Tuesday, December 20, 2016

Aslab Telkom 2013

Ditengah kegabutan gw di malem hari di Jepang, tiba-tiba gw teringat sama sahabat-sahabat gw di lab telkom UI. Sepinter-pinternya, sehebat-hebatnya dan sejenius-jeniusnya temen-temen baru gw di lab yang di Jepang, tetep aja ga ada yang seasik, sealay dan se-gak jelas mereka yang di lab telkom. Sejujurnya salah satu hal yang bikin gw senang bercampur sedih adalah ketika nanti gw pulang, mereka semua (Insya Allah) sudah lulus dari jenjang sarjana :") 

Sebelum waktu berlalu dan ingetan gw mulai pudar, gw mau nulis tentang pengalaman dari awal mau hingga jadi aslab telkom 2013. Mohon maaf kalau tulisan ini akan menyinggung pihak-pihak tertentu, murni pandangan pribadi (please jangan tuntut gw atau bawa ke ranah hukum wkwk_

Ceritanya pas semester 4, seinget gw setelah UTS oprec aslab telkom pun dibuka. Gw waktu itu sejujurnya belum yakin banget sama peminatan gw. Menurut gw semua peminatan di elektro itu bagus "kalau ditekuni". Akhirnya pilihan gw jatuh di peminatan telekomunikasi. Sebab utama gw milih telekomunikasi adalah peminatan ini cukup menjanjikan di bidang riset dan prospek kerja. Menurut gw peminatan lain seperti elektronika memiliki prospek riset yang bagus namun untuk lapangan kerja sendiri di Indonesia belum banyak, sedangkan tenaga listrik menurut gw adalah kebalikannya. 

Singkat cerita, waktu itu yang daftar aslab telkom ada 9, gw poci ipang mursid yona ria greg ape dan layina. Jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding angkatan 2012, dimana yang daftar ada 20an. Menurut gw seleksi aslab telkom sendiri merupakan pengalaman yang menarik buat gw wkwk. Formulir pendaftaran aslab telkom termasuk yang terberat, berlembar-lembar dan banyak hunting tanda tangan. Bahkan pas gw liatin formulirnya ke temen gw anak tekkim, dia kaget dan ngira itu formulir caka IMD atau MPM. Lalu setelah kumpulin formulir, berikutnya ada tes tulis dan tes praktikum. Tes tulisnya sendiri kayak ngerjain soal-soal gitu. Rada susah sih soalnya dari modul semua. Sama tes praktikum itu kita seakan-akan jadi aslabnya terus ngeaslabin salah satu modulnya. Agak panik pas tes praktikum wkwk takut salah pas nerangin. Then, dari seleksi tersebut terpilihlah 7 nama yang masuk ke seleksi berikutnya, gw poci ipang mursid yona greg ape. Nah ga lama setelah itu gw bikin grup "calon aslab telkom 2013" di whatsapp yang isinya 5 orang. Ya intinya grup itu buat kita kerjasama demi menjadi aslab telkom wkwk. Setelah itu seleksi berikutnya adalah presentasi proyek matlab, wawancara dengan aslab sebelumnya dan wawancara dengan kalab. Semuanya dilakukan pas lagi liburan(kasian yona belum pulang). Setelah semua itu kelar baru tanggal 25 Juni 2015 aslab telkom yang baru diumumin sama Bu Yuli. Itu momen-momen yang bikin deg-degan parah wkwk. Bu Yuli ngasih tau juga kalau taun ini mau ngambil 5. Terus doi nyebut satu-satu nama, rian, irfan, fariz, yonathan dan terakhir mursid. Finally gw berhasil jadi aslab telkom wkwk. Kata "calon" pun dihapus dan grupnya berubah nama menjadi "aslab telkom 2013"(saat ini namanya my fir, huruf awal dari nama-nama aslab telkom 2013). Sejak saat itu, gw punya basecamp baru yang terletak di lantai 4 gedung DTE. Kalau kata ipang, jadi anak telkom cape, iya cape naik tangga ke lantai 4. 

Pertama kali pake jas lab
Selain punya basecamp baru, gw pun mulai mendapat kerjaan-kerjaan baru wkwk. Pertama kali banget itu pelatihan modul praktikum tektel wkwk. Blak-blakan aja deh, pertama modul 2 saluran transmisi sama Haekal. Menurut gw Haekal paling niat banget buat ngajarin kita. Sampai 2 hari, sehari buat belajar teori dan sehari buat belajar alatnya. Terus modul 3&4, modulasi analog sama Rifqi. Disini ada sedikit cerita.... sebelum tespen buat aslab dimulai, gw udah nemuin soal-soal tespen sebelum-sebelumnya wkwk. Dan soal tespen dari rifqi sama persis dari yang tespen sebelumnya... of course kita udah tau jawabannya wkwk. By the way rifqi ngajarinnya paling asik, punya gaya yang khas juga. Lalu modul 5&6 tentang teleponi, pcm tdm sama Ubay. Ubay ini paling pinter di angkatannya, Ipknya tembus 3,8. Tapi pas ngaslabin rada nyebelin wkwk gamau kasih tau to the point gitu, pasti diputer-puter dan dibalikin lagi pertanyaannya. Modul 9 tentang filter diaslabin sama angga. Angga bener-bener efisien pas ngaslabin kita wkwk. Yang terakhir modul 7&8 tentang modulasi digital dan modul 10 tentang propagasi, diaslebin sama erfin. Erfin paling baiiiik pas ngaslebin, dia kalau ditanya apa aja kalau tau pasti mau jawab. Informatif gitu wkwk. 

Selesai pelatihan praktikum, terbitlah proker berikutnya. Open house lab telkom. Singkat cerita, open house ini bertujuan untuk memperkenalkan lab telkom dan aslab-aslabnya ke warga DTE. Dulu gw nulis di wordpress telkom tentang openhouse tapi gara-gara gangguan server, posnya kehapus wkwk. Terus pas openhouse yang terakhir bersama aslab 2014, ngepostnya di blog yang baru dan bisa dilihat disini

Setelah itu, dimulailah praktikum program internasional. Karena pesertanya cuma 10 orang, ga begitu kerasa feelnya wkwk. Lalu angkatan 2013 telkom mulai disibukkan dengan kelas antena dimana kita harus mendesain, memfabrikasi, mengukur dan mempresentasikan antena yang kita buat. Gara-gara itu juga gw jadi kenal sama VNA, ngukur S11, ngukur pola radiasi di anechoic chamber. Gw merasa kuliah gw semester 5 itu kayak cuma kuliah antena. Kuliah lain kayak yaudahlah tau aja wkwk. Alhasil proyek antena kelompok gw berhasil tembus conference di Singapura, di ajang Tencon hehe. 

Berikutnya kegiatan yang sangat menarik, studi banding aslab telkom ke ITB wkwk. Pas malemnya kita nginep di kosan rifqi dan besok paginya bareng-bareng naik mobil ke Bandung. Disana kita disambut sama kadep telkomnya dan diliatin fasilitas yang ada disana. Yang gw tangkep, teknik telekomunikasi di ITB itu belajar jaringan dan RF, sedangkan di UI peminatan telkomnya fokus ke RF aja. Segala hal tentang jaringan dipelajari di teknik komputer. 

Stuban ke ITB
Memasuki semester 6, praktikum tektel program reguler dan paralel dimulai. Inilah bagian terseru selama jadi aslab telkom yaitu ngeaslabin temen seangkatan!!! Banyak banget yang gw rasain pas ngaslebin, seneng, kesel, cape, geli, stres dan segala-galanya bercampur wkwk. Seneng tuh pas berhasil membuat temen gw ngerti sama penjelasan gw. Pas alat yang mau dipake gatau tiba-tiba eror rasanya kesel banget. Paling cape pas ngaslebin 3 shift dalam satu hari dan modulnya beda-beda wkwk. Hal yang lucu juga pas gw sorenya mau nonton trus buru-buru ngaslebinnya, trus praktikannya juga seneng gara-gara praktikumnya cepet kelar. That's unforgettable experience hehe. By the way modul favorit gw dulu adalah modul 3 dan 4 tentang modulasi analog.

Setelah selesai praktikum reguler, dimulailah seleksi aslab telkom 2014 dan disini gw sebagai PJnya. Karena 2014nya masih menjadi aslab, ada baiknya cerita tentang seleksi aslab ditunda hingga mereka lulus wkwk. Langsung ke bagian terakhir tentang rekan seangkatan gw di lab telkom yang juga temen satu genk gw di elektro UI.

Mursid Abidiarso
Biasanya dipanggil mursid, dia adalah aslab telkom 2013 yang lulus 3,5 tahun. Dia mendapat amanah sebagai kordinator praktikum program internasional. Modul favoritnya adalah modul filter. Skripsinya sendiri mengenai signal processing yang dibimbing oleh prof dadang. Mursid ini sangat jenius terutama dalam bidang matematika. Dia juga aktif ngajar di bimbel maupun privat hehe. Tetapi doi tampangnya sampe sekarang ga berubah, masih kayak bocah. Cara berpikirnya cenderung realistis dan kayak orang tua. Selain itu kata-katanya tajam dan agak menusuk. Entah kenapa sehari-hari doi suka mancing emosi gw. Yang ada gw jadi ngebully dia(karena badannya kecil mudah dibully). Lalu mursid ini asik banget kalau udah ngomongin anime, film atau game. Doi juga yang maksa gw nonton steins gate, salah satu anime terbaik menurut gw hehe.

Irfan Kurniawan
Bocah Depok ini biasanya dipanggil Ipang. Posisinya sendiri sebagai kordinator alat, jabatan yang baru-baru ini dibuat sama bu yuli. Modul favoritnya teleponi pcm tdm, Skripsinya tentang M2M yang dibimbing Pa Gun. Ipang ini paling ga bisa ditebak. Dia kalau ngomong selalu tersirat dan gw ga gampang untuk mencerna maksudnya. Hobinya sendiri adalah nonton berbagai macem film. Kerjaannya download dan nonton, jadi kalau mau minta film bisa ke ipang. Di antara temen-temen lainnya, ipang yang paling jago nyolder wkwk. Mungkin gara-gara anak TRUI. Karena sifatnya yang pasrah, ngisengin ipang jadi kurang seru. Oiya ipang juga menjadi harapan di keluarganya hehe dimana dia satu-satunya yang berhasil sampai bangku kuliah, bahkan calon cumlaude di elektro UI.

Yonathan Raka Pradana
Panggilannya Yona, dulu awal-awal rada medok soalnya doi dari Wonosobo. Jabatannya sekarang kordinator praktikum reguler dan paralel. Modul favoritnya modul modulasi digital. Skripsinya sendiri tentang pengaturan beamforming pake mikrokontroler yang dibimbing bu Yuli. Yona ini paling sering ga jelas. Maksudnya ngelawak tapi ga jelas wkwk. Di beberapa hal gw dan yona banyak kemiripan, misalnya pas di IME, kita sama-sama di bidang pendidikan dan doi jadi partner gw pas gw jadi kabid. Buat ngeblog, dia juga suka nulis blog kayak gw dan ceritanya bagus-bagus. Kita juga
suka tanding pes atau naruto, terus gw menang wkwk. Terus kita juga sama-sama agak gemuk ._. salah satu hal yang bedain gw ama dia adalah dia sering banget ganti hape wkwk. Terus ada satu hal yang gw bingungin, kenapa doi dari kecil kalau difoto mukanya jarang senyum wkwk. 

Rian Gilang Prabowo
Gw tau nama panggilannya dulu baru nama aslinya. Entah gimana panggilannya berubah jadi poci. Saat ini doi mendapat amanah sebagai kordinator aslab telkom. Modul favoritnya itu saltran dan antena propagasi. Skripsinya tentang pencitraan medik yang dibimbing oleh pa basari. Poci ini orangnya sangat extrovert dan friendly wkwk. Doi cepet kenal dan deket sama orang-orang. Pas dipikir-pikir, ternyata kita ga ada hobi atau minat yang samaan, misalnya gw nonton anime, suka main game tapi doi kagak. Gw suka berenang, doi kagak bisa berenang wkwk. Namun sahabat gw yang satu ini orangnya sangat peduli parah. Sampe ultah gw yang ke 22, gw ga pernah nerima kado dari sahabat gw selain dari poci. Terus poci juga paling seru buat diisengin karena reaksinya yang super lebay. 

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...