Saturday, October 14, 2017

Seeds for the Future 2017 - Jalan-jalan di Shenzhen : Lianhuashan Park dan Kampus Huawei

Keluarga Cemara

14 September 2017

Melanjutkan cerita sebelumnya, gw ga begitu inget pas hari itu nyampe bandara shenzhen jam berapa, tapi pas kita nyampe itu diluar udah agak gelap aja. Setelah keluar dari pesawat, ngambil bagasi dan ngelarin urusan pertoiletan, akhirnya kita nyempetin diri buat foto dan instastory dulu.

Nah keluar bandara, kita termasuk yang lama wkwk sampe-sampe temen dari Turki nanya kalau kita naik pesawat yang mana. Mungkin ada 30 menitan lebih mereka nungguin kita keluar dari bandara. Oiya jadi mulai dari Shenzen, tim Indonesia bakal pergi bareng-bareng terus sama teman-teman dari negara lain. Pas malem itu kita satu bis sama temen dari Turki. Keesokannya harinya, teman-teman dari Burkina Faso dan Austria bakal gabung. Disini juga kita dapet tour guide baru yang dipanggil Nancy, kalau menurut gw, Nancy lebih asik dan bisa becanda dibanding tour guide yang sebelumnya wkwk. Malem itu Nancy ngasih pengumuman kalau agenda besok Jumat baru dimulai pas jam makan siang, dengan kata lain kita punya waktu luang di pagi harinya wkwk. Selama di jalan gw memperhatikan kota ini, sekilas mirip Jakarta wkwk lebih banyak toko-toko dan pusat perbelanjaannya. Entah kenapa lebih menarik dilihat dibandingkan dengan Beijing. Malem itu kita dibawa dulu ke tempat makan baru pergi ke penginapan.
Nancy, tour guide selama di shenzhen
Nah mau nyombong lagi, berbeda dari seeds taun sebelumnya yang nginep di area kampus Huawei, tahun ini kita selama di Shenzhen dapet penginapan di Pavilion Hotel, lokasinya luar biasa strategis, ada di tengah-tengah kota dan cuma jalan kaki 2 menit ke stasiun terdekat. Di Shenzhen ini roommate gw adalah dwipe atau diwei, junior gw di elektro UI dan sekaligus aslab telkom(hidup aslab telkom!!!). Nah kesialan dari sekamar dengan dwipe adalah kamar gw ikutan jadi basecamp alias jadi lebih berantakan wkwkwk. Setelah masuk ke kamar masing-masing dan beristirahat sejenak, baru deh kita-kita ngumpul di basecamp alias kamar gw juga buat nentuin rencana besok pagi mau kemana. Sayang aja kalau free time ga dimanfaatin dengan maksimal. Akhirnya setelah perdebatan sengit, cekcok dan adu mulut serta bentrokan fisik, kita memutuskan buat jalan-jalan ke Lianhuashan Park yang letaknya cuma 2 stasiun dari tempat kita. Setelah dari taman itu rencananya mau ke pusat perbelanjaan dekat hotel buat beli elektronik.

15 September 2017
Pagi itu gw bangun dengan penuh semangat wkwkwk karena akhirnya dapet free time buat jalan-jalan sendiri. Sejujurnya gw ga suka travel yang pake tour guide, lebih enjoy aja kalau ngebolang sendiri dan nyari tau sendiri. Sebelum jalan ke taman itu, kita sarapan pagi dulu di hotel. Kalau dibandingkan hotel yang di Beijing, menu makanan di hotel yang Shenzhen lebih sedikit.

Suka shadownya

Muka-muka masih ngantuk tapi udah harus sarapan

Ga bisa candid amat nih bocah, selalu sadar kamera :(

Rambut badai terwarbyasah dari umi masha, hati-hati dikibas rambutnya
Setelah sarapan kita semua langsung cus menuju ke stasiun yang letaknya disamping hotel. Tapi kita mulai merasa janggal.... hawa di luar hotel panas banget. Berbeda ama beijing, shenzhen relatif lebih panas dan lembap. Untungnya pas masuk subway, udaranya jadi ademan lagi. Subway di Shenzen ga begitu berbeda sama beijing, cuma yang menarik disini tiketnya berbentuk kayak koin. Gw sendiri beli tiket lebih biar bisa dibawa pulang ke Indo sebagai kenang-kenangan.

sementara yang lain sedang kebingunan beli tiket....
Nah pas lagi di kereta, Bu yunny ngasih tau di grup "kalau kesana, siap-siap hiking 20 menit". Gw rada ga ngeh sih pas momen itu, udah setengah jalan masa balik lagi. Akhirnya sesuai rencana awal kita turun di stasiun children's palace. Kalau diliat dari peta lokasinya deket aja

Dari hotel menuju lianhuashan park
Keluar stasiun mulai kerasa lagi udara panas nan lembap, baru jalan sebentar udah mulai keringetan wkwk. Begitu masuk ke taman, kita dah kayak banjir keringet wkwk. Sekilas ngelihat, disini banyak warga lokal yang dateng buat main, duduk-duduk dan santai bareng keluarga. Sebelum memulai "hiking", kita sempet foto-foto dulu di tempat yang backgroundnya instagramable.
gw nya ganteng banget
setelah foto-foto disini, barulah keluarga cemara terbagi dua, genk kuat dan genk lemah. Genk kuat ini jalannya cepet sedangkan genk lemah (gw, diwei,mamah aini, umi sarah dan mbak arina) jalannya lebih pelan dan banyak istirahatnya. Kalau diwei gw yakin sebenernya kuat jalan cepet, tapi karena gw yang pegang kamera, dia jadinya ngikutin genk lemah. Selama hiking dapet juga beberapa foto yang menarik
Pas baru mulai hiking, semua masih bersama hingga akhirnya yang lemah tertinggal

menemukan siput, hampir saja terinjak

para istri-istri yang kelelahan tapi tetap hen hao

pura-pura candid, diwei the most banci kamera dalam perjalanani ini
Akhirnya setelah penantian panjang, kita genk lemah berhasil mencapai puncak dari taman lianhuashan :") entah genk kuat udah pada nyampe berapa lama sebelum kita. Pas baru sampe aja, ozi langsung ngasih tau gw spot-spot bagus buat foto. Tapi sebelum foto, kita genk lemah istirahat dulu sejenak dan mencari minum. Terjadi dua hal yang lucu disini

1. Gw nanya ke warga lokal dimana buat beli minum, gw berharap warga lokalnya ngerti bahasa inggris tapi ternyata ga bisa. Akhirnya gw dikasih air minumnya dia wkwkwk
2. Tiba-tiba ada satpam datengin kita, sepertinya dia nanya identitas kita tapi lagi-lagi pake bahasa cina dan kita jelas ga ngerti. Kita jawab pake bahasa inggris dan satpamnya kebingungan, akhirnya dia pergi.

Setelah beli minum, buang hajat dan ngelap keringet, baru deh sesi foto dimulai.
Patung Deng Xiaoping : Objek Utama,  Taman dan pohon : background, Ozi : noise

para istri kesayangan papah

Gaya bebas, momen dimana bingung mau ngasih gaya gimana
disini ada hal lucu lagi yaitu danur dan milang menghilang. Milang untungnya berhasil ditemukan dan ternyata dia abis dari danau, sedangkan danur yang gatau nasibnya gimana berhasil juga dihubungi dengan telpon langsung. Akhirnya kita jalan bareng-bareng menuju danau yang ditemukan milang(danur disuruh ke danau juga), entah perasaan gw atau doang, milang berusaha ngedeketin umi sarah wkwk tapi bertepuk sebelah tangan :( Disini dapet foto-foto yang eksotis juga
Mikirin abis wisuda mau ngapain....

Salah satu dari sekian foto full team yang warbysah

Bunda shabrina, kata temen gw mirip sama salah satu dosen gw yang bernama bu Yuli
Setelah agak puas mengelilingi taman dan foto-foto keren(bukan foto enjoy), karena keterbatasan waktu sekitar jam setengah 11, kita semua balik menuju hotel untuk makan siang. Berikut ini foto-foto pas di stasiun dan kereta, btw thanks banget buat cucu ozi yang selalu bantu bawain tripod gw yang lumayan berat, sempet keinget bocah ini bete gara-gara tripodnya gak kepake pas di tembok cina wkwkwk
Setiap masuk stasiun, barang bawaan bakal dipindai

tiket kereta api berbentuk koin

ga ngerti lagi orang tua mana yang ngebiarin anaknya kayak gini

diem-diem aja tapi ternyata minta difoto
Sampai hotel, mandi dan ganti baju, lanjut pergi buat makan siang. Gw ga foto pas makan siangnya gara-gara saking kelaperannya. Pas makan siang hari itu, makanannya muncul perlahan-lahan jadi ga langsung banyak, udah gitu gara-gara capek hiking energi jadi terkuras dan perut lebih laper. Setelah makan siang, kita berkunjung ke Huawei Headquarter, sepanjang perjalanan kesana, gw tertidur di bis karena masih capek dengan semua ini. Entah gimana ceritanya, tiba-tiba gw dibangunin dan disuruh keluar buat foto lagi. Gw gatau ini nama danau apa tapi yang jelas ada black swan wkwk
Hitam, putih, sawo matang semua kumpul jadi satu.... dan spanduk tulisan Indonesianya dilipet

Artis di tempat ini

luar biasa fail, komposisinya aneh dan gw juga belum biasa dengan fotografi satwa liar
Paling kesel gara-gara makhluk ini ga kooperatif buat difoto, butuh lensa tele juga :(
 Setelah foto-foto depan danau, kita kembali ke bus dan gw lanjut tidur. Tiba-tiba udah nyampe aja di Kampus Huawei yang luasnya luar biasa juga. Kita langsung dibawa ke ruangan buat dibriefing dan dikasih liat video-video nya Huawei. Videonya sih keren luar biasa tapi pas dikasih penjelasan pake power point gw sempet beberapa kali tertidur. Dilanjutkan juga dengan sesi pertanyaan untuk menutup acara.
Sesi pertanyaan oleh useman
Selesai acara di kampus Huawei kita semua kembali ke hotel dan beristirahat, berlanjut ke part berikutnya karena 1 postingan ga enak kepanjangan

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...