Sunday, October 9, 2011

Vektor UNM dan Pelangi Matematika UNJ

assalamualaikum wr wb

3 minggu ini rasanya cape banget hehe kerjanya ngabolang mulu ke jakarta dan bogor, dimulai dari 3 minggu yang lalu. Hari jumatnya ke sman 8 jakarta buat techmeet lalu sabtunya lomba. Pulang pergi naik kereta. Terus minggu depannya hari sabtunya pergi ke UNJ buat daftar lomba sekaligus techmeet, pergi naik bis 2,5 jam dan pulang naik kereta. Lalu minggunya ngabolang bersama adhika ke sman 2 bogor buat lomba vektor yang diadain himpunan matematika universitas negeri semarang. Dan hari ini baru aja selesai lomba pelangi matematika di UNJ dan hasilnya alhamdulillah cukup memuaskan.

Vektor di SMAN 2 Bogor


nama lombanya vektor, yang ngadain himpunan mahasiswa mtk universitas negeri malang dan itu lombanya ada di tiap rayon. Awalnya gw udah ga mau ikut karena beberapa hal. 1. udah kebanyakan lomba jadi lomba ini dilepas juga gapapalah 2. bingung mau ngajak siapa karena mubes sc baru hari jumat dan minggu lomba 3. males daftarinnya 4. hari minggu ada LDK 5.yang lolos ke semifinal per rayon cuma 2. tapi setelah bicara dengan adhika dan berpikir akhirnya gw ikut lomba itu dengan pertimbangan 1.biarin aja banyak lomba banyak pengalaman buat osk ntar 2.yang penting ada 1 orang yang nemenin deh drpd ga ada sama sekali 3. pendaftaran bisa ditempat pas hari H jadi ga ribet 4.terpaksa direlakan, hari sabtunya juga ga bisa ikut karena registrasi dan techmeet di UNJ 5. sepertinya ini ga usah dipikirin, kalau dipikirin berarti pesimis kan ya? Akhirnya janjian ama adhika di depan almuhajirin minggu pagi buat pergi ke SMAN 2 bogor.

Perjalanan kali ini kekhawatiran terbesar gw adalah takut nyasar, maklum ini ke bogor dan gw jarang ke bogor apalagi cuma berdua. Akhirnya kita sering nanya-nanya jalan ke sopir angkot, tukang jualan makanan dll. Sampe parung naik 03 terus naik bus apa gw lupa. Lalu di bus agak lama dan bosen, nyampe depan komplek naik ojek 6rb sampe depan sman 2 bogor. Dan feelnya paling beda dari semuanya. Depannya sepi banget kayak sekolah libur(emang lagi libur kan hari minggu) tapi ga kelihatan siswa sekolah lain gitu. Masuk ke dalam daftar dan bayar(pake duit pribadi, malu minta ke sekolah mulu tapi belum pernah menang) lalu gw ngebolang keliling sman 2 bogor. 2 hal yang cukup menarik, pertama adalah poster, disana banyak poster tentang lingkungan di setiap deret kelas, menurut analisa adhika itu adalah tugas sekolah jadi poster itu adalah karya siswa sman 2 bogor. Lalu hal yang menarik atau konyol atau apalah namanya adalah poster pendaftaran capoera, disitu ada ajakan masuk capoera, yang lucunya disitu ditulis syarat pendaftarannya, syarat pendaftaran:
-laki-laki
-perempuan
wkwk gw geli bacanya, yaiyalah kalau ga laki pasti perempuan, masa ada bencong yang mau daftar capoera, buat apa pake syarat pendaftaran coba ngelawak aja nih yang bikin. Sekitar jam 11.15 lomba baru dimulai. Soal yang diberikan 20 nomer isian dan 1 uraian. Beberapa hal yang lucu adalah nomer urut mejanya polanya ga beraturan, lalu 1 soal uraian ga penting, soal uraian digunakan apabila ada 2 orang tertinggi dengan nilai yang sama. Dikira pada bisa ngerjain semua soal isiannya apa -__- selesai tes gw sadar banyak yang ga bisa dan udah pasrah aja deh. Kalau yang lolos 2 orang udah ketahuan siapa aja karena setau gw diruangan tes itu ada 2 medalis perunggu. Keluar ruangan terus solat dulu baru balik. sedihnya kita ga makan dulu(entah kenapa gw lupa ngajakin bang dika buat makan dulu) pulangnya agak ngabolang dikit karena lewatin jalan yang asing buat gw. Sampe di stasiun kereta api dan ini paling sial dari semuanya. dateng jam setengah 3 dan keretanya baru berangkat jam setengah 4. Untungnya selama 1 jam itu bisa duduk sambil baca-baca buku. Namun pas kereta mau jalan ada ibu-ibu bawa anak akhirnya jadi diri deh. Selain itu keretanya penuh banget jadi berdesak-desakan dan acnya jadi kurang kerasa. Nyampe depok udah jam 4 seperempat. Mikir-mikir buat ke smansa ikut ldk tapi badan udah cape bawaannya pengen tidur, jadi langsung balik ke rumah deh. Pengumuman lomba ini tanggal 11 oktober pas uts.

Pelangi Matematika Universitas Negeri Jakarta

Berawal dari bangun pagi sebelum subuh, pagi banget sih tapi maklum gw orangnya khawatiran akan telat karena punya pengalaman pas SD. Waktu itu ada OSK SD datengnya terlambat dan gw ga pengen itu keulang. Jadi gw ngejarkom buat kumpul di terminal jam 5.45. Namun pas gw buka hp ada sms dari adik kelas gw, dia bilang sakit ga bisa ikut lomba dan itu smsnya baru jam 23.30. Gw jadi bete kenapa baru bilang sekarang ga dari kemarin sore. Kalau baru ngasih tau jam segitu mana bisa nyari penggantinya. Sayang kan kesempatan untuk ikut lomba disia-siakan padahal kalau dia ngasih tau lebih awal bisa digantiin yang lain. Untung aja lombanya perorangan, bayangin aja kalau sampe pertim bisa didiskualifasi gara2 pasangan ga dateng. Oke betenya cukup sampe disini. Habis balesin sms beberapa orang gw beres-beres dan pergi ke terminal tempat janjian. Pergi naik ojek malah gerimis, tapi enak udaranya jadi adem. Nyampe depan terminal udah ada tami dan fadil, selain itu juga ada beberapa anak smanti yang sepertinya punya arah tujuan yang sama. lalu mota dateng, kania, izmi, bu rini, shitta, seva, lisbeth, fauzan, faris dan tentu saja ga perlu ditanya lagi yang datengnya paling telat dan ngaret sang ketua SC, ucup. 

Naik bis 84 patas, lalu bu jaenab juga dateng dan sekitar jam 6.15 berangkat. gw duduk samping mota sekalian ngajarin soal yang kemarin. Ngobrol2 juga sama reyhan, fauzan dan fadil. Sedangkan ucup yang duduk di depan lebih kalem dengan soal tobi nya. Alhamdulillah banget nyampe sana ga terlambat. padahal udah khawatir kalau berangkat jam 6.15 dan lama perjalanan 2 jam bisa nyampenya jam 8.15 tapi nyampe sana jam 8 kurang 10. Kita langsung ke aulanya dan itu udah rame banget. Beda sama lomba vektor di SMAN 2 bogor, lomba kali ini atmosfernya kerasa banget. Banyak seragam-seragam dari berbagai macam SMA, banyak anak osn maupun pelatnas. Kemudian registrasi ulang dulu baru ke kamar mandinya yang jelek  kurang terawat. Dapet nomer peserta ke 24, entah angka bagus atau bukan tapi posisi duduknya itu aneh karena gw merasa beda golongan dengan beberapa peserta di sekitar gw. Yang gw tau depan gw perak osn, serong kiri perunggu, kiri perak, serong kiri belakang emas, dan belakang gw anak sman 6 depok. Ternyata dari depok ada smanti(ini udah ketebak pas ketemu di terminal), SMA pribadi dan hexa. Sebelum lomba dimulai ada sambutan dan pengarahan dulu baru lomba dimulai. Pas soalnya dibagiin kan belum boleh dibuka, gw pake trik liciknya adhika jadi tau beberapa soal terakhir dan memikirkan solusinya terlebih dahulu hahaha#ketawa licik cstttt#imbuhan seseorang yang imajiner. Soal terdiri dari 50 PG dengan aturan 4 kalau benar, -1 kalau ga diisi, -2 kalau ga dijawab. Soalnya itu seperti campuran snmptn tertulis karena terdapat kalkulus, matirks namun ada juga soal olimpiade seputar teori bilangan dan aljabar. Alhamdulillah bisa jawab kurang lebih 28 soal. Setelah tes selesai pas ngebahas sama mota gw nemuin kesalahan dalam ketelitian, kesalahan karena males ngitung(udah tau caranya tapi karena angkanya besar males ngitungnya) dan kesalahan karena emang gatau materinya. Yang aneh itu gw sempet denger absolute winner mtk kemarin di manado belum belajar matriks dan medalis perak yang didepan gw lupa rumus determinan pada matriks. Jadi bener ya yang dipelajari di olimpiade itu beda dengan pelajaran sekolah -__-

Selesai tes ngebolang sama mota dan reyhan, entah ke depan ke belakang, ke luar, ke kamar mandi dan lain-lain sementara di dalam ada talkshow dari batan, tertarik sih iya cuma dulu pernah ke batan dan dengerin talkshownya jadi gw ga dengerin talkshow kali ini deh. Lalu dapet lunch box, makan terus solat zuhur dan akhirnya berkumpul kembali dengan teman-teman yang lain. Cerita-cerita gimana tadi soalnya, sesusah apa, ketemu siapa aja dan bagaimana rasanya gitu. Kemudian fauzan ngajak foto-foto, akhirnya semuanya ikut foto-foto di depan gedung fmipa UNJ tapi sayangnya fotonya belum diupload. entah kenapa pas foto-foto mota dijadiin mainannya ucup. Nah sekitar jam 1 kurang kembali ke aula, detik-detik menjelang pengumuman yang lolos ke babak berikutnya.

Nih ucup mukanya makin ngenes ketakutan dan deg-degan. Akhirnya gw pegang tangan temen-temen dan tangannya ucup dingin sendiri wkwkwk. Gw sendiri deg-degan lolos ga ya lolos ga ya tapi ga sampe seheboh ucup. Pengumuman pun dimulai dari kimia, sedihnya kimia yang lolos ke babak selanjutnya hanya 12 tim dan itu didominasi penabur. Tim sman 1 depok belum berhasil masuk 12 besar. kasihan ama fauzan fadil dan tami, tapi tetap semangat kawan selanjutnya pasti bisa lolos!!! lalu pengumuman biologi, ucup makin gelingsatan, yang ke babak berikutnya adalah 50 besar. Pas diumumin yang pertama muncul adalah izmi, adek kelas yang seruangan sama gw di LIA. Lalu Yusuf Fahreza, langsung gw selamatin ucup dia lolos ke babak berikutnya. Berikutnya setelah beberapa nama, muncul nama Shitta. Tapi sayangnya lisbeth tidak lolos, tetap semangat lisbeth!!! dan yang terakhir giliran mtk, dimunculinnya 5 orang perslide dan ada 40 orang yang bisa lolos ke babak berikutnya. Pas slide peringkat 1-5 dilihatin namanya udah ga asing lagi, anak2 osn dan pelatnas, pas slide 6-10 kaget karena peringkat 10nya anak pribadi yang kemarin peringkat 3 OSK. Tiap kali slide di ganti gw deg-degan tambah parah, baru pas bagian peringkat 26-30 ada nama gw dan ahmad faris. Alhamdulilah lolos ke babak berikutnya :) Untuk fisika pengumumannya tanggal 13, membuat anak fisika penasaran(salahin BEM Fisika UNJ aja) semoga fisika juga ada yang lolos ke babak selanjutnya amiin. Pas mau keluar ditempel nilai biologi dan yang luar biasanya nilai ucup itu 133 dan itu tertinggi kedua, keren abieees cuma beda 16 poin sama peringkat pertama dari bpk penabur gading serpong. Salut buat ucup(btw ucup kalau seneng jadi kalem)

Pengumuman selesai, peserta keluar semua untuk mengambil sertifikat dan berkumpul dengan teman satu sekolahnya. Kami memutuskan untuk pulang dengan kereta tapi sebelum pulang mampir dulu beli es krim di mc donald dibeliin bu rini hehe. Awalnya sempet mikir ada temen yang belum pernah makan di mc donald karena suatu hal dan lain hal. Setelah itu baru kita naik angkot yang dicharter ke arah stasiun tebet. Pertama kalinya juga gw duduk ga di  kursi pas naik angkot -__- kemudian masuk ke stasiun tebet yang udah ga asing lagi buat gw yang selama 3 minggu ini langganan sama stasiun itu. Kali ini di stasiun kepisah ama cewe2nya karena mereka naik gerbong khusus perempuan. Lalu yang cowonya ga kedapetan tempat jadinya nunggu kereta berikutnya. Beberapa saat kemudian kereta ekonomi lewat, bu jaenab dan ucup udah ngajakin naik kereta ekonomi karena ga begitu penuh-penuh amat. Tapi banyak dari kita yang gamau naik kereta ekonomi dengan alasan keamanan. 10 menit kemudian muncul kereta api commuter line yang alhamdulillah sepi. Kita juga kebagian tempat duduk hehe. Hikmahnya man shabara zafira, siapa yang sabar akan beruntung. Ngebayang kalau tadi ga sabar dan naik kereta ekonomi yang panas, sempit dll. Kali ini ada temen gw yang bertingkah seperti spiderman dengan gelantungan di pegangan dalam kereta(nama dirahasikan berhubung temen gw yang satu ini orang penting) wkwkwk agak memalukan tapi kocak. Nyampe di stasiun depok baru dan ke ITC dulu buat solat asar, lalu ngomongin hal yang penting mengenai suatu hal(musholla itc serasa alwustho) lalu baru balik ke rumah masing-masing(kecuali gw dan fadil yang beli hamburger di mc donald)

Lomba di UNJ feelnya sama kayak lomba di SMAN 8, keduanya sama-sama berkesan hehe. Semoga di babak semifinal besok bisa mendapat kemudahan, lalu ucup shitta izmi juga hari sabtu berjuang yaa dan fisika semangat insya Allah kalian juga masuk babak selanjtunya amiin

Wassalamualaikum wr wb

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...