Saturday, September 1, 2012

Makin galau

assalamualaikum wr wb

sekarang udah bulan september, bulan ke 9 *you don't say. Ketika orang-orang sudah mulai menetapkan jurusan kuliahnya, gw malah salah gaul. Sekarang gw ragu lagi dengan teknik elektro UI. Bukan galau milih teknik apa, sekarang gw jadi galau milih fakultas apa dan bahkan galau mau di UI atau ITB. Bingung banget nih karena pilihan kali ini bakal nentuin kehidupan di masa depan, gamau nyesel gitu milih jurusan apa.

Berawal dari tingkat jurusan, kadang gw bingung kalau milih teknik elektro gw ga ada dasar apa-apa. Kalau dibanding temen-temen gw yang suka sama peralatan elektronik, gw termasuk yang gaptek. Cuma bisa terkagum-kagum lihat kecanggihannya. Gw sendiri belum menyentuh materi fisika untuk teknik elektro seperti listrik statis, induksi magnetis. Baru belajar gelombang doang. Di kelas 10 dan 11 juga belum pernah menyentuh tentang kelistrikan selain ketika kelas 10. Belum tau juga nih kalau udah masuk materinya gw bakal suka apa enggak.

Beralih ke teknik lain, yang jelas jangan mesin dulu. Gamau sama kayak bokap gw. Ya kan buat apa ada 2 orang yang ahli mesin di satu rumah. Misalnya teknik sipil dan teknik lingkungan, hm belum ada ketertarikan, sipil bener-bener fisika banget. Kalau teknik komputer bakal seru juga bisa belajar programming, metalurgi juga sepertinya menjanjikan, teknik arsitektur udah gw coret karena emang kemampuan gw ga mencukupi, nah masih ada teknik kimia dan industri yang bikin galau. Teknik kimia pasti menarik tapi gw belum tau kimia organik dan lainnya, lalu ada hal lain yang menghalangi kalau milih teknik kimia, kalau industri menarik juga, kuliahnya katanya gampang tapi entah kenapa ga begitu pengen. 

Beralih ke fakultas lain, kadang mikir juga pengen coba FK*eh. Gw jijian lihat darah, tapi itu bisa diatasi sih. Keuangan orang tua sepertinya mencukupi kalau di kedokteran, tapi beberapa hal bikin gamau di kedokteran, buat dapet undangan kedokteran itu susah, terus di kedokteran matematika dan fisika jadi ga begitu berguna kan. Dan alesan yang ga pengen di kedokteran adalah waktu kuliahnya 6 tahun. Biar sukses kan harus ngambil spesialis, butuh waktu lagi zzz. Bisa keburu tua duluan sebelum sukses.

Kadang kepengen juga nih ke fakultas ips*kacau. entah kenapa lulusan FE berpenghasilan tinggi, tuhkan bingung. Buat apa kalau selama ini cape-cape belajar fisika kimia biologi kalau ujung-ujungnya pindah jurusan. Nah semoga ini ga kesampean deh

Beralih ke PTN lain, gw penasaran banget sama ITB, belum pernah kesana, pengen lihat ITB banget dan pengen tau suasana kampusnya gimana. Jujur pengen ngebandingin teknik ui sama itb. Selama ini cuma lihat ui, pengen bandingin juga sama itb. Kadang bingung kenapa passing grade STEI FTI dan FTTM itu mendekati kedokteran UI, terkadang gw juga pengen ngerasain tinggal dan ngekos di bandung, ya kalau di ITB pengennya di STEI atau FTTM. Tapi belum begitu berani, rapot semester 5 belum ada. Kalau undangan STEI atau FTTM pasti nilainya harus tinggi. Semoga aja semester 5 bisa konsisten atau lebih baik dari sebelumnya. Cepetan BKUI dan cepetan open house ITB dong, cape galau mulu

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...