Monday, December 5, 2011

Pesta Buku Senayan

assalamualaikum wr wb

kali ini gw mau ceritain pengalaman lomba(lagi) ke senayan. Jadi pesta buku dan yayasan peduli matematika mengadakan kerjasama dan ada pula lomba matematikanya. Bisa dibilang pesta buku senayan adalah lomba matematika yang pertama kali gw ikuti di kelas 10 sekaligus memicu semangat untuk lebih maju dari anak sc yang lain. Beda banget lomba yang sekarang sama tahun lalu, kalau tahun lalu gw heboooh banget gara2 ikutan lomba, dimulai dari orang tua nyuruh belajar macem2, belajar bareng bokap, disuruh libur les biar gak kecapean, mau dianterin segala dan lain-lain. Tapi kali ini karena gw udah bosen bilang ke orang tua "bu besok ada lomba" akhirnya lomba kali ini gw ga bilang-bilang(ikutin taktik ucup) kan bosen gw bilang gitu terus mereka lama-lama reaksinya biasa-biasa aja dan gw juga bosen. Selain itu kalau tahun lalu yang ikut adalah bang adhika(yang dari dulu sampe sekarang makin dewa), ka sonya(dewinya angkatan 33 smansa), ka maya(pacarnya ketua sc tahun lalu si perak astro), kak hagi(gak begitu kenal), iddad(temen gw dari bento dan gw. Hasil tahun lalu lumayan memuaskan setelah gw dan iddad bisa ngalahin kak sonya, kak maya dan kak hagi. Tapi nilai bang dika tetep aja jauh dari kita -__- kemudian tahun ini gw minta ke bu rusika untuk ngirim 3 tim biar lebih rame. lalu bu rusika juga nyuruh ada 1 tim yang kuat. Akhirnya gw tanpa pikir panjang langsung ngajak dewa matematika smansa, terus bingung antara ahmad faris atau iddad di tim gw. Karena alasan keamanan, gw ajak iddad aja deh terus ahmad faris ga usah diajak. Setelah itu tim ke 2 gw masukin bawang, nah gw bingung siapa lagi yang diajak, biar XI IPA 2 yang dispen makin banyak gw juga ngajak nana, satu-satunya cewe kelas 11 yang sc matematika, dia nilai matematikanya bagus-bagus juga. Satu lagi atas permintaan bawang akhirnya ahmad faris yang dimasukin. Tim ke 3 adalah yang paling ribet nentuin, karena gw pengen tim 3 ini isinya anak kelas 10 semua dan gw pengen ngajak yang nilainya paling tinggi di tugas ke 4 yang gw kasih, tapi ternyata jangankan nilai tertinggi, yang ngumpulin tugas cuma 2 orang yaitu shahnaz dan sekar, gw suka sama sekar dia rajin dateng pertemuan dan ngumpulin tugas cepet akhirnya dia gw ajak lomba(walaupun pas masuk sc peringkatnya paling bawah). Tapi satu lagi belum tau siapa, di kepala gw ada mota franky danang ibram fahmi. kalau mota franky udah pernah, danang waktu itu harusnya iya tapi dia sakit. Akhirnya gw ajak ibram, kan ga adil juga dia pas masuk peringkat 3 tapi ga pernah diajak lomba akhirnya gw ajak juga deh. Ribet sih tapi daripada asal pilih orang hehe.

Pas hari H lomba, kita ber9 berangkat didampingi bu jaenab. Tapi bu jaenab bilangnya berangkatnya jam ke 2 yaitu 7.45 karena dia ada sesuatu hal. Namun rata-rata pada ngaret terutama kelas 11nya yaitu Bawang. Yang lain udah ngumpul di depan, sementara dia di kelas masih ngelarin tugas pkn -_- bampak bikin lama dah. Terus setelah lengkap kita nyarter angkot ke terminal dan masuk ke stasiun depok baru. cuacanya tuh lagi panas-panasnya sampe gw keringetan, tapi senengnya kita naik commuter line. Eh tapi ternyata harus ke arah stasiun depok lama dulu biar dapet yang ga penuh. Dan setelah nyampe di stasiun depok lama ternyata keretanya salah -___- implikasinya kita harus pindah ke kereta di samping. Gw mah selow loncaaat ke gerbong sebelah kayak di film-film tapi temen2 gw yang lain pada agak ribet pindahnya sampe2 shahnaz hampir jatuh juga, untungnya enggak. emang agak bahaya sih kalau lompat wkwk tapi seru aja. gara-gara kesalahan itu kami ga dapet tempat duduk dan akhirnya harus berdiri. Sepanjang di kereta ada beberapa hal bodoh misalnya faris duduk di lantai terus gw suruh berdiri eh malah diketawain bapak-bapak dan ibu-bu. Lalu bawang makin jorok dengan mainan meper-meper keringet ke gw. sedangkan adhika dan iddad masih stay cool, sekar nana dan shahnaz ngobrol2 gitu dan gw kasihan sama ibram, dia kayak ga ada temen. Gw juga bingung mau ngobrol apa ama ibram. Andai gw bawa mota dah perutnya gw puter2 dan gw suruh dia gendong gw kayak waktu di UNJ. Nyampe stasiun dukuh atas, terus naik busway dan itu waktunya udah telat. Kita jalannya lebih cepet dari biasanya wkwk mana di busway sempet kepisah sama bu jae dan iddad dan gw ga begitu inget dulu turunnya dimana karena dulu perginya naik taksi dan bis. Akhirnya dari halte depan gelora kita naik taksi biar cepet nyampe istora(itu juga udah telat 10 menit). Itu 9 orang 2 taksi bayangin gimana sumpeknya(tapi gw duduk depan jadi ga kesempitan). Nyampe sana adhika langsung jadi guide tour seakan-akan gw baru pertama kali kesana(padahal kita udah yang ke 3 kali). Ternyata beneran udah dimulai, tapi gw tau kalau pesta buku ini wolay, yang terlambat bisa dikasih perpanjangan waktu. Begitu nyampe dan mulai ngerjain ujian ternyata beneran wolay, duduknya di tempat a b atau c tapi sebenernya kalau mau juga bisa dimana aja. bahkan mau nyontek pun bisa wkwkwk tapi kalau nyontek ga puas kali lagian mana ada juara yang menang nyontek -__- gw ngerjain soalnya masih keringetan, seperti biasa soal geometri gw tinggalkan(kenapa gw ga bisa geometri -___-) dan karena ga tenang udah telat gw melakukan banyak kesalahan bodoh di teori bilangan dan aljabar---->baru nyadar ketika mikir pas solat dan di kereta. Sedangkan bang dika yakin bisa ngerjain semua sampe bisa ngecek 2 kali ckckck apakah jarak kita semakin jauh? kapan ya gw bisa ngalahin dia -__- terus pas keluar ngelihat julianto dan pa agus.

Kemudian bu jaenab bilang kalau shahnaz mau dijemput orang tuanya dan bakal ada beberapa orang yang mau ikut mobil orang tuanya. Nice banget akhirnya diputuskan yang pulang bareng orang tuanya shahnaz adalah bu jae, sekar, faris, ibram dan nana. Sisanya tinggal gw bawang bang dika dan iddad. Akhirnya bisa menikmati pesta buku. Kalau kemarin kan perginya sama sarpan(tapi dia sekarang murtad ke kimia). Pas lagi lihat-lihat buku gw ketemu rombongan anak smada dan kaget setengah hidup ketika ketemu reggia, ternyata dia ikutan juga wkwkwk pembalasan pas logika ui nih ngagetin banget wkwk. Kemudian muter-muter nyari buku dan ketemu buku2 komik, seperti kemarin bang dika membeli komik imajiner apalah itu, gw mau ngelengkapin komik eyeshield tapi ternyata harganya 8rb -_- gw ngira ceban tiga. setelah solat akhirnya gw dan iddad malah beli vcd islam tentang perjalanan ke kubur dan semacamnya. Akhirnya setelah bawang berkata lapar dan lapar kita pulang sekaligus nyari makan. Naik busway terus ke stasiun tadi. Pas nanya ke penjaga tiket ternyata yang dari sana ke depok itu jam setengah 5, tiba-tiba petugasnya teriak-teriak nyuruh naik kereta yang dibawah mau berangkat. Langsung lari-lari masuk ke kereta ekonomi tanpa pegang tiket. Hari itu pertama kalinya dalam hidup gw naik kereta lompat ke gerbong lain dan naik kereta tanpa tiket haha. Nyampe di stasiun manggarai kan kudu beli tiket, pas turun dan jajan gorengan ternyata ketemu lagi dengan rombongan bu jae nana dkk.Ternyata mereka ga jadi naik mobil shahnaz karena orang tuanya nyasar dan datengnya terlambat. Bawang dari kejauhan bilang yaah ada faris lagi tapi pas deket ahmad faris dia bilang ris ketemu lagi kita ris<------muna banget si bawang. Terus akhirnya naik kereta lagi kita turun di stasiun pocin soalnya mau mampir ke detos mau makan siang---->jam 4. setelah makan ke detos kembali dulu ke sekolah karena ada rapat akademis dan baru sekitar jam 5 lewat pulang ke rumah.

beberapa hari kemudian tepatnya hari sabtu, disaat sedang galau-galaunya belajar buat uas tiba-tiba adikul sms ngajak ke senayan lagi, gw mikir berarti kita menang, tapi kenapa dia tahu duluan ternyata udah di telpon tapi kenapa dia doang yang ditelpon -___- malemnya jam 7an gw lihat pengumuman di internet dan alhamdulillah menang, tapiiii hasilnya mengecewakan buat gw, nilainya cuma 44 sementara adhika 100 nilai sempurna, walaupun menang tetep aja gw shock melihat jauhnya perbedaan nilai kami. Apakah jarak kami berdua makin jauh? kapan gw ngalahin dia kalau gini mah -__- nilai-nilai yang lain juga diluar dugaaan, ahmad faris nilainya lebih tinggi, dia memang mood2an, pas di pesta sains skornya jauh di bawah sekarang di atas -__- lalu selamat buat sekar yang pas masuk sc peringkat terakhir sekarang bisa ngalahin ibram yang masuk peringkat ke 3. Tapi kasihan sama bawang yang udah cukup rajin berlatih nilainya kurang memuaskan. Tambah lagi tim gw peringkat 3 dengan nilai rata-rata 61,3 diatasnya nilainya 63,3. Andaikan gw ga salah baca yang 90 seperempat dan ga buru-buru yang x kuadrat tambah x pangkat tiga kan nilai tim kami nambah dari 184 jadi 192 yang kalau dibagi 3 adalah 64 dan mengakibatkan piala yang dibawa bisa lebih tinggi tapi gara-gara kebodohan gw jadi juara 3 dan itupun nyaris. Setelah galau ria melihat skor gw yang bodoh akhirnya besoknya janjian sama adhika dan iddad di depan itc.

Janjian jam setengah 2 di depan itc, gw nyampe duluan jam 1 lewat seperempat karena males nunggu di luar muter-muter dalam itc sekalian ngadem. gak lama kemudian adhika dateng lalu terakhir iddad dateng. Masalah pertama adalah naik apa? awalnya gw pengen naik bis soalnya kenapa? karena waktu dulu naik bis kan tinggal duduk anteng terus bisa nanya soal sekalian ke adhika. Tapi ternyata naik bis punya kemungkinan tinggi buat dateng terlambat. Akhirnya bertaruh naik kereta aja. Tapi perjalanan kali ini bedaaaa banget. Mungkin itu yang namanya terlalu beruntung. Baru nyampe stasiun depok baru, lalu beli tiket commuter line tujuan tanah abang dan gak nyampe 5 menit nunggu keretanya dateng dan itu pun kita dapet tempat duduk hahaha. Di kereta minta bahas soal yang kemarin, shock berkali-kali karena ada soal yang sederhana yang hanya perlu menggunakan teori vieta tapi gw ga kepikiran karena melihat pi -__- lalu gak nyangka juga semua soal geometri bisa dicari dalam bentuk persamaan dan fungsi ckckck kenapa semua soal matematika di depan adhika jadi gampang sih. Gw dan iddad makin merasa bersalah karena banyak kesalahan yang merugikan. Tim gw itu simpangan rata-ratanya besar banget -__- entah kenapa hal ini bikin gw ga puas dan gw merasa lolos ke semifinal pesta sains lebih menyenangkan daripada menang IMC tapi banyak melakukan kesalahan. Turun dari kereta pun kita diselimuti keberuntungan, beli karcis busway dan ga lama kemudian dapet busway, bisa duduk lagi duduk lagi, sedangkan perjalanan pertama jangankan bisa duduk, berdiri lega aja susah. Apakah ketika perjalanan pertama ada yang bawa sial? entah itu bawang mungkin wkwk tapi coba ada dia perjalanan bakal lebih seru(dan lebih sial mungkin). Nyampe di istora allhamdulillah tepat waktu atau lebih bisa dibilang kecepetan. Dideket panggung udah ada piala banyaaak kalau ga salah ada 18 buah, 3 sd smp sma guru sd guru smp dan guru sma. Lalu ketika acara hiburan ada mc yang ngasih kuis, kapan indonesia book fair pertama kali diadakan. Kalau melihat sekarang tahun 2011 dan itu yang ke 31 orang-orang akan berpikir yang pertama adalah 2011-31=1980. Gw juga berpikir gitu tapi adhika berkata 1981. Kan kalau 1981 pertama, 1982 kedua dan seterusnya sampai 2011. Nice banget pikiran out of the box wkwkwk tapi sampai pulang dia masih penasaran yang bener itu 1980 atau 1981(padahal ini ga begitu penting buat dipikirin berhubung besoknya uas). Melihat piala lagi gw gaa ngebayang gimana caranya bawa piala dari sana ke depok kecuali dibawa langsung, sedangkan gw yakin anak penabur GS dan smansa bogor pasti bawa kendaraan, sedangkan alangkah modalnya sekolah gw -__- setelah menunggu cukup lama akhirnya kami dipanggil ke depan untuk menerima piala

Setelah penerimaan piala perasaan galau jadi hilang dan merasa seneng hehe tapi tetep aja merasa kalau ini semua berkat adhika yang memperoleh perfect score -__- berikutnya dari sana kita solat ashar dan pulang ke depok. Namun perjalanan pulang sangat jauh berbeda sekali dengan perjalanan pergi yang begitu lancar. Karena membawa piala yang ukurannya lumayan besar di jalan ada anak kecil nanyain piala, yang lebih nyebelin di jalan ada lagi yang bilang "weet hebat bawa piala" dengan nada mengejek. Belum lagi di stasiun sudirman ditanyain bapak-bapak itu piala apa  dan dari sma mana. Kalau bapaknya orang baik pasti bilangnya, wah sma 1 depok hebat ya tapi kalau bapaknya jahat "wah sma 1 depok ga modal ya ga ada yang nganterin". Tapi akhirnya jadi terbiasa dengan orang di sekitar, kalau ada lagi cuekin aja hehe. terus di stasiun sudirman dikasih tau kalau yang ke depok berangkat jam 17.58 tapi ternyata baru dateng jam setengah 7 -___- akhirnya nunggu di stasiun itu dengan kelaparan karena ga ada yang jualan, sedihnya kelaparan ditambah hujan deras di stasiun(pertama kali di stasiun merasakan hujan) lagi iseng aja dari tempat duduk ngelihat ke arah rel dan ternyata serem banget kayak di dunia lain gitu(apa gw yang lebay).Perjuangan menunggu lama akhirnya terbayar setelah keretanya datang dan bagusnya kami dapet tempat duduk, kecuali adhika yang sebenernya dapet duduk tapi dia gamau duduk(itulah berpikir out of the box). Sekitar jam 7 lewat nyampe ke depok dengan selamat, iddad turun di pocin sementara gw dan adhika turun di depok baru. Mampir ke itc buat SS lalu nyebrang terminal pulang ke rumah masing-masing.

Hari itu gw jadi ngerti makna "bawa pulang piala itu susah" emang susah ternyata, selain ketika lombanya pas pulangnya harus megangin piala dari istora sampai depok ckckck tapi alhamdulillah ini adalah piala pertama gw walaupun cuma menyumbang 44/184 tapi seneng juga akhirnya bisa menang. Denger-denger juga kabar kalau biologi menang lomba di UI. ALHAMDULLILLAH SC MIPA bisa memberikan piala juga bukan cuma sc ekonomi dan komputer yang dijuluki ladang duit. Semoga piala pertama ini bukan menjadi piala terakhir tetapi memicu rentetan kemenangan berikutnya. Amiin. Thanks adhika, iddad, bawang, bu jaenab dan teman-teman SC matematika lainnya dalam partisipasinya di IMC semoga kita bisa jadi lebih baik ke depannya :)

Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...