Monday, October 17, 2011

Semifinal Pelangi Matematika dan perjuangan berikutnya......

assalamualaikum wr wb

hampir lupa untuk ngepost tentang babak semifinal pelangi matematika, alhamdulillah pas penyisihan bisa masuk 40 besar dan lolos ke semifinal. Namun dari semifinal ke final adalah kendala yang sangat susah, hanya diambil 6 besar#glek jdar jdur(maaf tijel). Tapi dalam hal ini tidak boleh mudah menyerah bahkan tidak boleh menyerah sama sekali, tidak ada kata menyerah dalam kamus kehidupan gw selama masih realistis dan mungkin terjadi.  Sehari sebelumnya bocin shock setelah gw kasih tau kalau gw ga ikut uts wkwkwk#maafcin. Berawal dari pagi hari, terbangun lebih pagi di hari pertama uts, tapi tujuan gw bukan ke sekolah melainkan ke UNJ. Berangkatnya kali ini cuma sama ahmad faris. Mota kagak masuk semifinal, lalu teman-teman seperjuangan seperti ucup dkk semifinalnya hari sabtu. Karena dikit akhirnya gw dianterin bokap gw kesana bersama bu jaenab. Bu jaenab baik banget mau nemenin sekalian jagain ahmad faris biar ga terjadi hal yang tidak diinginkan. Janjian di detos jam 5.30 kemudian ketemu bu jaenab di sana. Berikutnya ke halte ui untuk jemput ahmad faris. Dari sana langsung caw ke UNJ dan alhamdulillah ga macet dan sampai lebih cepat dari sebelumnya. Suasana dan atmosfer kali ini jauh berbeda dari babak penyisihan. Di babak semifinal ini kebanyakan cina-cina sipit yang lolos dan kebanyakan mereka saling mengenal(mungkin kenal pas osn atau pelatnas) lalu ruangannya juga lebih eksklusif. Dari depok yang mewakili adalah gw, faris dan rizky(anak pribadi yang kemarin osk peringkat 3). sekitar jam 8 lebih tes dimulai. Tes hanya terdiri dari 15 soal isian dan 2 essay. Soalnya daripada olimpiade lebih mengarah ke pelajaran sma 1 2 dan 3. Karena ada integral, matrix, difrensial dan semacamnya. Sedangkan materi olim hanya aljabar, number theory, kombin dan geometri. Hal terbodoh adalah gw hanya bisa mengerjakan satu soal essay, padahal nilai essay itu sangat besar yaitu 20 tapi apa boleh buat gw emang masih sedikit ilmunya. Selesai lomba, ada istirahat(kurang lebih 2 jam) sambil menunggu kami bisa jajan, melihat pameran buku dan yang paling menarik adalah pameran permainan matematika. Dimulai dari software matematika, ular tangga matematika dan yang paling lucu adalah domino matematika

Sekitar jam 12an baru diumumin 6 besar yang masuk ke final dan orang-orangnya udah bisa gw tebak siapa aja yang masuk final. Tapi hal yang bikin gw kaget dan sedih adalah peringkat gw merosot dari yang sebelumnya ke 29 menjadi ke 34. Sementara faris naik dari 30 menjadi 23. Jadi kurang bersemangat dan ingin menenangkan diri dari yang namanya lomba, tapi di tengah kegalauan dan kesedihan gw selalu ada ucup yang menhibur(begitu pula sebaliknya) alhamdulillah masih bisa pulang ke rumah siang hari jadi masih bisa belajar buat uts. Dengan uts ini beban pikiran gw akan matematika jadi sedikit menghilang namun sekarang uts sudah selesai dan kepala gw bingung dengan yang namanya lomba-lomba lagi.

Gw bingung bagaimana menghadapi lomba yang datang beruntun bagaikan hujan deras#abaikan. Setelah melewati sabtu minggu tanpa lomba kemarin, minggu depannya ada lomba matematika yang diadakan binus. Awalnya udah ga mau ikutan tapi dipaksa bu rusika lagi jadi mau gamau ikutan lagi. Tapi lomba ini bakalan aneh dan sedikit beda dari yang lain. Berikutnya yang ada dipikiran gw, bakal ada pesta sains ipb, lomba yang diadain mahasiswa ugm, pesta buku senayan. Nauzubillah sabtu minggu gw lama-lama habis buat kayak ginian. Ini memang pahitnya perjuangan(belum nikmatin manisnya perjuangan). Masalah baru adalah mencari penerus tapi belum kebayang. Anak SC matematika kelas 10 belum kelihatan yang menonjol dan ambisius. Sekalipun ada yang kelihatan bagus pas uts nilai matematika ada yang 46 dan 66. Kenapa ga ada anak sc matematika kelas 10 yang dapet 90 keatas ya padahal materi kelas 10 awal itu logaritma dan fungsi kuadrat yang banyak keluar di olim. Jadi agak ragu untuk mengajak anak kelas 10 ke suatu lomba berhubung belum pernah ngajarin anak kelas 10 juga, cuma 2 kali tes doang. Semoga aja punya penerus di sc matematika dan lomba berikutnya bisa memberikan hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...