hanya untuk mencari ayah kandungnya yang tak bertanggung jawab. Begitu kembali dari pencarian yang sia-sia, dia menemukan ibunya tak bernyawa karena bunuh diri. Selanjutnya ayah kandungnya pun membawanya ke keluarganya namun tak mendapat perlakuan sepantasnya anak seumurnya. Ketika masih berusia remaja, ayahnya memberikan dirinya kepada seseorang untuk menikah. Penderitaannya dimulai ketika mariam menikah dengan pria tersebut. Lalu disisi lain diceritakan pula Laila yang orang tuanya meninggal karena perang di Afganistan. Di part ketiga, mereka berdua bertemu karena pria tersebut menikahi laila dan menjadikannya istri keduanya. Kehidupan mereka berdua semakin kompleks hingga terjadi klimaks yang bisa lo baca sendiri di novelnya hehe.

Novel ini gw rekomendasiin buat semua orang terutama bagi mereka yang tertarik dengan negara-negara arab seperti afganistan karena penulis menceritakan keadaan fisik afganistan dengan detail. Selain itu novel ini baik dibaca oleh kaum perempuan, karena novel ini menceritakan perjuangan 2 orang wanita untuk mencapai kebebasannya dan kemerdekaannya. Semoga posting kali ini bermanfaat. Mohon maaf bila ada kata yang salah dan referensinya masih sangat subjektif.

Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...