Monday, October 9, 2017

Seeds for the Future 2017 - Wisata di Beijing : Great Wall and Summer Palace

Indonesia Delegation Seeds for the Future 2017

9 September 2017
Naik pesawat penerbangan malam hari hingga sampe di Xiamen, saat itu gw duduk di samping gemi tapi karena terlalu lelah cuma ngobrol sebentar dan tertidur. Saat tiba di bandara Xiamen, kesan gw adalah bandaranya ga begitu bagus wkwk. Terutama di toiletnya, seperti yang sudah diceritakan sama orang-orang kalau hampir semua toilet di cina ga ada airnya dan di bandara ini pun tidak ada. Pemeriksaan di bandara ini menurut gw juga agak lebay dimana power bank gw disita gara-gara ga ada keterangan tentang kapasitasnya. Untungnya transitnya ga lama-lama amat dan kita kembali terbang menuju ibu kota RRC, Beijing. Sekitar jam 2 kita sampai di Beijing, momen ini gatau kenapa kita merasa bahagia banget setelah perjalanan yang panjang dan imigrasi yang menyeramkan akhirnya nyampe juga.
Bandara di Xiamen

Pengen lompat deh menembus awan

Tiba di bandara kita langsung dijemput oleh tour guide selama di Beijing miss Yeye, dibeliim mcdonald dan langsung jalan menuju hotel dengan minibus. Sampailah kita di Park Plaza Beijing Science Park Hotel, karena kepo gw ngecek harga nginepnya dan ternyata 1.3 permalem wkwk betapa beruntungnya kita :") Lalu miss yeye ngebagiin 5 buah kunci kamar dan kita disuruh tentuin sendiri kamarnya. Aini bareng sarah, shabrina sama arina, usman bareng dwipe, danur bareng gemi dan finally gw bareng sama ozi. Koper ozi relatif paling kecil dibanding sama yang lain, kebalikan sama arina yang kopernya gede dan bawaannya juga banyak. Btw gara-gara kerajinan mainan instagram dan instastory, gw jadi tau beberapa hal tentang roommate gw, salah satunya dia itu ketua himpunan di kampusnya wkwk. Kadang susah percaya  aja dengan muka sebocah itu bisa jadi kahim. Apalagi setiap dikatain kulitnya item, selalu jawab "maap" dengan melasnya wkwkwk.

Penampakan kamar hotel di Beijing

Sekitar jam 5an dibawa ke restoran china deket hotel. Akhirnya makanan cina pertama gw di cina haha. Gw adalah tipe yang nganggap makanan itu ya enak atau enak banget. Jadinya gw makan banyak dan membantu menggagalkan diet gw :")
Sekilas kayak bubur tapi ini yoghurt dengan taburan wijen

Setelah makan gw ngajak bocah-bocah buat maen, dengan seenak udel gw milih kamar dwipe sebagai basecamp buat kumpul-kumpul. Malem itu juga kita main ke kamar dwipe dan akhirnya kita memutuskan untuk berkeliling hotel wkwk. Sejujurnya kita sendiri bingung mau kemana, akhirnya jalan-jalan aja lurus ngebolang sambil foto-foto apa aja yang kita lihat. Gatau kenapa gw merasa daerah sekitar Beijing gelap, ga ada mal atau pusat hiburan lainnya. Sampai satu titik, shabrina merasa ga enak badan dan danur pun menemani pulang. Kita berdelapan tetap menelusuri jalan hingga akhirnya menemukan stasiun kereta. Disitu rasa penasaran pun muncul, gw pengen banget nyobain kereta di cina wkwk dan finally kita semua masuk ke stasiun tersebut. Awalnya temen-temen pada takut gitu, gw suruh dwipe nanya tapi dia ragu. Akhirnya gw tanyain deh dan bener, petugasnya ga bisa bahasa inggris. Gw cuma ngasih tau kalau kita mau ke stasiun xitucheng sambil nunjuk-nunjuk peta, akhirnya si petugasnya ngasih isyarat pake tangan. Tapi yang luar biasa, bahasa isyarat angka di cina beda sama di dunia pada umumnya, akhirnya gw kasih 100 yuan dan petugasnya ngasih tiket beserta kembalian 76 yuan. Ga lupa kita foto di stasiun dengan muka bahagia karena berhasil membeli tiket kereta
Toko Kelontong, simple tapi elegan aja
Keluarga Petualang

Entah bangunan apa tapi gw suka

Ekspresi bahagia bocah-bocah ketika akan naik kereta pertama kalinya di Beijing

Beberapa hal yang menarik di stasiun dan kereta di Beijing
1.  Sebelum masuk ke stasiun, barang bawaan discan sama sinar X, mirip pas di bandara
2.  Keretanya lebih lebar dibandingkan dengan Indonesia maupun Jepang
3.  Semua gerbong ada pintu pengamannya, tapi buka tutupnya pintunya juga lebih cepat

Akhirnya kita naik kereta cuma beda 2 stasiun dengan biaya 3 yuan perorang (sekitar 6 ribu rupiah). Dari stasiun xitucheng kita jalan kaki dulu sekitar 5 menit buat nyampe hotelnya dan baru bisa istirahat terus tidur.

10 September 2017
Hari kedua di Beijing, agenda hari itu adalah jalan-jalan ke tembok besar china dan summer palace. Karena google sangat susah diakses di china, maka perjalanan kita selama disini ga bisa ketrack google maps. Pagi-pagi sekali kita sudah sarapan di hotel dan jam 7.30 sudah harus berkumpul di lobi hotel. Disini gw rada-rada gimana gitu ama tour guidenya, gara-gara telat sekitar 10 menitan, dia seperti ngedumel sepanjang hari. Selama perjalanan sekitar 2 jam selain ngedengerin penjelasan mengenai sejarah tembok cina. kita juga mainan serigala di dalem bus dan karakter orang-orang makin ketauan wkwk.

Jam 10an kita sampai di tembok cina, bangunannya luar biasa eksotis, mantep banget orang-orang jaman dulu bisa membuat bangunan semegah ini di daerah perbukitan. Setelah masuk ke dalem, gak pake lama gw langsung keluarin tripod dan ngeset kamera buat foto bareng, gak lama kemudian kita ketemu bu yunny dan foto bareng-bareng di depan tembok cina. Setelah puas foto dibawah baru deh kita mendaki, ternyata sulit juga buat orang yang jarang olahraga kayak gw -_- ngelihat dwipe mendaki dengan santainya kadang jadi kesel wkwk. Sambil mendaki juga sambil berhenti sebentar buat ambil foto. Setelah sampai suatu point, kita kayak udah lelah buat ngedaki lebih keatas karena pemandangannya sama-sama aja. Akhirnya kita duduk dan dapet cerita motivasi dari bu yunny. Tour guidenya bilang harus udah balik ke bawah jam 12.15, tapi karena ada bu yunny kita jadi lebih selow wkwk. Di tembok cina ini udah runtuh kejaiman bocah-bocah sampai ada yang headstand di tengah kerumunan orang-orang haha.
Tour guide kita, miss yeye sedang memberi penjelasan tentang tembok cina dan beberapa dari kita tertidur

Muka masih pada seger sebelum pendakian panjang

Model tehitz badai jaman ima, mamah aini yang tiap difoto agak merem

Keluarga bahagia : Diwei yang putih, Umi Masha yang nyelip dan Cucu Ozi yang hitam

Minta fotoin diwei, setelah gw motoin dia dengan posisi dan setting exposure yang sama

Petuah singkat tentang hidup oleh mamah yunny di tempat yang warbyasah kece

Ozi, teman terbocah yang bisa headstand dan beberapa saat kemudian gw minta ajarin headstand

Setelah puas(aslinya belum puas) hiking di tembok cina, kita makan siang dulu di suatu restoran yang gw lupa apa namanya tapi all you can eat, lagi-lagi gw khilaf. Next, kita menuju summer palace, sejujurnya disini gw kesel wkwk soalnya berasa bentar banget, padahal banyak spot buat foto yang bagus.
Foto dulu sambil nungguin para wanita lagi pipis

Danur manusia terfast responses kalau di grup dan juga teman sesama fotografer

Kita cari foto yang latarnya cina banget ya - Fariz Azhar Abdillah

Foto full team, makasih miss yeye

Pengen naik kapalnya tapi ga kesampean :(

Komposisi Foto Leading Line. model : Asmen yang bisa diminta tolong kapan aja dimana aja dan apa saja
Destinasi berikutnya di hari yang sama adalah courtyard Beijing, gw agak bingung sebenernya ini tempat fungsinya apaan wkwk. Disini kita intinya opening ceremony dan makan-makan. Opening ceremony ga heboh-heboh amat, kita disuruh ngenalin diri, nonton video, terus ada speech dari bu yunny dan ada juga wartawan dari Indonesia yang ngeliput kegiatan ini. Dilanjutkan dengan makan malem termewah seumur hidup gw :")
Betapa kerennya spanduk dan jaket Huawei ini :")

Fusion dragon ball, setelah ini berubah jadi panda

Foto Enjoy : Foto automatic tanpa melakukan setting exposure atau pengaturan komposisi dan dilakukan dengan kamera depan pada hp

Makanan termewah sepanjang hidup saya

Kloter 1 dari sekian banyak kloter

Komposisi foto hits : foto pas lagi selfie
Selesai acara makan-makan, kita semua kembali ke hotel dan seperti malam sebelumnya, kita kumpul ke basecamp alias kamar dwipe untuk bermain UNO. Disini gw belajar UNO level extreme, aturannya seperti UNO biasa tapi ada beberapa aturan tambahan
1. Ga boleh sebut nama orang yang main
2. Ga boleh sebut angka
3. Ga boleh sebut warna

Bagi yang melanggar harus narik 2 kartu wkwk, selamat mencoba

Berlanjut ke part berikutnya

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...