Friday, September 14, 2012

Paradigma Kelas 12

assalamualaikum wr wb

pada post kali ini mungkin pembahasannya agak serius, mengenai kelas 12 tepatnya tentang jurusan, fakultas dan universita. Post kali ini juga bersifat subjektif dan lebih ke realita dan berdasarkan data-data yang gw tau selama ini. Ga ada maksud untuk mempengaruhi pikiran dan no offense.

Paradigma kelas 12, oke kita tahu kelas 12 adalah akhir dari masa SMA. Nah apa yang menjadi ciri khas dari kelas 12? Semua anak kelas 12 tahu bahwa kelas 12 adalah masa-masanya lo akan menghadapi berbagai macam ujian yang nantinya akan menentukan kehidupan kuliah lo dimana. Singkatnya gw mau membahas tentang pemilihan jurusan kuliah.

Tanpa bermaksud memamerkan atau membanggakan sekolah saya, SMAN 1 Depok merupakan sekolah terbaik di Depok dalam hal meluluskan siswanya ke PTN dengan presentasi 95%. Dibalik semua itu tentunya telah terjadi berbagai macam perjuangan, seperti pedalaman materi, bimbel, try out dan sebagainya. Berdasarkan pendataan yang dipajang oleh kurikulum, siswa SMAN 1 Depok rata-rata bedol desa ke Universitas Indonesia. Beberapa belas orang ITB, beberapa orang ke UGM, UNPAD dan PTN lainnya.
Berikut adalah linknya

Berdasarkan data 3 tahun terakhir, gw secara subjektif mengambil kesimpulan sebagai berikut
1.Smansa selalu mendapatkan 110-130 orang yang masuk UI, yang artinya kurang lebih setengah penduduk smansa pindah ke UI (bedol desa ke UI)
2.Dari tahun ke tahun, jumlah siswa yang diterima di ITB selalu berjumlah 10-20, artinya hanya sektar 10% penduduk smansa yang diterima di ITB
3.Sisanya menyebar ke PTN favorit lainnya seperti UGM, UNPAD, ITS dll dalam jumlah 1-15 orang

Dalam benak gw terpikir kalau dari smansa ke UI itu relatif mudah, nah mau ngasih tau hal lain juga tentang snmptn undangan. Pada snpmtn undangan angkatan 33, yang diterima di FKUI cuma 1 yaitu kak Sonya Aprella Diva yang rank paralelnya selalu 1 atau 2. Hal ini menimbulkan pertanyaan kenapa cuma 1 orang yang mendapat undangan FKUI sementara tahun sebelumnya bisa sampai 3 orang yang mendapat undangan? Berdasarkan cerita dari bapak gw yang menjadi dosen di UI, snpmtn undangan tahun 2012 lebih ke pemerataan, dengan 1 program studi untuk 1 orang dari 1 sekolah. Singkat cerita, paling banyak 1 jurusan 1 orang dari smansa, padahal banyak sekali yang ingin undangan tapi memilih jurusan favorit yang sama. Berikut contohnya

digambar berikut menjelaskan kalau yang warna biru alias dicheck list itu keterima undangan, sementara anak smansa ada di peringkat 3 dan 4 namun karena kuota 1 sekolah 1 jurusan, yang di rank 4 jadi ga diterima -__- ini yang bikin takut. Alhamdulillah smansa untuk skor sekolah di UI sangat tinggi. Karena emang banyak alumni smansa di UI yang berprestasi banyak pula.

Selain itu mendengar kabar bahwa jatah snmptn undangan mencapai 90%. Bingung apakah yang mendaftar jadi 90% dikali 224 siswa tapi dengan jatah 1 jurusan 1 sekolah atau gimana itu masih tidak jelas -__- padahal pengen aja 1 jurusan bisa 4-5 orang jadi kan enak tuh masuk bareng-bareng. Pasti seneng kalau keterima undangan tapi tetep aja lebih seneng kalau keterima undangan bareng-bareng. Semoga pemerintah cepet-cepet sosialisasiin aturan barunya biar ga galau lagi deh.

Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...