Wednesday, September 28, 2011

Marathon MIPA SMAN 8 Jakarta - Hari H lomba

assalamualaikum wr wb

melihat jalan ke jakarta yang tidak bersahabat. Akhirnya gw dan ucup mutusin untuk berangkat naik kereta, kumpul di depan ITC jam setengah 7. Kali ini gw ga berpikir ngaret, NO NGARET. Gw gamau ngaret sampe2 gara-gara gw telat berangkat, ga dapet kereta dan telat lomba dan akhirnya didiskualifikasi. Miris banget kalau sampe hal itu yang gw tulis di blog -__- telat sih iya tapi yang jelas bukan gw haha

ketika lagi di kamar mandi untuk defekasi, tiba-tiba hape berdering dan ternyata fauzan nelpon, ternyata dia udah sampe depan ITC padahal itu masih jam 6 lewat 10. Dia minta gw cepetan kesana, kasian juga kalau sendirian akhirnya gw buru-buru langsung caw ke ITC. Nyampe sana udah ada stevanny juga dan sepertinya fauzan dan stevanny sedang berdiskusi tentang kimia. lalu ga lama kemudian reyhan dateng dengan jaket sombongnya. Karena udah jam 6.30 gw sms yang lain yang belum dateng. Ucup ngebales dan dia lagi makan -___- terus steffi, iddad dateng. Dan tinggal spesialis biologi yang belum dateng. Apa memang di SC biologi di budayakan ngaret? wkwkw akhirnya rara dateng dan tinggal sang ketua SC yang belum dateng. Harusnya kebiasaan ngaretnya bang ulil tuh jangan diwarisin ke Ucup tapi ternyata dari dasarnya ucup udah tukang ngaret. Akhirnya jalan duluan ke arah stasiun dan tiba-tiba dari belakang nongol ucup dan langsung jb jb ke kita. Alhamdulillah semuanya lengkap dan siap berangkat ke sman 8 jakarta. Tim Fareyzaroz yang terdiri dari fariz, reyhan, zaky dan rozma lalu tim Yustenidad yang terdiri dari yusuf(ucup), steffi, stevanny dan iddad. Kelihatan kan nama timnya digabung berdasarkan nama depan kami hehe.

Ternyata fauzan dan reyhan itu seumur hidup belum pernah naik kereta wkwk. Terus pas beli tiket juga ada hal bodoh. Karena kita buru-buru, nanya ke penjualnya yang berangkat lebih dulu itu ekonomi atau commuter. Kata orangnya ekonomi dulu, terus beli 8 tiket dibayar dengan uang 20rb. kembali 10rb. awalnya agak bingung berarti 1 orang 1250? tapi bodo amat bukan gw yang bayar, eh baru beberapa langkah tiba-tiba dipanggil katanya uangnya kurang -___- udah gitu sama keamanannya kita dibilang kayak di pasar, malu2in kah? bodooo amat mau malu atau enggak yang penting sehat walafiat#eh. Terus nunggu kereta apinya sambil buka buku, gw ama iddad bawa buku yang sama dan diskusi, rara dan ucup ngobrol doang, stevanny nanya2 ke fauzan, sedangkan gw bingung dengan reyhan dan steffi yang jarang berdiskusi. Setelah nunggu 10 menitan kereta ekonomi lewat dan dalam hati bilang "innalillahi......" keretanya sumpeeeeek banget
kurang lebih penuhnya kayak nih foto, akhirnya daripada nyampe sana udah gepeng, mejret bete gara-gara kereta yang sumpek dan bau keringet dan dan dan banyak hal lainnya, kita ber8 beli lagi karcis kereta commuter. Kemudian kita muter balik ke luar, konyol juga dilihatin baru masuk keluar lagi, beli lagi yang commuter, karena kita ber8 jadi heboooh gitu ngobrol ana ini unu. 10 menit kemudian commuter line dateng dan alhamdulillah kita melakukan tindakan yang benar. Keretanya ga penuh dan ACnya dingin.Akhirnya kita jadi bisa ngobrol bahkan belajar. Iddad dan steffi di depan pintu sambil buka buku mtk dan fisika. Ucup dan rara malah diskusiin campbell. Gw juga awalnya pengen belajar tapi takut tegang sendiri akhirnya jadi ga belajar dan ngobrol sama reyhan dan fauzan, kadang-kadang stevanny nanya-nanya juga ke fauzan soal-soal kimia. Karena bersama-sama dengan teman-teman, waktu perjalanan jadi terasa sebentar. Pas pintunya dibuka, karena ga mau repot kita ngambil pintu sebelah kanan biar ga usah nyebrang, tapi kudu lompat dan yang cewe-cewenya itu pada takutan pas lompat wkwk. Keluar stasiun terus naik metro mini beberapa saat kemudian sampai di SMAN 8 Jakarta.

Nyampe di SMAN 8, registrasi formulir, nempelin foto dan nyari LOnya dan segala macemnya. Terus ketemu anak Smanti yang juga ikut lomba marathon mipa. Kita sempet lihat sebentar openingnya, terus solat duha dulu. Baru nyadar juga kalau yang cowo semuanya CPR. Terus lama di mesjid SMA 8 yang besar nan indah, jadi iri lihatnya hehe tapi alhamdulillah juga sih alwustho itu rame terus. Selesai solat duha keluar buat ngelihat pertunjukannya. Bingung antara ini paskibra atau modern dance karena bajunya paskib tapi gerakannya kayak modern dance, tapi gerakannya benar-benar keren habis. Terus baru deh modern dance. Gw ngobrol sama rara tentang modern dance, mungkin ga ya di smansa bakal ada modern dance wkwkwk. 

Lalu lomba pun segera dimulai, nah bagian ini mulai seru. Gw lihat anak penabur gading serpong, medalis emas osn 2010, jeremiah riker. Lalu perunggu osn 2011 yoshua juga ada. Katanya iddad ada juga cewe namanya dhata yang meraih perak. Serem juga nih di ruangan gw udah ada 3 medalis OSN yang levelnya diatas bang dika. Tapi udahlah ga usah dipikirin yang penting ngerjain soal tesnya dengan lancar dan tenang. Akhirnya soal tes dibagikan, tingkat kesulitan soalnya hmm setingkat osk dan osp. Masih jelas tapi ada beberapa soal yang menurut gw lucu, 2010x+2011y=4477 dan 2011x+2012y=7744. tentukan x + y. Kok gampang ya? terus yang lucu lagi ada minuman A dan minuman B dengan kadar soda 60%. keduanya dicampur membentuk minuman C, berapa kadar sodanya? ini juga gampang tapi kok jadi aneh ya. Terus soal yang terakhir yang aneh bin ajaib. x+y=16 dan x^2 + y^2=61, tentukan x^3+y^3 ini soal gampang dan udah tau caranya tapi lucunya hasilnya itu minus. masa pangkat tiganya malah minus, rasanya aneh banget -__- Yang paling lawak adalah pas ditengah-tengah panitia bilang, kalkulator untuk matematika disimpan ya, jangan dipakai lagi. EH???? ternyata beberapa peserta yang lain daritadi pake kalkulator??? emang sih ada peraturan boleh pake kalkulator tapi masa beneran dipake buat matematika. Kalau dilihat ada 2 nomer yang bisa dihitung dengan kalkulator. Gimana sih panitianya, peraturannya harusnya dibuat lebih spesifik. walau begitu gw sendiri puas berhasil mengerjakan beberapa soal yang butuh manipulasi haha emangnya bang dika doang yang boleh manipulasi seenak jidat wkwk. 

Selesai lomba penyisihan muka gw rada-rada seneng dan khawatir, seneng bisa ngerjainnya lebih baik dari sebelumnya namun takut juga ga lolos atau gara2 gw nilai tim kebanting. Awalnya mau beli takoyaki yang dijual di dalem tapi harganya glek bikin ga jadi beli, mendingan beli di detos jauh lebih murah haha. Karena kita elit(ekonomi melilit) akhirnya kita keluar sman 8 dan beli jajanan di luar smandel. Hehe jauh lebih murah dibanding harga-harga di dalem. Jadinya kita beli ketoprak seharga 7rb tapi porsinya peliiiit banget. Habis makan balik ke sman8 buat solat zuhur terus selesai solat gw muter-muter sendiri buat ngelihat penampilan saman dari sekolah-sekolah lain yang keren-keren. Tapi strada tetaplah yang terkeren(walaupun gw ga sempet lihat strada tampil). Di sman 8 gw juga banyak lihat para pemenang osn berkumpul, bahkan medalis IMO juga ada. Duh kapan ya bisa punya medali -__- lalu balik ke mesjid dan berkumpul sambil beristirahat sejenak bersama teman-teman. Gak lama kemudian hasil babak penyisihan di tempel, dan kita semua lolos!!!! gw udah kesenengan ga jelas karena bisa lolos babak pertama, perjuangan tadi pagi ada hasilnya juga. Lolosnya tim gw dan tim ucup membuat kami bisa mengikuti babak cepat tepat. Babak yang menurut gw bakal seru karena ga cuma ngerjain soal doang, tapi diadu ketangkasan dan mental kami.

Setelah pengumuman yang lolos ke babak penyisihan, kami dikumpulkan ke dalam ruangan dan alhamdulillah di kasih konsumsi hoka-hoka bento, rasanya dari awal makanannya jepang-jepang semua. Di stand ada sushi, takoyaki, okonomiyaki dan sekarang di kasih makanan hokben. Untuk teknis babak kedua ternyata cukup perwakilan dan akhirnya ucup dan rara yang mewakilkan(sekalian hukuman atas keterlambatan). Ketika keluar ruangan, gw udah ga tahan dengan rasa lapar jadi hokbennya langsung gw lahap. Eh temen-temen gw malah makin serius dengan buku pelajaran, reyhan yang dari awal ga ngeluarin buku baru aja ngeluarin buku terus belajar.Gw doang yang paling santai bisa makan-makan sementara iddad sampai ga napsu makan. Entah kenapa gw udah selow dengan babak berikutnya. Begitu ucup dan rara kembali mereka membawa kabar baik dan kabar buruk. Kabar baiknya ruang babak cepat tepat kami seruangan, jadi tim ucup dulu yang LCT baru tim gw yang LCT sehingga kami bisa mendukung dan menonton LCT tim ucup. Kabar buruknya adalah lawan kami, untuk tim ucup lawannya SMANU MH Thamrin dan SMAN 2 Jakarta. Masih ada kesempatan menang. Namun lawan tim gw adalah SMAK BPK PENABUR GADING SERPONG dan SMANU MH Thamrin. Jder penabur gading serpong kan yang pas babak penyisihan peringkat pertama. Udah deh pasraaaaah rasanya dapet lawan seperti mereka. Tapi melawan mereka itu punya sensasi tersendiri.

Dimulai dari tim ucup, mereka duduk di tengah, di sebelah kiri dari mht dan kanan dari sman 2 jakarta. Yang konyol adalah soal biologinya ngelawak banget, oke ngelawaknya ga bisa gw ceritain karena ribet sendiri. Aturannya juga lawak. Boleh pake kalkulator. Pas ada soal berapa tan 15 ada tim yang langsung make kalkulator dan itu diperbolehkan. Lawak ga tuh? Pas tim ucup lct gw juga coba jawab beberapa soal dan alhamdulillah gw bisa hehe tapi itu karena gw duduk dibangku penonton tanpa merasa tertekan dan bisa berpikir tenang, pasti beda atmosfernya kalau udah maju di depan. Akhirnya MHT keluar sebagai pemenang dan selisih skornya ga jauh-jauh banget, bedanya 300-500 ama tim lain(tau gak kalo tim gw bedanya sama penabur berapa?) dan sekarang LCT tim gw akan dimulai.

Kedapetan duduk di paling kiri, di tengah penabur gading serpong dan dikanan MHT. Kalau gw lihat, anak penabur yang duduk paling kiri itu jeremiah yang emas osn, terus gw lihat namanya kezia, perasaan pas lihat pengumuman dia perak biologi dan yang kimia dan fisikanya gw gatau. Yang jelas mereka semua kelas 12 dan medalis osn semua -__- dari awal udah berasumsi seperti itu dan rasanya harapan buat menang itu kecil banget. Tapi wajarlah ibarat anak sd melawan anak sma, kami yang bahkan belum mengkhatamkan materi mipa kelas 10 11 12, belum sampe osn, belum punya pengalaman yang cukup harus melawan mereka yang sudah kelas 12, medalis osn, udah ikut pelatnas dan pengalaman yang banyak dalam lomba. Lomba kali ini gw udah iklhas mau menang dan kalah yang penting alhamdulillah Allah sudah memberi kesempatan untuk maju ke babak kedua dan bisa mencoba beradu kecepatan dengan jeremiah yang emas OSN. Keganasan tim penabur sudah terlihat jelas sejak tim MHT. Pas jurinya baca soal, reaksi yang paling sering muncul dari tim kami adalah "hah? itu apaan?" kebingungan ga ngerti maksud soalnya, sedangkan yang MHT diskusi dan yang penabur langsung coret-coret kertas dengan kecepatan tinggi(gw lihatin soalnya nganggur gatau jawabannya) dan pas juri bilang waktu sebentar lagi, tangannya tim penabur sudah siap2 memencet bel. Begitu juri bilang 4 3 2 1 waktu habis langsung bunyi bel teeeet dan tim mereka langsung jawab. Kipa lihat mereka wkwkwk saking stres jadi ikhlas aja. Tau gak sih? pas ada pertanyaan tentang banyaknya kombinasi pasangan tempat duduk, jeremi menjawab 113 tapi kata juri salah. lalu mereka berdebat menjelaskan prosesnya dengan suara keras, tim mht dan smansa makin kicep aja lihat mereka debat sama juri, lalu juri ngitung-ngitung ulang, diskusi dan ternyata jawaban mereka benar. Sadiiiiis benar, apalagi pas soal fisika, reyhan pas baru denger beberapa kalimat soalnya udah pasrah tetapi mereka langsung coret2 kertas mereka dan siap menekan tombol. Dan akhirnya mereka merebut angka lagi dari kami. Masuk babak rebutan dan perbedaan skor kami sampai 1000 -___- ini mah udah jelas kebantai. Bakal lebih kebantai lagi di babak rebutan. Beda sama tim ucup sebelumnya, di babak rebutan banyak yang tidak dijawab sehingga perbedaan nilai antara babak penyisihan dan rebutan ga jauh beda. Tapi kali ini enggak, tim penabur makin gilaaa aja cepet2an jawab soal. Pas juri baca soal tim gw cengo hah heh hah heh ga ngerti, tim mht coret2 kertas dan begitu juri selesai baca soal langsung teeet, tim penabur langsung jawab soalnya. krik krik banget mereka terus yang jawab. Pas bagian mtk ada soal diberikan fungsi f(x)=1+x+x^2+x^3....+x^2011 tentukan f '(1). Ini soal gw ngerti, baru mau gw turunin dan gw subtitusiin ama 1 sehingga jawabannya 1 +2+3+....+2010, jeremi udah pencet bel, teeeet. Ternyata kemampuannya memang sangat jauh, kecepatan memahami soal dan menghitungnya emang dewaaa. Pasrah aja kalau ada soal matematika, pas gw baru seperempat jalan dia udah selesai.Ngenes sih tapi wajar-wajar aja karena dia memang udah dewa. Akhirnya tim kami kalaaah telak, skor kami cuma 150 sedangkan penabur 2000 lebih. Kalau dibilang memalukan? rasanya enggak yaa ibarat anak sd lawan sma lah. seenggaknya kekalahan telak kami membuat kami lebih bersemangat untuk mengejar ketinggalan kami dengan anak-anak lainnya. Setelah lomba selesai kami pun melanjutkannya dengan solat ashar di masjid sman 8 yang besar nan megah.

Setelah itu sebelum pulang ke depok tercinta, kami berkumpul dulu dan bertemu anak strada dan anak smanti. Karena tujuan kita sama yaitu depok city, kita ngajakin pulangnya bareng-bareng. Biar makin rame dan makin seru. selain itu rara juga bawa kamera dan akhirnya foto-foto dulu deh buat kenang-kenangan tapi fotonya belum diupload rara. Lalu pas mau foto ada insiden lucu yang dilakukan seseorang terhadap seseorang yang dilakukan tanpa sengaja karena salah orang(identitas dirahasiakan). Kalau kemarin pulangnya naik bajaj sekarang naik angkot. Walau sempit gara-gara ada 8 anak SC + 2 anak strada(aisyah dan manda) dan + 4 anak SC smanti tetap aja jadi rame dan heboh angkotnya. Hehe walau lomba kalah tapi seru-seruan sama teman-teman merupakan pengalaman yang menyenangkan, ga pernah kan pas smp kayak gini. Nyampe di stasiun tebet terus beli tiket dan naik kereta api commuter jurusan depok bogor. Nunggu ga terlalu lama, ngobrol-ngobrol dicampur senang dan sedih. Senang karena hari itu seruuuuu banget tapi sedih karena ga membawa apa-apa buat sekolah. Pas di kereta ga kebagian tempat duduk(4 kali naik dan 4 kali diri terus) namun karena rame-rame jadi ga kerasa berdirinya lama. Karena cowo-cowonya jarang naik kereta api dan bahkan ada yang belum pernah, jadi pada norak wkwkwk berpegang-pegangan pada satu orang. Kadang megang iddad atau megang ojan. terus kalau keretanya tiba-tiba jalan pada kedorong ke belakang gitu wkwkwk. Ga kerasa tiba-tiba udah sampai stasiun depok baru aja. turun dari sana berpisah dengan beberapa kawan dan akhirnya tinggal gw ojan ucup iddad rozma dan manda. Sebelum naik angkot solat dulu di ITC. Setelah itu barulah kami berpencar dan pulang ke rumah masing-masing dengan berbagai macam perasaan. Pas di angkot stevanny sms nanya2 nyari lomba itu gimana, bersyukur banget orang yang mau nyari-nyari lomba nambah :D terus ojan juga nanya2 hal yang sama. Namun beberapa lama kemudian ucup sms dengan nada menyedihkan, dia di cengin orang tuanya daleeeeem banget. Karena kasihan gw semangatin deh padahal gw sendiri juga lagi butuh penyemangat. Mungkin ini belum saatnya kita memenangkan lomba, tapi gw yakin suatu saat pasti bisa membawa pulang medali atau tropi untuk smansa. semangat!!!! Must Get Golds!!!(ganti semboyan)

wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...