Friday, November 4, 2011

Matic Binus

Assalamualaikum wr wb

Setelah beberapa lama ini tidak memposting blog karena tidak ada topik yang menarik dan waktu yang cukup akhirnya kali ini bisa kembali memposting. tapi jujur aja agak bosen dengan postingan di bulan Oktober November ini. Misalnya postingan blog di bulan april itu ceria karena ada aksi, ultah dan study tour. Kalau bulan agustus atau tepatnya bulan ramadhan kemarin itu sangat mengesankan karena banyak bertemu teman-teman lama maupun teman-teman baru. Namun untuk bulan Oktober November ini lebih pas kalau disebut bulan kompetisi. Hampir tiap minggu ada aja lomba dan hasilnya .............. belum ada -__- namun itu bisa gw jadiin pengalaman dan pemanasan buat menghadapi lomba yang sebenarnya. Olimpiade sains nasional 2012. Langsung aja gw cerita tentang lomba matic yang diselenggarakan oleh salah satu kampus swasta terkeren yang pernah gw datangi, Binus University
Berawal dari pertemuan dengan ucup dan bu rusika membahas lomba-lomba dalam sebulan mendatang. Waktu itu lomba binus sempat terbengkalai dan gw hampir ga ikut karena bosen lomba mulu -__- tapi sayangnya duit lombanya sebesar 225 untuk 3 orang udah cair dan itu udah ada di tangan gw. Mau ga mau smansa harus ikut lomba itu. Karena gw udah bosen makanya gw kasih iddad lembaran pendaftaran dan uangnya, tapi iddadnya malah nolak juga, ga mau ikutan -___- akhirnya gw lagi yang ikut lomba matematika dan bingung untuk memilih 2 orang lagi. Alhamdulillah bang dika waktu tanggal 23 dan 30 bisa ikut jadi ga bingung-bingung banget nyari orang lain. Kalau nyari anak kelas 10 untuk lomba kali ini rasanya kayak masukin penduduk sipil ke medan perang, mereka masih belum punya persiapan alias niat dan keinginan. Akhirnya tersisa bawang, faris, nana, dunand. Mikir-mikir kalau mau ngajak ahmad faris, takut ntar ga bisa jagain terus dia ngilang mana lombanya jauh dan ga bawa guru pendamping, awalnya sih udah ditawarin guru pendamping tapi gwnya bilang ga usah karena ga seru kalau jalan-jalan ada guru pendamping wkwkwk. Kalau nana ama dunand masih belum juga. Akhirnya gw ngajak bawang, teman gw yang tercaper(begitulah julukannya di XI IPA 2). Alhamdulillah juga dia mau. akhirnya lengkap deh 3 orang :')

Oh iya dari semua lomba yang gw ikuti,  babak penyisihan lomba ini sangat lucu. Lucu karena dilakukan secara online dan menggunakan id dan password. Setelah mendaftar dan mengirim uang pendaftaran lomba bersama fauzan yang gendeng, akhirnya akun lomba untuk gw, bawang dan bang dika bisa diakses. Nah disini muncul masalah lagi. Di sekolah gw udah ngasih tau id dan passwordnya ke bawang. Tapi sepertinya dia lupa, karena itu malemnya gw sms dia id dan passwordnya. Dan malam itu gw baru teringat kalau bawang hapenya lagi eror -__- ga bisa baca sms dan ngirim sms grrrr. Gw online facebook berharap bawang online biar gw bisa kasih tau id dan passwordnya tapi dia kagak nongol-nongol. Duh konyol aja nih kalau dia kagak lolos penyisihan gara-gara gak ikutan penyisihan. 

Paginya tanggal 23, waktu pengerjaan soal adalah dari jam 8 sampai jam 1. Gw memulainya jam setengah 9. Licik atau enggak di samping laptop gw yang dipake buat ngerjain soal lomba udah gw siapin buku matematika, kalkulator, kumpulan rumus matematika hehe. Jam setengah 9 pun gw mulai dan begitu lihat soal nomer 1 jadi diem -___- soal dengan angka imajiner, baru pertama kali ngelihat. Karena enggak suka soalnya langsung aja gw next ke nomer 2 dan soal nomer 2 juga krik -__- masih imajiner, tapi ternyata gampang deng hehe. soal nomer 3-10 bikin pusing dan gw lewatin karena itu integral yang gw masih belum bisa -___- udah bingung banyak nomer yang gw lewat tapi untungnya soal berikutnya masih lumayan nyambunng misalnya fungsi komposisi, peluang, logaritma dan sebagainya. yang ga bisa itu dimensi 3 -__- selesai mengerjakan semampunya dan sisa 15 menitan. Baru keinget sama website super duper keren http://www.wolframalpha.com/ yang bisa jawab berbagai macam soal matematika. Akhirnya soal integral gw kerjain di website itu wkwk. soal imajiner pun tejawab. Selain itu gw juga pake microsoft word buat jawab soal. Ada soal seperti ini, "ahmad menulis angka 1 sampe 500, berapa banyak angka 1 yang ditulisnya?" bisa sih ngitung manual tapi malesnya luar biasa. Akhirnya di excel gw tulis 1-500, pindahin ke word, pake ctrl-f, replace 1 dengan x dan ada 200 kali replace haha jadi ketahuan deh ada 200 angka 1. ini namanya orang curang cerdas. Gak lama kemudian waktu ngejainnya habis dan masih ada beberapa belas lagi yang bolong tapi yasudahlah gw yakin lolos penyisihan soalnya yang lolos penyishan ada 300 orang, dan dari lomba-lomba yang gw ikuti sebelumnya belum pernah ada yang pesertanya sampai 300 lebih jadi wolay aja hehe. Tapi tetep aja bawang bikin gw ga wolay, sms gw ga di bales dan bingung mau hubunginnya gimana. Akhirnya pake jalan terakhir, gw pake aja akunnya bawang. Gw tungguin sampe jam 11 dan ternyata bener akunnya bawang belum dipake buat lomba. Gw pake aja deh daripada enggak, untungnya jawaban gw dicatet di kertas jadi tinggal ngisi ulang, selain itu beberapa soal yang ga kejawab di akun gw pas di akunnya bawang bisa dijawab berkat waktu berpikir yang lebih lama dan http://www.wolframalpha.com/ yang super duper membantu. Selesai mengerjakan soal babak penyisihan dan akhirnya bisa lega deh tinggal mikirin transportnya kesana naik apa hehe.

Hari minggu pagi tanggal 30 oktober, akhirnya bokap gwlah yang mengantar ke binus, coba ada yang nganter tapi kapan ya smansa punya mobil buat nganter yang lomba -___-. janjian di bento jam 06.00  Untungnya kali ini ga ada ucup yang bikin ngaret setengah jam haha. Bawang datengnya kecepetan akhirnya dia udah nyampe bento duluan terus dateng langsung ke rumah gw. Tumben-tumbenan bang dika waktu itu datengya ga tepat waktu haha. Jalan ke binus ga begitu ribet dan alhamdulillah nyampe tepat waktu. Masuk binus kesan pertamanya "ini mal?" ada aw nya ada iphone store ada lift dan eskalator wkwkwk. Dan disana mayoritasnya cina-cina sipit, tapi lucunya cina sipit yang pertama kali ngomong ama kita berlogat jawa haha. Kemudian kita daftar ulang dan duduk berdasarkan grupnya, gw grup 1, bawang grup 2 dan bang dika grup 10. Lagi-lagi gw melihat anak pribadi dan anak smanti di binus. Sekarang jadi hapal deh muka saingan satu kota depok -__- setelah pembukaan dan promosi tentang kampus binus akhirnya kita pergi ke ruang tes masing-masing.

Ruang tesnya di lab komputer binus, satu kata buat labnya "kereeeen" jam 9 lombanya di mulai dan alhamdulillah ya soalnya ga seimajiner penyishan. soal yang penyisihan itu terlalu jauh untuk kategori olimpiade matematika dan yang perempat final kali ini mulai mirip soal olimpiade. Setelah 2 jam menikmati soal-soalnya akhirnya kembali ke ruang pertemuan. Dihibur sama musik dan pengumumannya cepat, membuktikan kalau binus itu penuh persiapan dalam menghadapi lomba(gak kayak vektor dan pelangi yang serabutan) akhirnya tiba juga saat-saat pengumuman 50 besar. Entah kenapa gw ga setegang di UNJ dulu, waktu di UNJ pas pembacaan 40 besar gw deg2an masuk ga ya masuk ga yaa, namun kali ini gw wolay dan yakin bakal masuk 50 besar. Ternyata alhamdulillah feeling gw bener, gw lolos 50 besar hehe dan tentunya adhika juga lolos 50 besar.Tapi sayangnya bawang ga lolos 50 besar, gw jadi kasihan ama dia mesti nungguin tapi untungnya binus telah mempersiapkan seminar buat mereka yang tidak lolos ke 50 besar.

Babak semifinal ini cuma mengambil 5 besar untuk masuk ke final. Dari sebelum mulai semifinal aja gw udah yakin sama orang mana yang akan masuk babak final dan kemungkinan gw masuk final ga nyampe 1 persen(pesimis tapi realita). Pas masuk ruang tes kan berurutan ternyata masuknya berdasarkan rangking, yang bikin agak shock adalah diantara anak depok, yang tertinggi adalah andres yang sekarang anak fisika, terus rizky yang masih kelas 10, baru bang dika dan gw. Ternyata bang dika masih kalah sama andres dan dikalahin rizky, gw juga masih kalah sama saingan terberat di osk 2012 nanti -__- kemudian babak semifinal dimulai, alhamdulillah soalnya 10 isian dan 5 essaynya itu soal olimpiade namun agak aneh lagi. Kenapa soal isiannya ga susah-susah banget ya apalagi untuk ukuran anak-anak seruangan itu, soal essaynya apalagi, ada soal isian yang dijadikan essay dan seinget gw soal isian dan essaynya itu gak original karena udah ada di e-book gw wkwk. Gw jadi tau cara ngerjainnnya bahkan inget jawabannya berapa ketika baca soal essay. Tapi hal itu berlaku juga buat peserta yang lain. Gw yakin peserta yang lain juga pernah bahkan sering mencerna soal yang sama ini. 1 setengah jam berlalu. Ada kepuasan sendiri kali ini bisa ngisi lebih banyak daripada babak sebelumnya hehe. Setelah selesai kami di beri lunch box dan di beri waktu untuk solat. Awalnya gw kira binus ga ada musolanya ternyata ada deh. Sesuai dugaan gw, bawang juga ada di musola. Habis solat kita kembali ke depan, ngobrol-ngobrol sambil nungguin pengumuman final. Kali ini gw juga udah ga deg-degan karena udah yakin ga masuk final ibarat perang udah selesai jadi bernafas lega. Akhirnya pengumuman babak final. ternyata benar yang masuk final itu itu dan itu. Pengen balik tapi belum dijemput dan mau ngambil sertifikat tapi habis final selesai. akhirnya kita nunggu deh. pas nunggu ada temen gw yang bikin lawakan lucu banget, dia bilang binus ngasih pulpen yang tintanya ga nyata wkwkwk ternyata temen gw yang satu ini gatau kalau tutupnya harus di lepas dulu hahahaha kampung amat temen gw yang satu ini*peace*. Selain itu gw juga ditelpon orang tua gw yang ngajak makan malem di jakarta sekalian ngejemput, yaah artinya pulangnya ga bisa seru2an ama bang dika dan bawang -__- dan telpon yang bisa dikatakan mengganggu adalah seorang teman yang nanya-nanya tugas berkali-kali bahkan ketika sedang menyaksikan babak final -__- akhirnya babak final selesai dan pemberian hadiah. Entah kenapa bang dika sangat beruntung mendapat door prize, salah satunya adalah novel mengenai sejarah, tapi novelnya dia kasih ke gw hehe. Kemudian setelah mendapat sertifikat gw bawang dan bang dika naik mobil bokap gw dan mereka turun di dekat halte busway. Padahal pengen pulang bareng mereka tapi mau gamau ikut keluarga makan di luar. Pas lagi makan sama keluarga tiba-tiba hape gw bunyi, ternyata ibunya de dika yang nelpon nanyain bawang dimana wkwk ibunya pas nelpon ngomongnya "assalamualaikum fariz, de dika ee lutfi udah pulang belum ya"(gw nahan tawa) hehe lucu aja bawang yang gitu dipanggil dek dika. Gak lama kemudian tiba-tiba bocin juga nelpon nanyain tugas dan mau curhat wkwkwk. Ada-ada aja hari itu telpon banyak banget dan banyak yang lawak. Walaupun belum berhasil perjalanan ke mal bernama "binus" itu memberikan pengalaman dan kesan yang unik buat gw.

wassalamualaikum wr wb


Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...