Tuesday, June 5, 2012

Langkah kedua, entah kemana

assalamualaikum wr wb

pada postingan sebelumnya gw pernah menulis langkah awal ke bandung, namun tak disangka perjalanan ke bandung dialihkan ke cianjur. Ya kali ini karena orang bandung sudah sangat bosan kalau osp selalu di bandung makanya kali ini pindah ke cianjur. Agak kecewa sih dari bandung ke cianjur entah menurut gw bandung lebih waw gitu. Olimpiade Sains tingkat Provinsi Jawa Barat akhirnya dilaksanakan di Cianjur tanggal 4-6 Juni. Sekarang mau berbagi cerita sedikit hehe

Setelah pelatihan yang lumayan melelahkan karena harus bolak-balik bogor akhirnya tibalah hari H OSP. Alhamdulillah tahun ini diambil 9 orang per bidang sehingga perjalanan kali ini lebih ramai daripada tahun lalu. Misalkan tahun lalu yang mipa diambil 3 x 4 bidang yaitu 12 orang, anak smansanya cuma 6 dan cowonya cuma 4. Menurut gw itu krik dan gak rame, apalagi tahun lalu reyhan satu-satunya kelas 10 diantara adhika kirud dio deli dan assifa. Namun tahun ini perjalanan OSP memiliki makna yang berbeda. Hari petama adalah study tour dan hari kedua adalah medan pertempuran.

Hari pertama, 4 Juni 2012. Ucup sang ketua sc menjarkom untuk berkumpul jam 6.30 karena akan diadakan upacara di dinas pendidikan depok. Dengan asumsi pada dateng ngaret(dan emang ngaret) gw baru dateng jam 7 kurang dan itu pun belum semuanya dateng. Masuk ke kelas ngelihat ruang yang ukk dulu sambil nitip tugas dan jaket buat bu tanny. Baru setelah rame rombongan cowo-cowo (gw,bawang,danang,ojan,fadil,reyhan,abi,ucup) naik angkot menuju disdik.Tiba disana sudah ada beberapa anak sekolah lain seperti pribadi dan smanti. Teman-teman osp yang cewe sudah nyampe duluan, cowo-cowo kan datengnya telat gara-gara baginda kelamaan beristirahat di alwusto -__- tiba di sana alhamdulillah kita dikasih jaket osn hehe, salah satu jaket yang gw inginkan sejak masuk smansa.Ya jaket SC emanng ga perlu dibuat karena bakal dapet jaket dari diknas ini dan lebih bangga gitu kalau make jaket itu walaupun panas.Setelah memilih ukuran jaket kita solat duha dulu lalu upacara yang lumayan tijel dan sesi pemotretan haha

Para Pejuang OSP dengan Seragam seperti Satpam
Ikhwan-ikhwan Narsis
Akhwat-akhwat Cerdas
Yang terganteng di tengah
wkwk asik dah dapet jaket baru dah kayak mau study tour aja. Beneran emang mau study tour, kalau tahun lalu yang osp katanya reyhan berangkatnya sendiri-sendiri dah gitu kan ga rame. Nah kalau study tour kali ini kita perginya ber40 orang itu naik bis wisata yaitu bis simphony

Jadi keinget kan pas ke bali kemarin di bis itu seru-seruan, ngobrol, main kartu, main game dan apa aja bisa, di bis juga foto-foto dikit
Posisi Wuenak di bis itu yang bagian belakang
Itu reyhan dan baginda ojan bikin hijab di bis
lucunya yang duduk di sebelah kanan tengah-tengah itu kasihan kena air tetesan ac, untung banget pilih bagian belakang ga kena air tetesan terus ada latu yang bisa dijadiin bantal(walau ga seenak mota atau sarpan). Di awal perjalanan sih emang rame dan seru tapi setelah menikmati macetnya puncak orang-orang di bis pada tepar ke dunia bawah sadar dan gw termasuk ke dalam orang yang tepar. Begitu bangun ternyata sudah sampai tempat penginapan, green hills Cianjur. Penginapannya ini ga jauh beda sama villa palm garden, ya rumah ukuran sedang dengan beberapa kamar gitu. Karena cowo-cowo smansa termasuk yang sangat tidak gercep, akhirnya dapet villa yang kurang bagus zzz. Villanya dipojok, ada 3 kamar dengan satu kamar kapasitas 4 orang. Villanya 2 lantai, lantai atas 2 kamar dan 1 kamar di bawah. Di kamar bawah isinya anak pribadi semua dan mereka ada 5 untuk kapasitas 4 orang. Di kamar atas, gw sekamar sama bawang paduka dan reyhan. Lalu danang sekamar sama abi dan rohmat anak smanti. Kamarnya danang itu isinya kelas 10 semua dan menurut gw kasurnya empuk, pemandangannya bagus lagi. Kalau kamar gw kasurnya sumpah keras -__- keluar kamar kita main-main dulu deh sambil menunggu makan siang yang super telat datangnya.

Di depan Kantor Green Hills Cianjur
Seperti inilah penginapan kami wkwk
Fadil and I in Action (y)
Masa kecil yang kurang bahagia
Kalau yang ini ga punya masa kecil
Masa Kecil yang bahagia dan sekarang pun bahagia :)
ibu-ibu yang berbahagia
Kita bermain sampai makanan tiba, alhamdulillah setelah menunggu berjam-jam makanan pun tiba. Setelah makan lalu kami kembali ke kamar, di kamar malah belajar sedikit dan buka-buka catetan
Baginda yang sedang serius belajar
Bawang juga sexy serius banget gsysnys belajarnya
Setelah cukup suntuk, akhirnya kami pergi kelayapan keluar, jalan-jalan muter-muter green hills sampe keluar komplek buat nyari masjid yang bagus dan cari minimarket. Akhirnya menemukan mesjid yang cukup besar di dekat jalan raya dan mampir ke sb mart. Kemudian baru kembali ke penginapan untuk mengisi formulir. Nah sementara sekolah lain rata-rata pada belajar, buka buku dan diskusi, cowo-cowo smansa malah melakukan hal yang lebih kekanak-kanakan dari yang sebelumnya. Kami semua bermain BeTe Tujuh. Teriak-teriak, lari-larian, sampai hal bodoh lainnya kita lakukan tanpa peduli besok adalah hari dimana OSP berlangsung. Tapi itu bener-bener seru dan asik sampe-sampe gw lupa kalau besok itu osp. Menjelang magrib, kita mandi solat dan beres-beres untuk dateng ke pembukaan osp 2012. Mulai pembukaan atmosfer gw berubah dari yang sebelumnya adalah study tour menjadi kepanikan luar biasa karena gatau udah siap atau belum dengan soal osp besok.

Pas selesai pembukaannya gw ketemu anak-anak smansa bogor (hanif,irfan,danin,nora dan nur) mereka juga memakai jaket osn dari kota mereka. For your Information hampir setiap kota memiliki jaket osn nya, seakan-akan study tour setiap kelas memiliki jaketnya masing-masing. Setelah itu kita kembali ke penginapan dan hanya satu hal yang akan kita lakukan, tidur. Gw kan ga suka kasur yang keras terus make kasur yang empuk di bawah, tapi bawang juga mau pake yang itu jadinya rebutan dan akhirnya berdua. Ojan dan reyhan sih lumayan lega tapi gak empuk. Yang gw inget adalah ketika ngobrol ngomongin SC, reyhan ngecengin ojan daleeeem banget gara-gara ojan ama fadil kan sering ikut lomba kimia tapi pas osk mereka kalah sama aulia dan hafizhah wkwk. Setelah itu ojan bawang reyhan tidur namun gw susah tidur karena cukup deg-degan dan kasurnya sempit gara-gara ada bawang, namun pada akhirnya gw bisa tidur juga.

Hari kedua, 5 Juni 2012. Bangun jam 5 dibangunin reyhan pake air -__- solat terus ngaji dulu bareng baginda biar bisa tenangin pikiran dan jiwa. Lalu bingung mau mandi tapi dingin banget. Ojan ngajak olahraga tapi gatau mau olahraga apaan zzz. Akhirnya gw kembali ke kasur mau melanjutkan tidur-tiduran sejenak. Pas lagi tiduran, tiba-tiba bawang niban badan gw. Gw kan ga bisa gerak ketiban akhirnya gw jatuhin dia dan akhirnya kita berdua bergulat wkwk. Setelah berolahraga pagi (re:bergulat) badan gw udah ga kedinginan jadi baru bisa mandi dengan suasana yang dinginnya menusuk. Kemudian beres-beres dan makan, lalu kami pergi ke tempat lomba masing-masing.

Mulainya jam 8 menurut jadwal, nyampe tempatnya jam 8 lewat dikit. terus didiemin tanpa kejelasan sampe jam 9 kurang 20. Baru deh dibacain peraturan dan segala hal tentang osp yang sebenernya ga penting buat dijelasin. Gw duduk samping nora dan anak sumedang. Kan pas osp duduknya ga boleh sama yang satu kota apalagi satu sekolah. Jam 9 lebih dikit lomba pun dimulai. Gw lihat soalnya, isian hm ga begitu susah kira-kira bisa bener 12-18 nomer kalau teliti. Essaynya seperti biasa ada 5 dan yang gw bener-bener bisa kerjain seyakin-yakinnya cuma 2 -__- itu juga bukan pembuktian melainkan menyelesaikan persamaan dan mencari nilai x,y,z. Ya soal essay nomer 1 aja kayak gini "x+y=ab dan a+b=xy, tentukan solusi a,b,x,y bulat" ini nebak juga bisa kan wkwk.Essay nomer 2 pun ga jauh beda sama yang pertama tinggal membuktikan kalau ga ada solusi selain x=y=z=1. Sementara soal nomer 3 ngerti maksudnya tapi gatau cara ngitungnya, semacam kombinatorika dan logika. Akhirnya karena gatau gimana cara jawabnya, karena dari bahasa soalnya aja sudah rancu dan ambigu. Soal nomer 4 adalah membuktikan panjang garis setiga namun gw udah nyoba-nyoba tapi ga ketemu. Soal nomer terakhir yang paling abstrak "misalkan P_0=1 dan P_1=2 P_2=3 P_3=5 dan P_i adalah bilangan prima, bilangan prima dikatakan sempurna jika memenuhi (P_i)^(n^2) > P_i-1((n!)^4) untuk semua n bilangan bulat, tentukan P yang memenuhi" Oke soal ini ga ngerti cara ngerjainnya, akhirnya dengan bodohnya gw pake induksi daripada kertas essaynya ga ada jawaban sama sekali alias putih. Mungkin aja coret-coretan bodoh gw dihargai 1-2 pon zzz. Tanpa terasa waktu udah habis dan ada pembagian sesuatu(re:duit). 

Sambil menunggu gw dan nora cerita tentang tim osn di sekolah masing-masing. Lalu irfan dan nur dateng mendekat nanya-nanya tadi ngerjain berapa dan essay bisa berapa.Tak lama kemudian kota bogor pun dipanggil dan mereka pergi duluan. Menunggunya kan lama karena sialnya depok di panggil terakhir, kalau bukan karena duit pasti udah gw tinggal wkwk. Lumayanlah dari diknas 100 dan sekolah 100 jadi bisa lunasin segala hal hehe.Setelah itu solat dulu dan kembali ke penginapan dan disana anak-anak non Mipa sudah datang dan kita berbaur lalu berfoto-foto lagi

Tim OSP smansa MIPA
barulah setelah foto-foto kita pulang kembali ke depok, jalan menuju depok ya lumayan macetlah namanya juga puncak hehe. Di jalan pulang selain muka-muka capek ada juga muka shock seperti ucup gara-gara kata ka sifa soal ospnya jauh lebih gampang dari tahun lalu, sedangkan ucup kesusahan. Ya iyalah buat anak IBO soal osp ga lebih dari cemilannya mereka -__- gw juga dijalan baru nyadar kalau ada yang kurang ini, kurang itu tapi sudahlah sekarang lupakan dulu fokus ke ukk dan ta. Nyampe depok jam 7 kurang dan gw dijemput bokap gw dan nyampe rumah jam setengah 8.

Gw berharap banget, postingan kali ini bukanlah postingan terakhir yang gw beri label "Olimpiade" semoga perjalanan kami ga terhenti disini kalaupun terhenti semoga gw bisa menerimanya dengan lapang dada. Semangat!!! Jargon, SC SMA Negeri 1 Depok? GO GET GOLDSSSS!!!


Graduate Engineering Program ABB 2019 - Proses Seleksi

Assalamualaikum wr wb Di postingan sebelumnya, gw berjanji buat nulis pengalaman rekrutmen graduate engineering program (GEP) ABB tapi ak...