Sunday, October 16, 2011

Sharing Session ketika Akar

Assalamualaikum wr wb

kali ini mau share beberapa pemikiran gw aja hehe karena sedang galau(blog ini dibuat untuk menampung kegalauan gw). Jadi kemarin gw habis dari salah satu sekolah favorit di depok, ada acara pentas seni dari sekolah tersebut jadi gw dateng deh. Dari semua acara di pensi tersebut yang paling gw nikmati adalah teater kaca dan tari samannya. Gw sendiri merasa ga tertarik dengan band-bandnya dan lagu-lagu metal tersebut#jujur aja dah. Selain itu pas pensi gw dapat beberapa hal yang bisa jadi pelajaran buat gw dan orang lain dimulai dari curcol dengan beberapa teman-teman smp gw di sekolah tersebut.

Masuk ke dalem disambut teman sebangku pas kelas 7 atau lebih tepatnya fanta gw disita(dan pas pulang lupa gw ambil) -__- entah kenapa minuman juga disita. seenggaknya buku pelajaran ga sampe disita juga(inget BT yang disita waktu paras) lalu masuk ke dalam bertemu beberapa teman smp yang sekolah disana. Rindu, kangen, bercampur rasa nostalgia. Itu yang gw rasakan. Namun satu setengah tahun bukanlah waktu yang sebentar. 1,5 tahun mungkin sudah merubah pola pikir gw dan teman-teman smp gw. Beberapa hal kadang gw konek tapi bebrapa hal juga enggak konek. Enggak nyangka dulu bersama mereka ngomongin apa aja bisa langsung ketawa terbahak-bahak tanpa harus menyaring setiap ucapan yang keluar. Namun entah kenapa gw jadi lebih jaim dari biasanya. Gw merasa bingung dan bingung, kenapa gw jadi bingung untuk ngobrol sama sahabat smp gw? apa topik pembicaraan kami sekarang sudah berbeda? ternyata memang sudah berbeda dan hal itu membuat gw sedih namun gw sadar, seiring berjalannya waktu sifat seseorang akan berubah. Entah berubah menjadi lebih baik atau berubah, tapi setiap orang pasti tidak bisa tidak berubah(kecuali dimasukkan dalam kapsul waktu#abaikan#jayuz)

Next gw ke kantin belakang ketemu seseorang yang pintar disana, yap dia juga teman smp gw juga teman kelas 7. Hal yang dia tanya pertama adalah ikut osn gak? langsung gw bilang" ya enggaklah osp aja gak masuk" lalu dia bilang "eh maksud gw SC deh". Baru teringat kalau sebutan SC di sekolah dia adalah OSN, sedangkan bagi gw istilah OSN adalah olimpiade sains nasional, tingkat nasional. nama itu terlalu tinggi buat gw sekarang. Akhirnya gw jawab kalau gw masih ikut SC, lalu gw nanya balik ke dia dan jawabannya "lihat aja pengumuman disana" kemudian gw ketemu sahabat gw lagi dan dia mengatakan hal yang kurang lebih sama "lihat pengumuman deh" akhirnya gw lihat pengumumannya. Satu hal yang gw iri dari pengumuman itu, kalau di pengumuman SC itu adanya kordinator yang biasanya anak kelas 11. Sementara di pengumuman mereka kordinator bidangnya adalah guru mata pelajaran tersebut. Apalagi guru untuk mtknya adalah orang yang sangat jenius. Jadi agak minder tapi gw inget satu hal yang terpenting dalam hal ini. niat, keinginan kuat dan usaha keras lebih berguna daripada terfasilitasi tanpa ambisi.Sekolah gw mungkin emang ga ada guru yang ngajarin, ga ada pertemuan daripagi sampai sore, ga ada pelatihan sampai nginep kayak sekolah swasta yang lain, fasilitasnya juga begitu banyak karena semua urusan mulai dari pembuatan soal masuk, ruangan belajar dan pendaftaran lomba kami semua yang mengurus tanpa ada bantuan dari sekolah(sekolah hanya membantu dana) dan pelatihan biasanya hanya diadakan 1bulan sebelum osk. Namun ada satu hal yang hanya dimiliki anggota SC smansa, yaitu niat, keinginan kuat dan usaha keras. Niat kami sudah ada sejak masuk sc bahkan ada yang belum masuk sc udah punya niat untuk bisa bawa medali, lalu keinginan kuat untuk lebih berprestasi, sampe2 ada yang gamau naik kelas kalau belum bisa ngasih medali#mention ga ya namanya wkwk. Dan tentu saja usaha yang keras, ada yang sampai nyolong jam pelajaran lain buat belajar materi olim, ada yang ngorbanin weekend buat lomba dan lomba, ada yang sampe nyolong buku di perpus buat nyari bahan belajar olim#jangan ditiru dan ada juga yang belajar di kereta saat kereta lumayan penuh. Niat keinginan dan usaha serta doalah yang membuat kami bisa lebih baik dari yang lain, tetapi jika diberi fasilitas yang memadai kami bisa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hal kedua yang gw sharing(curcol) adalah tentang dunia keketuakelasan, jarang banget bisa nemu teman yang enak ngomongin hal ini. temen gw di sekolah ini nasibnya kurang lebih sama, mendapat amanah untuk jadi ketua kelas(lagi). Cara dia terpilih pun tidak jauh beda dari gw, gamau dicalonin tapi malah menang telak. Tapi walaupun begitu gw tetap berusaha agar bisa jadi ketua kelas yang baik. Namun gw dan dia seringkali merasa gagal sebagai ketua, kegagalan teman gw adalah ketika dia kegep main poker sama guru bp dan dihukum wakasek, tapi menurut gw itu bukan kegagalan sebagai ketua kelas melainkan kecerobohan biasa. Sedangkan gw melakukan kegagalan yang sangat besar. salah satunya adalah tidak adanya ifthor space two, untuk hal ini gw merasa bersalah banget karena dengan acara ifthor kelas harusnya bisa kompak namun kelas gw ga ngadain ifthor. Andai waktu bisa keulang gw pengen lebih serius dalam ngadain ifhtor space two. Beban lain adalah kekompakan kelas, teman gw itu lumayan tertekan saat kelasnya berisik, ribut dan pada keluar2 kalau ga ada guru. Sedangkan hal yang membuat gw tertekan adalah kelas gw yang beberapa orang teman yang tidak mau membaur#tau sendiri lah orangnya. Gw dan temen gw itu jadi saling menyemangati agar bisa memimpin kelas masing-masing dengan baik. Seorang pemimpin yang baik akan percaya dan optimis pada kelompoknya, begitu pula kelompok yang ia pimpin. untuk itu gw harus optimis kelas gw bisa menjadi lebih baik dan terbaik, siapa yang tau tahun 2011 space two ga ada ifhtor tapi tahun 2012 sampe kita kakek nenek ada ifhtornya hehe.

dan yang terakhir ketika solat isya gw bertemu temen gw yang merupakan petinggi rohis di sekolah sana. Kami bersalaman dan mengobrol ringan, namun lama-lama pembicaraan kami menjadi berat. Awalnya gw bilang ke dia kalau mesjid sekolahnya enak direnov jadi lebih luas. Tapi sayang pengunjungnya tak sebanyak alwustho. gw pun mendengar cerita dia tentang keadaan rohis di sana. Mendengar ceritanya membuat gw merasa kasihan. lalu gw juga menceritakan kondisi rohis dan anak-anak di sekolah gw dan mendengar cerita gw, temen gw itu merasa iri. Gw iri mesjid sekolah temen gw lebih bagus dan temen gw iri kualitas rohis di sekolah gw jauh lebih bagus daripada sekolah temen gw. Bukannya bermaksud sombong tapi mungkin inilah nyatanya, menurut cerita temen gw itu dari beberapa puluh yang daftar rohis sana, yang komitmen cuma 4. Dia juga cerita kalau mentoring dia kadang sendiri atau berdua. Gw jadi merasa bersyukur dengan rohis di sman 1 depok yang begitu kental ukhuahnya(bahkan gw ikut merasakan ukhuahnya sebelum menjadi pengurus). Bahkan ada lagi temen gw yang lain nanya "smansa itu cewenya wajib pake jilbab ya?" terus gw jelasin kalau di sekolah gw nuansa islamnya lebih kuat jadinya banyak yang pake jilbab. Alhamdulillah ya nuansa islamnya kuat/ kualitas mungkin terlihat dari fasilitas namun kualitas diperoleh dari niat dan kesungguhan seseorang. Semoga alwustho di renov dan makin luas dan rohis di smansa dan sma teman saya menjadi lebih baik pula.

Kurang lebih itu yang gw dapetin pas dateng ke pentas seni sekolah tersebut. Walaupun ga begitu nikmatin acara musiknya, bisa sharing sama beberapa teman smp tentang berbagai hal merupakan hal yang sangat gw syukuri dan nikmati. Mohon maaf kalau disini gw ga bisa nyebut nama sekolah dan nama teman gw sama sekali. Mohon maaf juga kalau ada kata-kata yang salah dan menyinggung karena ini adalah tulisan gw yang tidak sempurna. Semoga dapat bermanfaat

wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...