Sunday, October 1, 2017

Seeds for the Future 2017 - Prolog

Kaos Seeds for the Future, model : Yona yang lagi motoin gw dan junior-junior 2017

Ceritanya gara-gara gw ngobrol ama Yona dan dia ngeupdate blog tentang perjalanannya ke cina, gw jadi ikutan pengen update juga cerita versi gw. Jadi yona ini ikut program seeds for the future di tahun 2016 bareng poci, sedangkan gw sendiri ikut program ini di tahun berikutnya, 2017 barengan juga ama junior gw yang aslab telkom juga, dwipe.

Prolog-Seleksi Huawei Seeds for the Future 2017
Pas pertama kali denger seleksi seeds for the future 2017, gw masih di Jepang. Hari itu gw buka hp dan liat ada jarkoman dari IME tentang program ini. Awalnya ditulis salah satu syaratnya adalah mahasiswa semester 7, sedangkan gw sendiri mahasiswa semester 9 yang telat 2 semester gara-gara exchange. Akhirnya gw iseng nanya ke admin IME, apa boleh mahasiswa tua kayak gw ikutan seleksi. Ternyata semester 7 itu adalah minimal, jadi diatas semester 7 itu boleh wkwkwk.

Seleksi tingkat departemen sejujurnya ga begitu seru. Kita cuma disuruh isi google docs, data diri kayak nama, tanggal lahir, IPK, dll sama alesan kenapa mau ikut program ini, pengetahuan tentang telekomunikasi gitu-gitu. Tanggal 8 Agustus, tiba-tiba raja di dept alias pak gunawan ngewatsap gw, nanya email buat dikirimin ke Huawei. Selain gw, dwipe dan nandana bocah angkatan 2014 juga ditanya emailnya ama pak gun. Baru gw jawab paginya, tiba-tiba sorenya gw dapet email dari bu yunny, deputy director divisi public relationnya Huawei Indonesia buat seleksi tahap selanjutnya. Disitu gw merasa seleksi dari departemen cuma based on GPA doang wkwk. Agak jahat sih soalnya tahun lalu kan dari hasil pelatihan HCNA, dah gitu bisa dibilang gw merebut jatah angkatan 2014 wkwkwk, maafkan aku damar....

Seleksi tingkat Huawei ini baru berasa seru, kita disuruh bikin video singkat maksimal 3 menit, isinya tentang pengenalan diri, alesan kenapa mau ikut, alesan kenapa gw yang harus dipilih dan informasi apapun yang ingin ditambah. Yang bikin greget deadlinenya tanggal 10, artinya cuma ada waktu malem ini, besok dan lusa. Lalu pas gw liat, email itu dikirim ke 16 orang sedangkan yang taun lalu ikut ada 15 orang. Gw ngira semua-muanya bakal lolos wkwk. Tetapi gw tetep mau coba bikin video yang kece, hitung-hitung baru beli kamera juga wkwk. Kemudian gw langsung nanya yona dan poci gimana video mereka taun lalu sebagai referensi. Akhirnya gw memutuskan buat syuting di kampus dan sekitaran dorm dengan gw sebagai tokoh utamanya(ga pake kartun). Keesokan harinya ,pas shooting di kampus, distraksinya luar biasa banyak, diketawain masjok dan Panutanku lah, diinstastoryin aji lah, akhirnya cuma dapet bagian opening dan ending. Lalu hari berikutnya alias di hari deadline, gw syuting di dorm dengan bantuan tripod. Ternyata kalau konsenstrasi 2 jam buat shooting dan editing bisa kelar wkwk. Buat liat videonya bisa diklik dibawah


3 hari kemudian, tiba-tiba dapet chat dari dwipe dengan nada bahagia gitu nyuruh ngecek email dan ternyata gw dan dia lolos seleksi Huawei. Awalnya seneng dulu wkwk terus baru mikir, tenyata video kemaren beneran diseleksi, kirain buat formalitas saja. Lalu tahapan berikutnya adalah melengkapi berkas-berkas buat ke cina kayak ngasih paspor, ngurus visa, data diri dan lainnya. Saat itu gw masih di Jepang jadi memutuskan mengurus semuanya pas udah pulang, setelah 17 Agustus.

Kunjungan ke Kantor Huawei di BRI II, Sudirman Jakarta
Senin 21 Agustus, karena kantor Huawei deket dan gw juga free alias gabut ga ada kegiatan, akhirnya gw dan dwipe pergi ke sudirman buat ngasih langsung berkas-berkas buat program ini. Momen itu gw naik kereta lagi setelah sekian lama tidak naik kereta di Indo. Sampai sana naik grab dan sekitar 1 jam, gw dan dwipe udah sampai di kantor Huawei tersebut. Disitulah pertama kali ketemu bu yunny dan kita kena omelan gara-gara lama banget ngasih berkasnya wkwk padahal temen-temen yang dari luar jabodetabek udah nerima berkasnya. Disitu selain ngasih berkas, diceritain juga tentang kompetisi foto atau video buat selama di cina nanti dan juga disuruh juga buat mikirin penampilan apa buat graduation daynya program ini. Setelah itu gw kembali ke kampus buat ngumpul bareng-bareng sama temen-temen seangkatan. Pas gw ketemu poci dan yona, gw twtw ke mereka tentang program ini. Lebih tepatnya gw nanya apa hal yang kurang atau apa penyesalan kalian dari program ini. Kalau poci bilangnya pas awal masih pada jaim-jaim jadi asik-asikannya baru pas di minggu kedua. Kalau yona bilangnya kurang explore daerah sana dan ga sempet ngerasain kereta. Berbekal hasil twtw, gw jadi bertekad ngalahin keseruan mereka wkwk.

Kumpul Perdana di Hotel Arya Duta Semanggi
Tepat sebulan yang lalu dari postingan ini(akhirnya gw taro draft), Jumat 8 September, Hari ke 0 program ini alias kita dikumpulin dulu lalu berangkat bareng-bareng dari hotel ke bandara. Gw dan dwipe seperti sebelumnya naik kereta dan grab, bedanya kali ini kita bawa koper gede. Sampai di arya duta, ternyata udah ada yang nyampe duluan. Aini dan unpad dan ozi dari itb. Waktu itu gw lihat aini dianter sama ibu dan adeknya. Udah deket jam solat jumat, gw ngajak buat solat dan adeknya aini pun ikut solat. Setelah ngobrol-ngobrol gw baru tau kalau adeknya itu ternyata bukan adeknya, tetapi pacarnya wkwkwk. Selesai solat baru deh ketemu temen-temen yang dari luar jabodetabek. Ada kadek versi ugm, danur dari undip, usman dari its, sarah dari its, arina dari ugm dan shabrina dari ITS. Seperti biasa, awal-awal kenalan kita masih jaim wkwkwk. Ga pake makan siang dulu, kita langsung dibawa ke kantor Huawei di BRI II buat briefing.
Foto perdana, berangkat ke kantor Huawei

Briefingnya sendiri ternyata agak lama, selain dikasih tau timeline kita di china, do and don't selama disana, kita juga dibagi-bagiin jaket dan juga "dipinjemin" Huawei P9 atau Huawei P10. Hokinya taun ini semua orang dipinjemin masing-masing satu hp wkwk sedangkan pas taunnya poci dan yona, setiap 3 orang dipinjemin 1 hape. Lalu dibriefing juga tentang lomba foto/video, intinya kita disuruh update minimal 2 post/hari di instagram ( Total 15 hari x 2 post =30 post) dan yang susahnya disuruh update pake hp Huawei dengan watermark wkwk, sejujurnya gw dah beberapa bulan kalau update selalu hasil dari kamera, akhirnya gw updatenya campur aja deh. Nah dari situ bakal diambil 2 pemenang, kategori yang pertama adalah yang jumlah likenya paling banyak, buat kategori ini udah jelas sekali kalau mamah aini yang kemungkinan besar buat menang, sekali likenya aja 250an wkwk. Buat kategori kedua, yaitu foto terkreatif, disini sejujurnya gw ngarep banget buat menang. Tapi di satu sisi, foto-foto gw selalu dari kamera, bukan dari hp huawei jadi gatau bisa menang apa kagak wkwkwk.

Selain briefing dan bagi-bagi hp, ada wawancara singkat dan sesi foto juga. Dari sini udah mulai keliatan karakter masing-masing wkwkwk. Aini saat itu bagus banget pas diwawancara, jawabnya natural dan Kadek dari UGM alias gemi, menjawabnya dengan penuh semangat membara, sampe akhirnya gw ikut dengerin dan motoin dia. Sambil nunggu yang lain wawancara, gw moto-moto aja deh pake kamera gw.  Disitu gw kenalan sama mas-mas fotografernya terus minta izin buat nyobain kameranya wkwkwk dan akhirnya untuk pertama kalinya gw megang dan nyobain moto pake Canon EOS 1D, rasanya mantap walau bodynya warbyasah berat.
Kamera impian dengan super duper berat
Hasil Jepretan EOS 1D
  
Suasana saat briefing dan bagi-bagi HP
Pelepasan Delegasi Indonesia Seeds for the Future 2017
Ceritanya baru dapet jaket terus foto berdua ama dwipe

Makan Siang di Plaza Semanggi
Sekitar jam 5, semuanya baru kelar dan akhirnya kita "makan siang", entah masih pantes disebut makan siang apa enggak tapi kita semua kelaperan dan harus makan saat itu juga. Kita makan siang di food court dan dipesenin KFC, saat makan topeng-topeng kejaiman mulai berguguran. Cara makan seseorang sudah bisa menunjukkan perilakunya wkwkwk. Di saat makan juga kita gosipin Yona wkwkwk. Akhirnya gw ceritain siapa yona dan gw nyeritain hasil twtw gw sama yona sebagai acuan taun lalu. Setelah itu kita solat magrib dan kemudian beberapa ada yang nuker duit, mesen makanan buat makan malem(ga ada 1 jam setelah makan siang), sementara gw, dwipe dan ozi pergi mencari kartu uno buat dimainkan bersama. Jam 19.37(based on timeline google maps), kita kembali ke hotel untuk istirahat hingga jam 10an. Kita ber10 ditempatin di dalam 1 kamar ukuran warbyasah, pemandangan dari situ juga gak kalah warbyasah, beberapa orang tidur-tiduran, makan dan gw mencoba ngambil video night trail dari kamera gw dengan melakukan manual zoom.

Plaza Semanggi, F/8 5" ISO-100



Bandara Soekarno Hatta, Delay dan Selamat Tinggal Jakarta
Sekali lagi, based on google maps, rombongan kita nyampe bandara jam 23.18 wkwkwk. Pertama-tama kita disuruh foto dulu pake banner, mukanya juga udah pada ngantuk sih. Lalu dikasih uang jajan 50ribu/orang, katanya buat beli starbucks, tapi siapa juga yang mau beli kopi jam 11 malem -_- setelah itu baru deh kita berpisah sama EO yang nemenin kita dari pagi. Gw sebagai ketua(re:ayah) di delegasi(re:keluarga cemara) ini diminta buat ngawasin teman-teman(re:istri-istri, anak-anak dan cucu) biar ga ilang-ilangan. Entah gw lupa gimana kronologisnya, tiba-tiba ditunjuk jadi ketua gara-gara umur wkwk. Ada 2 momen ngeselin selama di bandara, pertama gw selalu ngeluarin kamera dan moto-moto terus, pas di imigrasi, abang-abangnya ngomelin kita gara-gara disitu ga boleh foto, padahal ga foto mereka juga -_- yang kedua adalah pesawat kita delay :" delaynya ampe jam 1 lewat pula wkwk. Disenyumin aja deh yang penting perginya bareng-bareng sekaligus foto-foto dulu di bandara.

Jaket Huawei tercool zaman ima.

Bersambung ke part berikutnya



Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...