Monday, October 16, 2017

Seeds for the Future 2017 - Jalan-jalan di Shenzhen : Dongmen dan China folk Village


Keluarga Bahagia

16 September 2017


Hari kedua di Shenzhen sekaligus hari dimana semua delegasi (Indonesia, Turki, Austria dan Burkina Faso) berkumpul dan pergi jalan bersama. Kata nancy sang tour guide, agenda hari itu ada dua yaitu wisata belanja di Dongmen dan wisata ke splendid china folk village. 

Sejujurnya gw adalah tipe yang ga begitu suka wisata belanja. Ketika nyampe Dongmen, gw langsung mikir mau belanja apa ya. Akhirnya kepikiran buat beli baju, soalnya baju gw udah pada abis dan yang gw pake sebelum-belumnya setelah dicuci masih agak bau. Selain itu gw mau beli boneka panda lagi wkwk kemaren pas di Beijing rada nyesel cuma beli satu.

Awalnya kita bersepuluh bareng-bareng masuk toko, disitu gw beli dompet yang isinya ada dompet lagi buat oleh-oleh. Pas gw bayar ternyata gw disuruh ambil kertas undian, gw pun menggosok kertas undian tersebut tapi semuanya tulisan cina. Pas gw tunjukin ke mbaknya, dia kaget dan konfirmasi kalau itu kertas baru gw buka saat itu juga. Katanya gw dapet diskon kalau beli perhiasan dapet diskon 80%, pas gw lihat harga perhiasannya ternyata diatas 4000 yuan, berarti semurah-murahnya sekitaran 300 yuan. Padahal gw sendiri cuma bawa 1000 yuan wkwk akhirnya ga jadi deh.Karena udah puas di toko itu akhirnya gw ngeluarin kamera sejenak buat ngambil foto-foto di distrik itu.


Teman sesama fotografer dari Austria

Diwei : "kong fotoin gw dong" 

Distrik Perbelanjaan Dongmen

asmen juga pada akhirnya minta foto, pas moto ini pake lensa kit jadinya ga ngebluuur

Pada akhirnya belanja ber10 sangat tidak memungkinkan dan tidak efektif. Akhirnya keluarga bahagia ini berpencar menjadi kelompok 2-3 orang selama belanja. Diwei bareng umi sarah dan mamah aini, asmen ama mbak arina, bunda sudah jelas bareng danur, milang berpetualang sendiri dan gw berdua sama cucu ozi. Tujuan gw di Dongmen cuma ada 2, belanja dan fotografi. Kalau belanja cuma nargetin baju dan boneka panda, sedangkan kalau fotografi, gw harus dapetin foto yang bisa bikin diri gw puas. Sambil muter-muter tempat belanja, gw dan ozi menemukan museum kecil-kecilan yang memamerkan lukisan-lukisan. 

Take pertama, foto masih ga jelas, komposisi kurang, lukisan datar, wajah subjek gak keliatan dan menurut gw hasilnya ga memuaskan

Setelah beberapa kali ngetake akhirnya dapet foto yang komposisinya bagus, kerasa leading linenya, ozi juga terlihat candid wkwk mungkin kalau ozi kulitnya putihan hasilnya bakal lebih luar baisa

Begitu gw dapet foto yang memuaskan, gw fokus ke tujuan lainnya yaitu belanja baju dan boneka panda. Sambil mencari-cari, kita menemukan toko buku tapi sayangnya bukunya bahasa cina semua wkwk. Disitu Ozi malah semangat buat beli buku, intinya pengen beli oleh-oleh buku yang cina banget. Awalnya ada kimi no nawa versi cina, tapi kan kimi no nawa dari Jepang.... setelah penantian panjang akhirnya menemukan buku tentang songokong, dengan cover warna merah dan penerbit dari Beijing publisher, udah bener-bener cina banget hingga akhirnya dibeli ozi. 
Kite Runner Versi Mandarin
Sekitar jam 12 kita semua berkumpul dan Nancy menyuruh ketua delegasi untuk ngitungin anak-anaknya. Di momen itu gw mulai dapet pola, yang perlu di absen dari 10 orang keluarga bahagia cuma 3 orang, danur-sabrina dan milang. Entah kenapa mereka bertiga suka melepaskan diri kemana-mana wkwk. Sambil nunggu semuanya kumpul ama nancy dikasih cupa cups berbentuk bir yang ternyata rasa mangga. Gw kira rasa bir wkwk takutnya mengandung alkohol. Setelah itu kita makan siang dan berangkat menuju china folk village.

China folk Village bisa dibilang taman mininya China, disana kita bisa nemuin tembok cina ukuran mini, forbidden city ukuran mini, temple2 ukuran mini dan semua bangunan ukuran mini lainnya. Awalnya kita naik kereta dulu buat muterin satu taman baru dikasih waktu buat jalan-jalan sendiri. Sesuai prediksi awal wkwk milang langsung jalan duluan mengexplore area itu sendiri. Akhirnya kita jadi bersembilan dan foto-foto bareng sambil nyari spot yang lebih kece. Ga lama kemudian pasangan bunda-danur juga menghilang hingga akhirnya jadi bertujuh.

Sesuai kata yona di blognya, tempat ini keren banget dan instagramable banget. Salah satu yang gw nyeselin dari hari itu adalah, waktu belanjanya kelamaan sehingga waktu buat di tempat ini lebih sedikit. 

Best picture kategori kelompok yang gw dapet selama di chinese folk village, latar simple tapi dapet dan gaya bocah-bocah yang unik bikin komposisi foto ini jadi mantap
Naik kereta-keretaan muterin taman
Best picture kategori solo yang gw dapet selama di chinese folk village, dapet kesan bunganya banyak banget dan backgroundnya clear, bocah ini jago nyari spot foto yang warbyasah

Umi Masha juga mau nyoba di posisi yang sama kayak foto ozi sebelumnya, tapi udah keburu rame ama orang-orang :(

Akhirnya mamah aini milih spot foto yang lain, sayang ga semua bunga matahari udah mekar 

Bareng teman-teman dari turki, austria dan burkina faso, thanks berat kepada tripod kesayangan

karena ga sempet ke forbidden city akhirnya foto di depan minaturnya yang ga mini-mini amat

saya juga gatau apa nama kuil di belakang ini

suka aja sama permainan warnanya

Katanya arena ini mirip tempat tinggalnya teletubies, cuma rumputnya tajem banget

ceritanya mau foto candid yang dikontrol pake aplikasi hape, entah kenapa fail aja ga natural wkwk

yang terpikirkan ketika ngelihat patung di belakang adalah jurusnya hokage pertama pas main game naruto 
Selain ngelihat minatur bangunan di china, kita juga disajikan tarian yang luar biasa dari mbak-mbak cantik dan abang-abang keren disini. Sayangnya posisi gw agak sebelah kiri jadi kurang cocok buat ngambil foto. Btw disini dilarang ngambil foto tapi karena semua orang ngelanggar, jadinya ga masalah wkwkwk.

Ga ngebayang latihannya gimana

Kepo juga jumlah penarinya total ada berapa

Totalitas sampe ada efek air hujannya
Selesai lah hari itu ditutup dengan tarian yang luar biasa, kemudian kita semua pergi buat makan malam dan dikembalikan lagi ke hotel. Malem itu kita agenda bebas, alias ga perlu dateng ke basecamp buat rapat atau latihan nari. Jadi malem itu gw manfatin waktu buat nikmatin fasilitas hotel yaitu kolam renang. Momen terlucu terjadi ketika berenang, gw dan diwei udah masuk kolam duluan. Saat itu bunda sabi dan umi sarah juga mau ikutan. Tapi mereka berdua ragu apakah pakaian mereka boleh digunakan pas renang, akhirnya mereka nanya dulu ke penjaga kolam dan penjaga kolamnya mengiyakan(gw sih yakinnya penjaga kolamnya ga ngerti jadi iya-iya aja), akhirnya sab memutuskan untuk masuk. Baru 5 detik nyemplungin badan, tiba-tiba penjaga kolamnya lari menuju kita dan ternyata sab ga boleh renang gara-gara ga pake pakaian renang yang semestinya. Saat itu gw ama diwei nahan ketawa sambil ngerasa kasian wkwkwk melas luar biasa. Umi sarah baru nyemplungin kakinya tapi sab udah terlanjur basah kuyup dan dia ga boleh berenang. Akhirnya dengan berat hati sab harus merelakan malam itu basah kuyup jalan dari kolam ke kamar tanpa ngerasain renang :") sayang ga ada dokumentasi kemelasan sabrina saat itu

17 September 2017
Berlanjut ke postingan berikutnya wkwk

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...