Saturday, September 24, 2011

Marathon MIPA SMAN 8 Jakarta - Pra lomba

Assalamualaikum wr wb

Setelah regenerasi SC yang sangat sangat formal dan diamanahkan menjadi wakil ketua SC yang awalnya gw pikir bakal gabut, ternyata itu salah dan sibuknya nauzubillah serasa ketua. Gw merasa tugas gw di bagian lomba eksternal, nyari lomba, daftarin lomba, ngelaporin dan semacemnya. Ditambah membantu memberi saran kepada ucup yang sering galau dan eror. Oke lomba pertama yang diikuti ketika kelas 11 ini adalah marathon mipa di sman 8 jakarta. Awalnya gw nyari-nyari di forum osn dan grup di facebook sehingga bisa menemukan blog tentang lombanya. lalu gw taro aja linknya di grup fb dan ternyata sarpan nanggapin dan nyuruh ikut. Awalnya agak males ikut tapi setelah ada yang nanggapin, gw sms ucup tapi ga dibales baru besoknya dia bales dan akhirnya kita setuju mau ikut itu lomba*yeeeah lomba* 

Hal yang ga pernah gw lakukan sebelumnya terjadi, nentuin siapa aja yang mau diikutin untuk lomba kali ini. Untuk mtk dan fisika alhamdulillah jelas, gw iddad dan reyhan steffi. Namun permasalahan muncul di biologi dan kimia. Untuk biologi peringkat 1,2,3 berturut-turut lisbet,rara dan ucup. tapi karena rara kordinator biologi dan ucup ketua SC, jadinya merekalah yang mewakili biologi dan itu masih logis. Untuk kimia awalnya udah setuju kalau fauzan dan sarpas tapi semuanya berubah ketika hari senin itu. Ketika lagi liburan 3 hari, gw dan ucup janjian ketemuan ama bu rusika buat minta duit ngejelasin lomba. Lalu bu rusika bilang, yang ikut pilih yang "bagus-bagus" ya. Nah gw ama ucup langsung galau gitu, kalau milih sarpras kan peringkatnya jauh dari yang atas tapi ga enak dia udah diajak. Akhirnya setelah bergalau-galau ria untuk menentukan siapa yang ikut, dipilihlah Stevanny yang peringkat 3, awalnya mau fadil kusuma yang peringkat 2 tapi dia ga bisa dihubungi. Sumpah waktu itu gw ga tau stevanny yang mana(ga gaul amat ya gw -__-)

Ngurus lomba itu ternyata ribet binti susah binti betein binti......(tak terhingga#maaf ga jelas) di mulai dari transfer duitnya, mana gw ga pernah transfer duit ke rekening orang, untuknya bokap gw bantuin haha. Lalu harus jarkom teman-teman sekaligus ngejelasin tentang lombanya gimana(ini masih agak mudah). Yang ga enak itu dan ngebetein bete sebete-betenya bete pas buat surat keterangan mengikuti lomba dari sekolah. Pa X itu ribeeeeeeeeeeeeeeeeet banget harus bilang ke pa teguh lah, ceramah inilah mana nada bicaranya sangat tidak ramah. Akhirnya harus fotokopi dulu nyari-nyari pa teguh. Kemudian pa teguh baca teknis lombanya, minta fotokopiin dan akhirnya kembali ke TU minta buatin surat keterangan mengikuti lomba dari sekolah sama staff yang super duper ribet. Akhirnya setelah jadi gw kembali ke kelas tanpa menikmati waktu istirahat gw -__- beberapa lama kemudian fauzan nelpon kalo kartu pelajarnya hilang.Kan kartu pelajar harus ada buat ngikutin lomba, dia minta tolong ke gw buat minta buatin kartu pelajar yang baru ke TU. Rasanya males banget balik ke TU pas lagi bete-betenya sama salah satu orang TU. akhirnya baru besoknya ke TU minta kartu pelajar, trus fotokopi dan ngelengkapin berkas buat daftar lomba. Uang udah ditransfer, foto dan persyaratan lomba sudah selesai, tinggal scan dan kirim. seharian jumat itu gw ribet dengan formulir dan rapat buat mubes SC. Gara-gara itu juga ga bisa ngedukung space two di lomba garuda(sediiiiiih T_T) tapi alhamdulillah menang, maaf space two gw jadi sibuk sendiri ga dukung kalian. Lalu ketika mau nyecan, ternyata satu kali scannan 1rb rupiah dan ada belasan lembar yang harus di scan. Udah masuk warnet dan hampir mau nyecan, untunya ada bocin di samping gw. ternyata di rumahnya ada scanner akhirnya gw memutuskan nyecan di rumah bocin, biar ga keluar duit haha. Akhirnya gw nungguin bocin selesain lombanya baru nganter dia kerumahnya dan akhirnya nyecan semuanya. Alhamdulillah pas pulang nyampe rumah tinggal kirim lewat email dan tugas pun selesai :D

Selain itu persiapan untuk lombanya membuat gw merelakan waktu santai gw, misalnya jam kosong daripada main yugi di laptop bawang, atau keluar jalan2 ngobrol2, atau ga jelas gila2an dan semacamnya, gw lebih sering bersama buku soal yang gw colong pinjem dari pa bejo. Kalau nganggur mendingan kerjain itu, pelajari bentuk soalnya dan lihat cara penyelesaiannya. Kalau bisa nyelesain soal yang susah gw langsung seneng gak karuan kayak serasa mau terbang#maaflebay tapi kalau ga bisa betenya serasa pengen mukul dan menghajar orang, pas lagi bete-betenya ga nemu jawaban, adit malah ngejitakin gw akhirnya karena bete gw udah tak tertahankan, gw hajar aja si adit. Makanya soal olimpiade itu bagi gw kayak pedang bermata dua, menambah semangat dan mood kalau bisa berhasil ngerjain tapi kalau enggak, bawaannya penasaran dan keseeeeel banget. Itu juga buat ngerjain soal kadang harus nyuri jam lain, paling enak pas pelajaran bahasa inggris ngerjain soal susah ga jelas itu atau pas pelajaran pa deden juga masih bisa. Namun tetep aja gw merasa makin freak, bagaimana ya level freak gw kalau bisa sampe tingkat yang lebih tinggi? ga ngebayang deh. Untungnya kestresan gw ga begitu menurunkan nilai ulangan gw, alhamdulillah fisika dapet 95 tapi masi rada bingung aja dengan perbedaan kata perlambatan dengan percepatan, kalau perlambatannya 5 maka percepatannya -5 kan? tapi kenapa perlambatannya dianggap 5? oke sebaiknya ini ga dibahas. Seneng banget pas ulangan mtk selesai sesuai targetnya, target gw waktu itu agak gila, harus bisa selesai sebelum bel pertama bunyi dan alhamdulillah sebelum bel pertama bunyi udah kelar haha. Tapi belum ada yang ngumpulin jatuhnya jadi bosen akhirnya bantuin daryl aja deh. Lalu kimia gw lupa nilainya 92 atau 82 tapi yang jelas karena suatu faktor X gw yakin kimia gw bakal baik-baik aja hehe. Semoga aja nilai lain ga keganggu gara-gara lomba. Jadi bisa sedikit lebih tenang untuk lomba di sman 8.

Kirain setelah itu udah ga ribet lagi tinggal dateng pas lomba dengan tenang, namun banyak masalah dari yang bodoh suram sampe yang bikin gw stres tingkat dewa. Dimulai dari sarpas yang bete gara2 kebodohan gw dan ucup, lalu jam istirahat gw yang kepake buat ngebahas lomba ana ini unu sampe2 gw cabut biologi(ini sih alhamdulillah), bikin undangan sc yang ga jelas bentuk geometrinya dan ganyambung ama tema mtknya, lalu pra ldk rohis yang tanpa persiapan, dan ngaretnya Ucup pas techmeet. Techmeet itu ya mulainya jam 1 tapi bayangin aja, udah jam 1 lewat 15 ucup baru makan di 88. Akhirnya techmeet yang diikuti gw stevanny dan ucup itu datengnya telat. naik kereta api ekonomi yang sumpah sumpek abis biar cepet lalu naik bajaj seharga 8rb dan nyampe sana jam setengah 3(techmeetnya padahal selesai jam 3) dan ternyata kita techmeet sendiri karena yang lain udah pada pulang, ngenes banget deh. Di jelasin tentang beberapa aturan lomba. Yang bikin konyol adalah peraturan boleh pake kalkulator(selanjutnya gw ceritain pas hari H lombanya) untungnya pas techmeet dikasih kue haha bersyukur soalnya gw udah laper banget tuh. Pulangnya bisa dibilang lebih sial dari perginya, naik bajajnya 10 rb -__- padahal perginya 8rb doang. terus pas di kereta, kita naik commuter yang harusnya dingin sejuk pake ac tapi kedapetan yang acnya mati, oke sial bener tuh waktu itu. Pulang dari sana mampir ke plaza depok beli mcflurry dan pulangnya beli nasi goreng abang-abang, nice banget kan makanannya padahal gw lagi batuk. Pulang dari sana, mandi solat makan langsung buka buku mtk dan laptop ngereview materi kelas 2 dan kelas 3. Mau muntah pas baca integral dengan segala rumus tijelnya. Pas itu tiba-tiba disms anak sman 8, fotonya kurang dan bawa bukti pembayaran, langsung rada panik karena bukti pembayaran ada di sekolah dan foto masih ada yang kurang. Tapi alhamdulillah masalah itu kelar dan akhirnya bisa tidur (agak) tenang untuk lomba keesokan harinya. Satu pelajaran yang gw ambil, mengkordinir, mempersiapkan dan mendaftar lomba itu SUSAH. Tapi ini adalah titik balik dari kehidupan gw yang di smp ga pernah ikut lomba dan di SMA ini gw bisa memonopoli semua lomba haha tapi bisa stres sendiri -_-

Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...