Monday, August 22, 2011

Essay apa yang akan saya lakukan untuk R1D

Bismillaahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum Wr wb

Pada essay kali ini yang memiliki tema "apa yang akan saya lakukan untuk rohis 1 depok?" jujur saja saja saya merasa bingung dengan apa yang sebaiknya saya tulis. Hal yang saya khawatirkan, baik dari isinya maupun pendapat serta janji yang saya tulis tidak sesuai dengan yang saya lakukan baik sekarang maupun dimasa mendatang nanti. namun saya akan berusaha untuk berkomitmen dengan apa yang saya tulis dan mencoba bisa menjadi lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain.

pertama-tama sebelum menulis mengenai apa yang akan saya lakukan untuk rohis 1 depok saya ingin menceritakan mengapa saya memilih rohis 1 depok. Di kelas 10 yang lalu, ketika awal tahun ajaran. orang tua saya mengarahkan diri saya untuk menjadi "study oriented". Menurut saya ada benarnya juga mereka menginginkan saya untuk fokus terhadap pendidikan akademis di sekolah. namun saya masih diizinkan untuk mengikuti ekstrakurikuler tapi maksimal hanya 2 dan mereka tidak ingin saya terlalu sibuk dengan ekstrakurikuler saya. Lalu saya memilih Student Club dan NBK. Alhamdulillah mengikuti SC matematika memberikan banyak pengalaman dalam perlombaan walaupun sampai saat ini belum menghasilkan apa-apa. Selain itu saya juga bersyukur  dan senang bsa berkenalan dengan  kakak-kakak kelas di SC seperti bang adhika, bang ishaq dan yang lainnya. Sedangkan ekskul saya yang satu lagi, NBK rasanya begitu hambar selama setahun ini. Entah karena sering tidak mendapat jarkoman atau kurangnya ukhuah diantara anggotanya atau bahkan karena didominasi oleh akhwat. Karena merasa tidak memiliki ikatan apa-apa dengan NBK saya memutuskan untuk keluar dari ekskul tersebut. Lalu entah sejak kapan pula saya menaruh perhatian saya kepada ekskul yang memiliki ukhuah yang begitu kuatnya ini. Walau tahun lalu saya belum menjadi pengurus rohis, tetapi saya ikut merasakan ukhuah islamiyah diantara pengurus-pengurus rohis itu sendiri. Selain ukhuah islamiyahnya sendiri, Rohis 1 depok memiliki proker yang jelas. Diantaranya paras, arsi, tafakur alam dan sebagainya. Saya semakin ingin menjadi bagian dari rohis 1 depok ketika mengikuti tafakur alam. Kebetulan teman saya waktu itu, adit menjadi ketua TA dan dia merekrut panitia di luar rohis. Menjadi panitia pertama kalinya memberi pengalaman yang tidak bisa dipelajari di bidang akademis di sekolah. Waktu itu saya bahagia menjadi panitia, walaupun merepotkan tapi alhamdulillah TA fireflies sukses dijalankan. Lalu saya juga mendaftarkan diri menjadi seksi dekor pada paras patriot. Alhamdulillah juga acara ini pun sukses dan saya merasakan kepuasan dan kebahagiaan tersendiri selama menjadi panitia dan memperkuat ukhuah sesama panitia terutama sesama anak dekorasi, serta bisa berkenalan dengan adik kelas.

Alhamdulillah pula nilai akademis saya di kelas X cukup memuaskan sehingga orang tua saya mengizinkan saya memiliki leih banyak kegiatan termasuk diantaranya rohis 1 depok. Saya merasa bahagia orang tua saya memberi kepercayaan terhadap saya untuk mengikuti rohis 1 depok.

Jika ditanya apa yang akan saya lakukan untuk rohis 1 depok mungkin bisa dijawab secara umum dan khusus. Secara umum yang insya Allah akan saya lakukan untuk rohis 1 depok adalah ikut berdakwah. Berdakwah bisa saya mulai dai hal-hal kecil seperti menyebarkan sms tausiyah, mengajak teman untuk solat di Al-Wusthodan alhamdulillah hal ini sudah saya lakukan di kelas X. Insya Allah di kelas Xi ini saya akan melanjutkan hal tersebut. lalu untuk tambahan yang belum pernah saya lakukan di kelas X yaitu memberi kultum seusai solat di Al-wustho. Selain itu saya tahu proker rohis tidaklah sedikit. Saya berharap bisa berkontribusi dalam event-event yang akan dilaksanakan rohis 1 depok. Secara khusus, itu tergantung dari divisi yang saya pilih. Untuk sekarang saya masih bingung antara divisi medinbul dan akademis. Hal yang mungkin saya lakukan jika masuk dalam divisi mendinbul adalah membuat majalah HQQ yang cukup terkenal di kalangan siswa-siswi SMAN 1 Depok. Menurut saya sendiri, media cetak seperti majalah sangatlah menarik dibaca bagi para remaja. selain media cetak, dengan divisi mendinbul saya ingin agar blog dan twitter rohis 1 depok lebih terurus. menurut saya juga di zaman teknologi ini, dakwah menggunakan media internet adalah hal yang efektif. Lalu andaikan saya masuk dalam divisi akademis rohis 1 depok, insya Allah saya akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan sebelumnya seperti seminar penjurusan dan belajar bersama menjelang ujian. Karena divisi akademis memiliki kewajiban untuk menjaga dan mengontrol nilai akademis para pengurus rohis.  Salah satu hal yang saya pikirkan lagi adalah belajar bersama ini terbuka tidak hanya sebatas pengurus rohis saja, target utama divisi akademis mungkin hanya pada pengurus namun jika mengajak mereka yang bukan pengurus, mungkin saja mereka akan merasa tertarik untuk menjadi pengurus. Lalu kita sebagai akademis akan lebih fokus lagi dalam membuat rangkuman untuk pelajaran yang tingkat hafalannya tinggi dan membuat contoh soal yang berisi penjabaran cara mengerjakannya dan sedikit latihan pada soal yang eksak seperti matematika, fisika dan kimia. Dan menurut rencana saya sendiri, rangkuman dan soal latihan itu bisa dibuat dengan tulisan tangan maupun diketik lalu disebarkan kepada teman-teman pengurus rohis 2 minggu sebelum ujian. Insya Allah ini bisa membantu meningkatkan nilai akademis para pengurus rohis 1 depok. Kita harus bisa menunjukkan kalau kita bisa berprestasi walau memiliki banyak proker dan syuro dalam kepengurusan. Intinya adalah tawazun antara akademis dan non akademis agar mencapai hasil yang diinginkan.

Mungkin ada benarnya pendapat orang tua saya bahwa jika terlalu aktif berorganisasi konskuensinya adalah turunnya nilai akademis. Namun pikiran saya tahun ini berbeda dengan waktu kelas X. Saya yakin jika seimbang antara kesibukan di akademis, organisasi dan kegiatan lainnya insya Allah tidak akan memberi dampak negatif.

Insya Allah akan banyak pengalaman yang didapat di rohis 1 depok yang tidak akan pernah bisa dipelajari di akademis sekolah. Semoga essay yang saya buat ini dapat dipertanggungjawabkan oleh saya sendiri dan dapat bermanfaat bagi pembacanya. Afwan jika terdapat kesalahan kata baik makna maupun ejaan. Kurang lebihnya mohon maaf.

wassalamualaikum wr wb 

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...