Sunday, October 12, 2014

Mengenal lebih dalam tentang Jaringan Komputer

Assalamualaikum Wr Wb
Postingan berikut adalah mengenai jaringan komputer, merupakan tugas dari mata kuliah Dasar komputer yang saya ambil pada semester 3 ini. Semoga bermanfaat.

I. Pengertian Jaringan

"a network is a collection of computers and devices connected together via communications devices and transmission media (jaringan adalah kumpulan komputer dan perangkat yang terhubung bersama-sama melalui perangkat komunikasi dan media transmisi)"-Discovering Computer halaman 470

"Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi sehingga dapat seling berbagi informasi, aplikasi dan perangkat keras secara bersama-sama "-sukmaaji dan Rianto, 2008 : 1-

"Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web)"-Wikipedia Indonesia-

"Jaringan komputer adalah penggabungan antara komputer yang satudengan yang lainya, baik secara kabel maupun nirkabel"-Nofan Susanto, makalah Teknologi Informasi-

Jaringan komputer menghubungkan 1 komputer dengan komputer lainnya
II. Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki berbagai macam manfaat yaitu

1. Keperluan Komunikasi 
Dengan adanya sistem jaringan, maka komunikasi antar PC dengan PC, PC dengan device atau device dengan device dapat dilakukan dengan mudah. Komunikasi dapat dilakukan dengan email, social media atau bahkan video call.
berbagai media yang digunakan untuk berkomunikasi

2. Berbagi Data dan Informasi 
Untuk menyimpan suatu data secara online dan menggunakannya bersama-sama kita dapat menggunakan aplikasi seperti dropbox, onedrive. Untuk mengirim file juga dapat dilakukan melalui email. Jadi tak perlu repot lagi untuk bertemu seseorang membawa flashdisk ketika ingin berbagi file
pada dropbox bisa menyimpan berbagai file



3. Media Sharing 
Dengan adanya media sharing, 1 printer dapat dikendalikan oleh beberapa PC sekaligus. Hal ini tentu menghemat anggaran


4. Efisiensi waktu, tenaga dan biaya
Dengan adanya jaringan, waktu yang dibutuhkan untuk berbagi suatu data menjadi lebih singkat. Hal itu tentu mengefisienkan tenaga serta tidak memerlukan biaya besar untuk melakukannya.

III. Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauan
tingkatan Jaringan Komputer

1. LAN ( Local Area Network)


Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer dengan tujuan memakai bersama sumberdaya dan saling bertukar informasi (Tanenbaum, 1996).

LAN diciptakan untuk menghemat biaya dalam penggunaan alat secara bersama-sama, tetapi lama kelamaan fungsinya makin bertambah. Sebuah saluran komunikasi dapat digunakan secara bersama oleh banyak komputer yang terhubung satu dengan yang lain. Penggunaan bersama saluran komunikasi menjadi kunci utama dalam pengefisienan jaringan komputer menjadi sebuah jaringan yang sangat besar seperti Internet (Pressman, 1992).

Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Jaringan ini dapat menghubungkan lebih dari 2 komputer di ruangan jarak dekat (terbatas) hingga beberapa KM saja. Jaringan ini biasanya terdiri dari komputer, printer, dan perangkat lainnya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)

Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.Sesuai dengan namanya maka jenis jaringan ini memberikan layanan hingga wilayah yang luas dan kemampuan transfer datapun berkecepatan sangat tinggi. Wilayah yang dapat menjadi cakupannya berkisar hingga 50 KM. MAN ini merupakan rangkaian LAN yang berukuran dan berjarak lebih besar.

3. WAN (Wide Area Network)

Jaringan area luas (bahasa Inggris: Wide Area Network; WAN ) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Jenis jaringan ini memberikan layanan lebih luas lagi dibanding MAN yaitu dapat menghubungkan suatu wilayah bahkan negara lain. WAN pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa LAN yang ada di beberapa lokasi sehingga dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkannya dan device itu kita sebut router.

IV. Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

1. Peer-to-peer

Merupakan jaringan komputer yang setiap host nya dapat menjadi sebuah server atau menjadi client secara bersamaan.

Ciri-ciri:
• Masing2 komputer mempunyai kemampuan dan tanggung jawab yang sama.
• Setiap pengguna memutuskan data mana dan devais mana yang akan di-share
• Tidak ada titik pusat kontrol pada jaringan
• Terbaik bila terdiri dari 10 atau kurang dari 10 buah.

2.Client - Server

Merupakan jaringan komputer yang dikhususkan sebagai client dan server, layanan ini bisa diberikan oleh 1 atau lebih komputer.

Ciri-ciri:
• Model Jaringan Client/server menyediakan sekuriti dan kontrol untuk jaringan,
• Client meminta informasi atau layanan dari server.
• Server menyediakan informasi atau layanan yang diminta.
• Server diurus oleh administrasi jaringan,
     – Pengamatan back-up data sekuriti
     – Pengontrolan akses pengguna ke sumber 2 jaringan.
• Pemusatan storage dan layanan termasuk:
     – Penyimpanan Data pada file server terpusat
     – Berbagi penggunaan printer diatur oleh print server
     – Pengguna mendapat ijin yang sesuai untuk akses data atau printer.

V.Perangkat yang Diperlukan untuk Mengakses Jaringan

Sesuai dengan fungsinya, beberapa perangkat komputer yang terdapat dalam
suatu jaringan komputer, yaitu :

A. Komputer Server / PC Server
Komputer server adalah komputer yang biasanya dikususkan untuk  menyimpan data yang akan digunakan bersama, atau berbagai basis data. Selain  itu, jika menggunakan sistem operasi berbasis network (Network Operating System) maka komputer server berisi informasi daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut, berikut otoritasnya yang dapat di-manage oleh administrator (Sopandi, 2010:13)

B. Workstation
Work station adalah komputer yang ditunjukan sebagai client, dimana komputer ini sebagai tempat kerja atau pengolahan data yang diakses dari server (Sopandi, 2010:15)

C. UTP (Unshielded twisted-pair)
UTP (Unshielded twisted-pair) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum digunakan dalam jaringan lokal (LAN) karena harganya yang rendah, fleksibel dan kenerja yang ditunjukannya relative bagus (Sukmaaji dan Rianto, 2008:37)

D. LAN Card ( Network Interface Card)
LAN Card adalah sebuah kartu jaringan LAN (LAN card) yang dipasang pada slot ekspansi pada sebuah motherboard komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Ethernet atau LAN card yang paling banyak dipakai disebut 10 BASE-T dimana dapat menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 10 Mbps (Sopandi, 2010:15)

E. Switch
Switch adalah hub pintar yang mempunyai kemampuan untuk menentukan tujuan MAC address (Media Acces Control Address; Ethernet address, physical address atau hardware address ). Di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu brige. Jika suatu port terhubung dengan suatu divice maka secara prinsipal setiap divice akan bersifat indipenden terhadap divice lainnya (Sopandi, 2010:19,20)

F. Router
Router merupakan sebuah peralatan yang digunakan dalam jaringan komputer yang mampu mengirimkan data kepada jaringan lainnya melalui jalur yang lebih cepat, tepat dan efisien. Router berfungsi untuk meneruskan paket-paket tadi sebuah network ke network yang lainnya sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain (sutomo,2010)

Refrensi

  • Discovering Computer, Shelly Cashman
  • "Optimalisasi Keamanan Jaringan  Menggunakan Pemfilteran Aplikasi  Berbasis Mikrotik", Imam Riadi
  • "Analisis Pengembangan Jaringan Komputer Lokal pada Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang", Reky Febriyudhi


Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...